Sukses

8 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Bahan Alami, Cepat dan Ampuh

Praktik mudah cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki umumnya dipicu oleh keringat. Meski sebenarnya bukan keringat penyebab baunya. Keringat yang terperangkap dalam sepatu ini bereaksi dengan bakteri, hingga munculkan bau tak sedap. Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami bisa dijadikan solusi.

Bahan alami dipilih karena lebih aman dan minimalkan iritasi. Selain itu, bahan alami lebih murah dibanding produk anti keringat yang dijual di pasaran. Tak heran, jika cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami patut diandalkan.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami ini harus selaras dengan kebiasaan sehat lainnya. Cobalah untuk memulainya dari rajin mencuci kaus kaki dan sepatu. Perhatikan pola makan dan konsumsi air putih dengan cukup.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami dari berbagai sumber, Senin (24/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lemon, Garam, dan Cuka

Lemon

Lemon bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami. Hal ini dipengaruhi oleh sifat anti-bakterialnya. Sifat ini mampu membasmi bakteri penyebab bau pada kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Anda perlu memeras 6 buah lemon.

2. Kemudian campurkan dengan 1 baskom air hangat.

3. Rendam kaki selama 15 menit agar bakteri penyebab bau kaki mati.

Garam

Garam memiliki fungsi mengurangi kelembapan pada kaki. Garam juga dipercaya ampuh membasmi bakteri penyebab bau kaki. Tak heran jika banyak yang mengandalkan garam untuk menghilangkan bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat.

2. Lalu rendam kaki selama 20 menit.

3. Lakukan setiap hari.

Cuka

Cuka dikenal memiliki kadar asam cukup tinggi. Kadar asam ini dipercaya cukup efektif membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Jadi, tak perlu ragu untuk mencobanya sebagai penghilang bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Campur gelas cuka dengan 1 baskom air.

2. Lalu rendam kaki selama 15 menit.

3. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

3 dari 7 halaman

Baking Soda dan Kopi

Baking Soda

Baking soda tak hanya berguna untuk pembuatan kue. Baking soda juga bisa diandalkan menghilangkan bau kaki. Hal ini dipengaruhi oleh sifat anti bakteri baking soda. Hingga bau kaki dengan mudah bisa dihilangkan.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Campurkan gelas baking soda dengan air 1 baskom.

2. Tunggu hingga baking soda larut.

3. Kemudian rendam kaki selama menit.

4. Setelah selesai bilas dengan handuk bersih.

Kopi

Kopi tak hanya nikmat diminum untuk bersantai di pagi dan sore hari. Ampas kopi hitam ini masih bisa dimanfaatkan. Ampas ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang tak sedap.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Campur kopi dengan air sedikit demi sedikit.

2. Aduk hingga berbentuk pasta.

3. Kemudian balurkan pada kaki.

4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

4 dari 7 halaman

Teh, Tepung Maizena, dan Jeruk Nipis

Teh

Selain kopi, masih ada teh yang bisa diandalkan untuk hilangkan bau kaki. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan teh. Terdapat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang ampuh hilangkan bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Seduh daun teh dengan air panas, tunggu hingga menjadi hangat.

2. Basuh kaki Anda dengan air teh hangat tersebut.

3. Lakukan 2 kali sehari.

Tepung Maizena

Tepung maizena juga cocok digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Fungsi tepung ini hampir mirip dengan bedak. Meski cukup sederhana, tetapi cara ini terbilang ampuh.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Siapkan tepung maizena secukupnya.

2. Bubuhkan tepung maizena pada kaki.

3. Ratakan ke seluruh area kaki termasuk telapaknya.

4. Tunggu sampai 30 menit.

5. Bersihkan dengan air agar tepung hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki fungsi yang hampir sama dengan cuka. Sifatnya asam dan ampuh bunuh bakteri penyebab bau kaki. Senyawa antibakterialnya cukup kuat. Tak heran jika banyak yang mengandalkannya untuk hilangkan bau kaki. Akan tetapi, batasi penggunaannya karena bisa sebabkan iritasi jika berlebihan.

Cara menghilangkan bau kaki dengan bahan alami:

1. Potong 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian.

2. Oleskan jeruk nipis yang telah dibelah pada kaki.

3. Oleskan secara merata hingga telapaknya.

4. Diamkan sampai air jeruk nipis mengering.

5. Lalu bilas dengan air mengalir atau air hangat.

5 dari 7 halaman

Perawatan Dasar Kaki Agar Tidak Bau

Bersihkan Kulit Mati

Kulit mati yang menumpuk dan tidak segera disingkirkan dari kaki akan menjadi sarang bakteri penyebab bau kaki. Oleh karena itu rajinlah membersihkan kulit mati di kaki setiap hari. Bisa juga melakukannya dengan menggunakan scrub.

Rutin Potong Kuku Kaki

Kuku kaki yang tidak terawat akan menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab bau kaki. Maka rajinlah memotong kuku kaki agar bakteri tidak bersarang. Bersihkan pula pinggir-pinggir kuku kaki.

Jangan menggunakan kaos kaki dan sepatu dalam keadaan basah

Bakteri pada kaki menyukai pada area yang lembap dan basah. Karena itu sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memakai kaos kaki dan sepatu dalam keadaan basah karena itu akan menyebabkan bau kaki Anda jadi semakin menyengat baunya.

Hindari Makanan Penyebab Bau Kaki

Makanan seperti rempah-rempah, daging merah, alkohol, kafein, junk food, dapat mengganggu proses produksi keringat sehingga keringat yang dihasilkan akan bau. Maka, hindarilah makanan-makanan tersebut.

Gunakan sepatu yang pas

Gunakan sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu ketat. Pastikan sepatu Anda memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menjaga kelembapan kaki.

6 dari 7 halaman

Perawatan Dasar Kaki Agar Tidak Bau

Rutin Cuci Kaus Kaki dan Sepatu

Kaos kaki memang digunakan setiap kali kita hendak menggunakan sepatu yang tertutup. Nah, dalam keadaan tertutup, lembap, dan sirkulasi udara yang kurang, kaos kaki justru akan menjadi sarang bakteri yang menyenangkan bagi perkembangbiakkan bakteri penyebab bau kaki. Terlebih lagi karena kaus kaki dibungkus dengan sepatu. Maka, rajinlah mencuci kaos kaki dan sepatu dengan bersih.

Jemur Kaus Kaki dan Sepatu Langsung di Bawah Panas Matahari

Banyak terjadi kasus dimana kaus kaki dan sepatu telah dicuci dengan bersih, namun tidak dijemur dengan cara yang tepat. Untuk itu, pastikan untuk menjemur kaus kaki dan sepatu langsung di bawah panas matahari agar kuman dan bakteri yang bersembunyi akan mati.

Cuci Kedua Kaki Sebelum dan Sesudah Memakai Alas Kaki

Mencuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu meminimalisir perkembangan bakteri pada kaki. Selain itu, pastikan untuk mengeringkan kaki yang basah agar tidak membasahi alas kaki. Lakukan ini secara rutin.

Keringkan kaki sebelum memakai sepatu

Sebelum Anda memakai sepatu, pastikan kaki Anda dalam keadaan benar-benar kering. Keringkan lebih dulu bila dalam keadaan basah. Karena bakteri pada kaki suka berkembang biak pada area yang lembap.

7 dari 7 halaman

Penyebab Kaki Bau Busuk

Hiperhidrosis

Hiperhidrosis merupakan kondisi di mana kamu memproduksi keringat yang berlebihan berbeda dengan biasanya. Gangguan ini disebabkan karena kelainanan metabolisme atau neurologis.

Perubahan hormon

Perubahan hormon terjadi saat masa pubertas dan perubahan hormon tersebut menyebabkan produksi keringat bertambah. Maka tidak heran yang sedang berada pada masa perubahan hormon seperti, ibu hamil dan remaja lebih sering mengalami bau kaki.

Stres

Stres memang menjadi penyebab orang menjadi panik dan menghasilkan respon pada tubuh seseorang. Respon yang dialami ketika orang sedang stres terhadap kerjaan biasanya akan merasakan, pusing, gatal-gatal, sakit perut bahkan bisa memunculkan keringat di telapak tangan dan di kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.