Sukses

Cara Membuat Masker Charcoal, Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya

Cara membuat masker charcoal mudah untuk dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker charcoal penting untuk diketahui bagi kamu yang ingin merawat wajah dengan bahan alami. Charcoal atau arang aktif bisa menjadi pilihan kamu untuk membantu mengatasi permasalahan jerawat.

Kamu bisa membuatnya dengan mudah dan mengaplikasikannya ke wajah kamu. Produk kecantikan berbahan charcoal atau arang aktif kini sedang tren di kalangan masyarakat. Charcoal juga menyimpan manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan kulit wajah. 

Charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu, dan telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya. Kini, produk kecantikan berbahan charcoal semakin dicari masyarakat khusunya wanita untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Selain itu, tanpa harus membeli produk kecantikan, masker charcoal juga bisa dibuat sendiri di rumah. Cara membuat masker charcoal hanya butuh beberapa alat dan bahan, setelah itu kamu sudah mengaplikasikan masker charcoal ini ke wajah kamu.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat masker charcoal yang mudah dipraktikkan di rumah, Jumat (9/10/2020).

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Charcoal

Cara membuat masker charcoal ini bisa membantu kamu untuk melakukan perawatan wajah di rumah. Perawatan wajah di rumah tentunya lebih mudah dan efektif.

1. Cara Membuat Masker Charcoal dan Tanah Liat

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- ¼  sendok teh bubuk arang aktif

- ½ sendok teh bubuk clay atau tanah liat bentonit

- 1 ½ sendok teh air

Cara membuatnya:

- Campurkan semua bahan kemudian aduk hingga rata

- Selanjutnya oleskan campuran masker charcoal dan tanah liat tersebut ke permukaan kulit wajah.

Setelah masker mengering, kira-kira selama 10 menit, lap wajah dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

Campuran antara bentonit dan arang punya manfaat kebaikan tersendiri untuk kulit. Bentonit bermanfaat untuk melindungi dan menenangkan kulit yang meradang. Sedangkan masker yang terbuat dari charcoal bisa menyerap kotoran yang menyebabkan peradangan pada kulit wajah.  

 

2. Masker Scrub Charcoal dan Garam Laut

Selanjutnya adalah cara membuat masker charcoal dengan menambahkan garam laut. Masker charcoal dan garam laut ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

- ½ sendok makan bubuk arang aktif

- ½ sendok teh air mawar

- ½ sendok makan garam laut murni

Cara membuatnya:

- Campurkan semua bahan kemudian aduk hingga rata

- Selanjutnya oleskan campuran scrub tersebut ke permukaan kulit wajah.

Setelah scrub di mengering, kira-kira selama 10 menit, lap wajah dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

Mencampurkan garam laut dan charcoal dapat bermanfaat bagi kulit. Garam laut dapat membantu melawan bakteri dan jerawat dan arang aktif membantu membersihkan dan mendetoksifikasi sel-sel kulit. Sedangkan campuran air mawar dapat membantu melembabkan dan melawan peradangan pada kulit

3 dari 4 halaman

Cara Kerja Masker Charcoal untuk Membersihkan Wajah

Cara kerja masker charcoal untuk membersihkan Wajah ini tergantung dari jenis masker yang kamu dapatkan, kamu bisa mengoles krim secara merata ke seluruh wajah atau langsung menempelkan lembaran masker ke wajah Anda, dan diamkan sekitar 10-15 menit.

Arang aktif yang terkandung dalam produk akan bertindak sebagai magnet yang menarik bakteri, polusi, debu, dan partikel asing lainnya keluar dari dalam kulit. Ketika kotoran dan minyak di pori-pori tertarik oleh karbon, zat asing ini menempel di lapisan masker dan kemudian ikut terangkat saat kamu mengelupasnya. 

Masker charcoal diklaim sangat baik untuk wajah berjerawat dan komedo karena dapat membantu mengurangi kelebihan minyak. Charcoal mask dapat membantu membuka pori-pori dan menyerap polusi lingkungan, minyak, serta kotoran dari kulit.

Charcoal atau arang aktif termasuk zat yang aman. Artinya, activated charcoal dalam bentuk paling murninya tidak akan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit sensitif, sehingga bahkan jika produk kecantikan tidak menampilkan banyak perubahan berarti, masalah kulit kamu tidak akan memburuk. Kamu mungkin masih bisa mendapatkan manfaat dari bahan-bahan lain dalam produk tersebut. 

Namun meski masker lembaran tak begitu banyak menimbulkan masalah, beberapa produk masker charcoal dalam sediaan krim kental memiliki tekstur yang sangat lengket sehingga bukannya tidak mungkin untuk ikut menarik lapisan terluar kulit beserta rambut-rambut halus di wajah ketika “topeng” dilepaskan. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa — mirip seperti waxing wajah.

Melissa Piliang, dokter kulit di Cleveland Clinic, dilansir dari Health, mengingatkan bahwa masker charcoal, seperti produk kecantikan lainnya, bisa mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan alergi. Jadi sebaiknya kamu cek terlebih dahulu daftar komposisi produk di balik kemasan untuk cari tahu mana yang mungkin berisiko untuk kamu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Masker Charcoal

Selain cara membuat masker charcoal dan cara kerjanya, manfaat dari charcoal sendiri juga tak kalah penting untuk diketahui. Arang dikenal mampu menyerap kotoran hingga 100 sampai 200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif diklaim mampu menyerap massa kotoran hingga ribuan kali beratnya sendiri, sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membantu membersihkan kulit wajah.

Penggunaan masker arang hanya efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat ringan. Misalnya jerawat blackhead, whitehead, dan pustula (jerawat merah berisi nanah) yang tidak begitu meradang. Masker wajah ini tidak efektif untuk mengobati masalah jerawat batu atau jerawat karena hormon. Berikut ini beberapa manfaat charcoal :

1. Menyeimbangkan Kadar Minyak dalam Kulit

Setelah mengetahui cara membuat masker charcoal, tentunya kamu bisa merasakan manfaat dari masker tersebut. Buat kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, bisa banget merasakan manfaat charcoal yang bisa menarik minyak berlebih saat penggunaan pembersih ataupun masker wajahnya.

Kamu bisa menggunakan produk pembersih atau masker wajah berbahan charcoal maksimal satu atau dua kali dalam seminggu untuk menghindari kulit menjadi kering. Bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan bahan ini.

2. Menghilangkan Kulit Kusam

Selain menyebabkan masalah seperti jerawat, komedo, dan juga gejala penuaan, penumpukan kotoran di wajah juga akan membuat kulit kita menjadi lebih kusam. Penggunaan masker arang akan membuat kulit yang kusam menjadi lebih cerah dan juga bercahaya.

3. Menghilangkan Komedo

Manfaat mmasker charcoal selanjutnya adalah untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Kebanyakan produk masker arang yang terkenal sebagai masker pengangkat komedo hadir dalam bentuk peel off mask. Masker arang peel off biasanya langsung dapat mengangkat komedo, sedangkan masker arang bentuk lainnya dapat membuat komedo menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Mengecilkan pori-por merupakan manfaat masker charcoal selanjutnya. Pori-pori yang besar dapat memicu berbagai macam masalah kulit karena kotoran, debu, dan juga sisa make up akan dengan mudah masuk ke dalam pori-pori. Ketika terjadi penyumbatan pori-pori maka akan timbul berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

5. Exfoliator Alami

Proses exfoliating memang harus dilakukan secara rutin. Bukan hanya mengangkat kotoran yang ada di wajah, proses exfoliating juga akan mengangkat sel kulit mati. Manfaat masker charcoal yang terbuat dari bahan alami ini salah satunya adalah sebagai exfoliator alami. Kamu akan mendapatkan hasil kulit yang lebih bersih, cerah, dan terlihat sehat.

Video Terkini