Sukses

8 Cara Membersihkan Lumut di Rumah, Pahami Tips Mencegahnya

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah lumut dapat timbul dan merusak penampilan rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi udara yang lembap, ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah pada bangunan. Salah satunya adalah timbulnya lumut. Biasanya lumut dapat muncul di berbagai sudut rumah, seperti dinding dan daerah yang lembap lainnya.

Salah satu kerugian dari timbulnya lumut ini, yaitu penampilan rumah menjadi kurang sedap dipandang. Selain itu, adanya lumut bisa saja membahayakan, karena sifatnya yang licin dapat menyebabkan terpeleset. Itulah mengapa, penting mengetahui bagaimana cara membersihkan lumut.

Sebenarnya, cara membersihkan lumut di sudut-sudut rumah yang lembap cukup mudah. Salah satunya dengan bantuan beberapa bahan yang menimbulkan reaksi kimia pada lumut tersebut. Dengan cara membersihkan lumut tersebut, maka akan lebih efisien dari segi waktu dan efektif hasilnya.

Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara membersihkan lumut yang efektif dan efisien tersebut, Rabu (14/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Lumut yang Pertama

1. Gunakan Cuka

Cara membersihkan lumut yang pertama bisa menggunakan cuka. Kandungan asam pada cuka juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan lumut yang membandel di rumah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menuangkan sedikit cuka masak pada lantai atau dinding yang dihinggapi lumut tebal. Kemudian, sikat perlahan hingga lumut rontok.

Setelah selesai proses perontokan, jangan lupa membilas lantai serta dinding menggunakan air bersih mengalir. Hal ini untuk mencegah adanya sisa-sisa cuka yang berpotensi merusak lapisan lantai dan dinding.

2. Menggunakan Larutan Garam

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan larutan garam untuk membersihkan lumut di rumah. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan mencampurkan dua liter air dengan tiga sendok makan garam dapur.

Kemudian cukup siram larutan garam tersebut ke bagian rumah yang ditumbuhi lumut, lalu sikat hingga lumut menghilang. Penggunaan larutan garam ini, selain mampu menghilangkan lumut, juga berfungsi untuk mencegah lumut tumbuh kembali.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Lumut Selanjutnya

3. Manfaatkan Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan lumut selanjutnya dengan menggunakan sabun cuci piring. Tentunya sabun cuci piring sangat mudah ditemukan.

Cara aplikasinya dengan melarutkan sabun cuci piring menggunakan sedikit air. Lalu gunakan busa untuk mengusapkan larutan tersebut ke area yang ditumbuhi lumut. Apabila seluruh lumut sudah bersih, pastikan dilakukan pembilasan agar tidak ada sisa sabun.

4. Gunakan Larutan Baking Soda

Selain beberapa jenis bahan si atas, cara membersihkan lumut bisa juga menggunakan baking soda. Baking soda juga memiliki tingkat keasaman tinggi, di mana hal ini berguna untuk membasmi lumut yang cukup membandel.

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan membuat campuran yang terdiri dari air serta baking soda. Lalu, Anda cukup mengoleskan campuran tersebut pada area yang berlumut seperti lantai dan dinding. Jangan lupa untuk menggosoknya perlahan-lahan.

Tapi, ada baiknya tidak menggunakan larutan baking soda jika tujuannya untuk membersihkan bahan granit, keramik, serta kayu. Sebab, hal tersebut bisa berisiko menyebabkan keropos hingga terkelupas.

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Lumut yang Tidak Kalah Efektif

5. Larutan Kapur

Selain memanfaatkan kandungan asam seperti pada cuka dan baking soda, menggunakan kandungan basa yang ada di dalam kapur juga efektif membasmi lumut. Anda bisa membuat larutan air yang dicampur kapur untuk membersihkan lumut membandel.

Kemudian, siram bagian yang berlumut menggunakan air kapur. Setelah itu, tunggu hingga semalaman sebelum disikat. Setelah disiram, lumut akan menjadi lebih lunak dan mudah dilepas dari dinding atau lantai.

6. Dengan Kaporit

Selain berguna untuk menjernihkan air, penggunaan kaporit juga berfungsi untuk menghilangkan lumut. Caranya hanya dengan menyiapkan beberapa butir tablet kaporit, kemudian haluskan hingga berbentuk bubuk. Lalu, cukup taburkan bubuk kaporit ke permukaan dinding atau lantai yang berlumut, kemudian diamkan selama satu jam.

Setelah didiamkan satu jam, lumut biasanya akan lebih mudah disikat dan terlepas. Kemudian jangan lupa untuk membilas dinding atau lantai yang sudah bersih agar tidak licin.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Lumut yang Terakhir

7. Menggunakan Pemutih Baju

Ternyata, produk berupa pemutih baju juga bisa digunakan dalam membasmi lumut membandel di rumah. Cara aplikasina juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air bersih serta pemutih baju dengan perbandingan 4:1

Kemudian, Anda cukup menyiramkan campuran tersebut ke seluruh bagian rumah yang berlumut, tentunya sembari disikat hingga bersih. Adanya kandungan bahan kimia yang cukup keras di dalam produk pemutih baju berguna untuk mencegah lumut muncul kembali.

8. Air Aki

Sebenarnya, cara membersihkan lumut ini bisa menjadi alternatif jika memang seluruh bahan di atas tidak tersedia. Cara penggunaannya hanya dengan menyiramkan air aki pada bagian rumah yang berlumut, lalu tunggu hingga beberapa jam sebelum disikat hingga bersih.

Usahakan jangan sampai ada air aki yang tersisa di area lantai atau dinding. Sebab bahan kimia tersebut memiliki sifat korosif atau rentan menyebabkan karat dan keropos.

6 dari 6 halaman

Tips Mencegah Timbulnya Lumut di Rumah

Buang Perabotan yang Mudah Basah

Biasanya, lumut akan sangat mudah muncul di area yang lembap. Yang menjadi masalah, jika ada beberapa perabotan yang mungkin terbuat dari bahan mudah menyerap kelembapan dan air. Bisa saja, barang tersebut akhirnya basah dan menyebabkan kelembapan tinggi hingga timbul lumut pada area sekitarnya, seperti dinding.

Rutin Membuka Jendela dan Pintu Rumah

Cara ini penting dilakukan, karena dengan membuka jendela dan pintu, maka sirkulasi udara akan lebih baik serta udara lembap bisa keluar. Untuk memaksimalkan proses pergantian udara tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan kipas angin.

Lapisi Dinding dengan Cat Anti Lumut

Biasanya, dinding menjadi lokasi paling mudah timbul lumut. Saat ini di pasaran sudah banyak cat khusus tembok yang bisa mencegah timbul lumut. Dengan melapisi dinding dengan cat tersebut, tentu akan sangat membantu agar lumut tidak tumbuh kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.