Sukses

12 Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Cepat Tanpa Dicuci, Gunakan Bahan Rumahan

Cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat bisa dilakukan di rumah tanpa dicuci.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau sepatu bisa menggunakan bahan rumahan. Tidak jarang sepatu yang kamu pakai mengeluarkan bau yang tidak sedap, apalagi bila dipakai terus menerus. Bahkan, meskipun sudah dicuci bau tersebut kadang tidak hilang sepenuhnya. 

Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki. Jika dibiarkan terus, sepatu yang bau akan berdampak buruk pada penggunanya. Tidak hanya dijauhi karena memiliki kaki yang bau, kamu juga bisa mengalami jamur pada kaki.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat bisa dilakukan di rumah tanpa dicuci. Bahan-bahan seperti kopi, baking soda, hingga koran bekas adalah beberapa bahan rumahan yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan lainnya yang tak kalah ampuh menghilangkan bau sepatu dengan efektif.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/5/2021) tentang cara menghilangkan bau sepatu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Kopi

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang sudah banyak dikenal adalah menggunakan kopi. Kopi memang biasa dikonsumsi sebagai minuman penghilang kantuk. Namun tidak hanya itu saja, kopi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang efektif.

Caranya mudah saja, pertama, pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering. Kemudian, masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu. Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa membungkus kopi menggunakan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi semalaman agar memberi hasil yang maksimal pada sepatu kamu.

Baking Soda

Selain digunakan untuk bahan campuran pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang ampuh. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap.

Caranya menggunakannya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda di dalam sepatu kamu dengan menggunakan sikat.

Koran Bekas

Koran bekas juga bisa menjadi media sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Pertama-tama, pastikan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu. Kemudian, bungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi.

Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus di tempat yang agak dingin selama semalam atau lebih. Tunggu hingga bau pada sepatu terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Cara menghilangkan bau sepatu dengan minyak ini adalah dengan memberi tetesan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu. Tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri. Diamkan semalaman. Lalu, keluarkan kertas pada pagi harinya.

Spiritus

Spiritus juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Bahan ini dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Caranya, campurkan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Dengan cairan yang dikandung spiritus, bakteri penyebab bau akan mati.

Kantung Teh

Cara menghilangkan bau sepatu berikutnya adalah dengan kantung teh. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa polifenol dari teh hitam yang dipercaya mampu membunuh bakteri dan menghilangkan bau sepatu.

Cara menggunakannya mudah saja, taruh kantong teh di dalam air mendidih selama 2-3 menit, lalu tiriskan. Setelah dingin, simpan kantong teh di dalam sepatu selama 1 jam. Kemudian, bersihkan sisa cairan teh sampai kering.

Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan bau kaki dengan kantung teh. Pilih teh dengan aroma yang tajam. Misalnya teh melati. Cukup gunakan dua kantung teh, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Masukkan Sepatu ke dalam Kulkas

Cara menghilangkan bau sepatu yang berikut ini mungkin terdengar aneh dan konyol. Namun, sepatu yang dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es akan menghilangkan bau yang tidak sedap. Hal ini disebabkan karena suhu yang dingin dapat membasmi bakteri pembuat bau secara efektif.

Agar tidak mengganggu barang-barang lainnya yang ada di kulkas, kamu bisa menggunakan kantong plastik kedap udara atau resealable bag dengan rapi dan masukkan ke dalam freezer.

Kulit Jeruk Nipis atau Lemon

Kandungan minyak esensial pada kulit jeruk nipis dan lemon juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Caranya bahkan sangat mudah, kamu cukup meninggalkan beberapa kulit jeruk nipis atau lemon semalaman pada sepatu yang akan dipakai keesokan harinya. Hal ini akan membuat bau sepatu hilang dan beraroma segar sepanjang hari.

Alkohol

Alkohol pembasuh luka juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Kamu tinggal mencampurkan alkohol dengan air, sebelum digunakan untuk menyemprot sepatu. Bahan ini dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau sepatu. Namun, jangan sampai membuat sepatu terlalu lembap saat menyemprotkannya.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Cuka

Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu. Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam.

Garam

Selain sebagai bumbu dapur, garam ternyata punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu sebagai alternatif penghilang bau kaki yang menyebabkan sepatu bau. Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya pun sangat mudah. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih awet.

Kenakan Kaus Kaki

Salah satu cara menghilangkan bau sepatu adalah dengan menggunakan kaus kaki. Pasalnya, kaus kaki bisa menyerap keringat yang dihasilkan telapak kakimu. Namun, sering-seringlah mengganti kaos kaki. Jika kamu jarang mengganti kaos kaki, sepatumu akan tetap mengeluarkan bau tidak sedap karena kaos kaki telah menampung banyak bakteri kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.