Sukses

10 Manfaat Madu Mentah untuk Kesehatan dan Bedanya dengan Madu Biasa

Madu mentah punya sejumlah keunggulan.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sebagai pemanis alami, madu memiliki banyak efek baik bagi kesehatan. Madu mengandung gula alami dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya. Ada banyak jenis madu yang bisa ditemui. Salah satunya adalah madu mentah.

Madu mentah merupakan jenis madu murni yang sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun. Kemurnian madu ini diyakini memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Madu mentah memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dari pada madu biasa.

Madu mentah, yang berasal langsung dari sarang lebah, mengandung bee pollen yang sehat, propolis, dan banyak antioksidan. Madu mentah dipercaya memberikan lebih banyak manfaat kesehatan daripada madu biasa.

Berikut manfaat madu mentah untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat madu mentah

Kaya antioksidan

Madu mentah mengandung sejumlah senyawa kimia yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam madu juga tak kalah kuat dari buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat.

Antibakteri dan jamur

Madu adalah agen antibakteri dan antimikroba alami. Madu mengandung hidrogen peroksida dan glukosa oksidase dan memiliki tingkat pH rendah. Ini membuat madu mentah apat membunuh bakteri dan jamur berbahaya. Memiliki komposisi kimianya yang unik, madu tidak membantu ragi atau bakteri untuk berkembang.

3 dari 8 halaman

Manfaat madu mentah

Bantu penyembuhan luka

Madu bermanfaat dalam penyembuhan luka karena sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidannya. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antivirus dan antijamur. Madu juga bersifat asam yang membantu melepaskan oksigen dari luka dan meningkatkan penyembuhan.

Tingkatkan imunitas

Fitonutrien dalam madu mentah membantu menjaga tingkat imunitas tubuh. Madu memiliki sifat antimikroba yang melindungi tubuh dari penyakit. Fitonutrien dalam madu bertanggung jawab atas sifat antioksidannya. Ini membuat madu mentah banyak digunakan sebagai penambah kekebalan dan antikanker.

4 dari 8 halaman

Manfaat madu mentah

Cegah jerawat

Madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat bagi kulit termasuk kulit berjerawat. Madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit yang menjadikannya produk hebat untuk penyembuhan jerawat. Madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat.

Lembapkan kulit

Madu adalah pelembap yang sangat baik dan dapat mengikat kelembaban pada kulit. Madu bisa digunakan sebagai pelembap alami kulit yang juga bisa menutrisi kulit.

5 dari 8 halaman

Manfaat madu mentah

Bantu atasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya timbul saat flu atau pilek. Sifat anti-inflamasi pada madu bisa membantu mengatasi peradangan di tenggorokan. Sifat antimikrobanya juga membantu mengatasi flu dan pilek. Madu bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya dengan air hangat bersama lemon atau teh.

Redakan batuk

Penelitian menunjukkan bahwa madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan, bahan umum dalam obat batuk yang dijual bebas. Sebuah meta-analisis menunjukkan bahwa madu dapat memberikan cara yang efektif untuk mengurangi keparahan dan frekuensi batuk malam hari anak.

6 dari 8 halaman

Manfaat madu mentah

Sehatkan pencernaan

Madu kadangkala digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare. Madu efektif sebagai pengobatan untuk infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Madu mentah juga merupakan prebiotik yang kuat. Prebiotik ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Sehatkan otak

Kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi pada madu mentah dapat bermanfaat bagi otak. Madu mentah juga bisa mengandung bahan yang membantu melawan peradangan di hippocampus, bagian dari otak yang terlibat dalam memori.

7 dari 8 halaman

Beda madu mentah dan madu biasa

Madu mentah merupakan jenis madu yang belum diproses. Biasanya diambil langsung dari sarangnya. Madu mentah didapat dengan mengekstraksi madu dari sarang dan menuangkannya di atas jaring atau kain nilon untuk memisahkan madu dari kotoran seperti lilin lebah dan lebah mati.

Sementara madu biasa merupakan madu yang telah mengalami pemrosesan seperti pasteurisasi dan filtrasi. Sebagian besar madu yang ditemukan dipasaran merupakan jenis madu yang telah diproses. Panas tinggi membunuh ragi yang tidak diinginkan, dapat meningkatkan warna dan tekstur, menghilangkan kristalisasi, dan memperpanjang umur simpan. Namun, banyak nutrisi bermanfaat hilang dalam proses ini.

8 dari 8 halaman

Kelebihan dan kelemahan madu mentah

Kelebihan

Karena tidak mengalami pemrosesan, madu mentah mengandung berbagai macam nutrisi. Yang paling mengesankan tentang madu mentah adalah bahwa ia mengandung hampir 30 jenis senyawa tanaman bioaktif yang berperan sebagai antioksidan. Sebaliknya, madu biasa mungkin mengandung lebih sedikit antioksidan karena metode pengolahannya.

Madu mentah juga memiliki bee pollen yang bergizi dan mengandung lebih dari 250 zat, termasuk vitamin, asam amino, asam lemak esensial, zat gizi mikro dan antioksidan.

Kekurangan

Madu mentah dapat mengandung spora bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini sangat berbahaya bagi bayi. Madu mentah tidak boleh diberikan kepada bayi yang berumur kurang dari satu tahun. Ini dapat menyebabkan keracunan botulisme, yang mengakibatkan kelumpuhan yang mengancam jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini