Sukses

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu merupakan makanan-makanan yang lunak dan cair.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu merupakan makanan-makanan yang lunak dan cair. Namun, tentunya makanan lunak dan cair ini juga harus memiliki beragam nutrisi yang menyehatkan dan mempercepat penyembuhan gigi. 

Operasi gigi bungsu biasanya dilakukan saat gigi bungsu seseorang tumbuh tidak normal. Masalah-masalah seperti gigi bungsu tumbuh hanya sebagian atau posisi gigi yang miring membuat kamu harus melakukan operasi ini.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu juga bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak. Penyembuhannya yang berikasar antara satu minggu atau bahkan lebih, membuat kamu harus mematuhi segala anjuran dokter dan menjauhi pantangannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/1/2021) tentang makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Makanan Cair (Sup dan Smoothies)

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu yang pertama tentunya adalah makanan cair. Makanan cair seperti sup atau kaldu membuat kamu tidak harus mengunyah, sehingga tetap nyaman saat makan. Kamu juga bisa membuat minuman seperti smoothies dengan campuran buah atau sayuran untuk dapat memberikan nutrisi bagi tubuh.

Selain itu, kamu harus menghindari minum menggunakan sedotan karena dapat membuat bekuan darah terlepas dari soket gigi. Akibatnya, darah yang keluar dari area bekas pencabutan bisa bertambah banyak.

Makanan Lembut (Bubur atau Oatmeal)

Makanan lembut seperti bubur, oatmeal, atau mashed potato bisa kamu konsumsi setelah tiga hari sejak mencabut gigi. Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu ini bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Namun, kamu harus memperhatikan agar menghindari mengonsumsi makanan yang suhunya panas, tunggulah hingga lebih hangat.

Mengunyah makanan padat dapat membantu melonggarkan otot-otot pengunyahan. Untuk mengonsumsi makanan tersebut, kamu bisa menerapkan mengunyah pada satu sisi mulut saja selama beberapa hari. Setelah rasa sakit berkurang, kamu dapat menaikkan tekstur kembali seperti biasanya. Namun bila rasa sakit muncul lagi, kembali makan makanan yang lembut.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Greek Yoghurt

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsi selanjutnya adalah greek yoghurt. Makanan yang tinggi protein seperti greek yoghurt ini dapat mempercepat penyembuhan luka.

Tidak hanya itu, greek yoghurt juga mengandung vitamin serta mineral seperti kalsium dan zinc. Asupan zinc yang cukup juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Greek yoghurt punya tekstur lembut, bersuhu dingin, dan dapat menyejukkan rongga mulut sehingga bagus dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. 

Alpukat (Jus atau Alpukat yang Telah Ditumbuk)

Tekstur daging alpukat yang lembut dan creamy dapat memudahkan untuk dimakan setelah operasi gigi bungsu. Apalagi, makan buah alpukat juga dapat membuat perut terasa kenyang.

Makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu ini merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan kalium yang baik untuk tubuh. Setelah pencabutan gigi, kamu bisa mengonsumsi alpukat yang ditumbuk atau dibuat jus supaya lebih mudah dinikmati. 

4 dari 4 halaman

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Gigi Bungsu

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu karena tekstur dagingnya lembut dan mudah dikunyah. Ikan salmon juga merupakan salah satu jenis ikan dengan gizi paling menyehatkan. Salmon merupakan sumber protein dan lemak baik yaitu asam lemak Omega 3. Omega 3 bisa membantu penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan setelah pencabutan gigi bungsu.

Es Krim Pisang

Es krim termasuk makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. Akan tetapi, sebenarnya es krim termasuk makanan kurang bergizi karena mengandung gula yang tinggi. Walaupun begitu, kamu bisa mencampurkan es krim dengan buah pisang.

Selain rasanya enak, campuran pisang dapat menjadi tambahan nutrisi dan membuat perut menjadi cepat kenyang. Makan es krim campur pisang yang rasanya dingin dapat menenangkan luka bekas operasi cabut gigi. 

Puding

Puding juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. Apalagi kamu tidak perlu banyak mengunyah dalam mengonsumsinya. Ditambah rasanya yang enak tentu membuat banyak orang menyukainya.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan-makanan tersebut, luka bekas operasi gigi bungsu bisa cepat sembuh. Hindarilah makan makanan bertekstur keras, lengket, dan bersuhu panas, sebab itu dapat memperlambat proses penyembuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.