Sukses

Maknanya Terdengar Aneh, Ini Fakta Unik 8 Nama Kota di Dunia

Ada fakta unik di balik sederet kota di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara tentunya mempunyai keunikannya tersendiri. Bahkan kota kecil di sebuah negara pun menyimpan keunikan yang jarang diketahui banyak orang, mulai dari latar belakang kota sampai makna di balik nama kota tersebut.

Bagi orang asli di kota tersebut, nama kota tidaklah terdengar aneh. Namun, ketika diucapkan oleh orang yang bukan asli kota tersebut, maknanya jadi terdengar aneh. Tak heran jika kemudian banyak yang penasaran dengan fakta di balik nama kota yang maknanya terdengar aneh di telinga orang asing.

Selain perlihatkan keunikan di sisi lain, adanya informasi perihal fakta unik di balik nama kota di beberapa negara menambah pengetahuan banyak orang. Selain mengetahui tentang keindahannya yang sudah sangat terkenal, fakta di balik nama kota tak kalah menarik.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang fakta unik di balik beberapa nama kota di dunia, Kamis (7/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Shitterton

Kota pertama yang fakta di baliknya cukup unik adalah Shitterton. Shitterton adalah sebuah dusun di Dorset, Inggris. Asal usul namanya tidak pasti, tetapi satu teori mengatakan bahwa itu berarti desa di sungai yang digunakan sebagai saluran pembuangan terbuka.

Rambu di jalan Shitterton kerap dicuri berkali-kali untuk dijadikan sebagai suvenir. Oleh karenanya, sekarang masyarakat membuatnya yang terbuat dari marmer.

3 dari 9 halaman

2. Gotham

Kota selanjutnya yang punya makna unik di baliknya adalah Kota Gotham. Gotham merupakan sebuah desa kecil di Nottinghamshire, Inggris. Namanya berasal dari bahasa Inggris Kuno yang berati rumah kambing.

4 dari 9 halaman

3. Crapstone

Crapstone adalah salah satu kota di Inggris. Bahasa Inggris alami perubahan hampir setiap masa. Bahkan perubahan tersebut membuat maknanya jadi berbeda antara masa lalu dan masa kini, sama seperti makna di balik nama kota Crapstone

Makna nama Crapstone tidak ada yang bisa menjelaskan asal usul nama itu. Beberapa penduduk mengatakan itu adalah tempat batu dan ada hubungannya dengan tanah.

5 dari 9 halaman

4. Boring

Boring terletak di Oregon, Amerika Serikat, dan tidak diberi nama karena pengunjung merasa cepat bosan ketika berada di sana. Kota tersebut dinamai setelah tentara Union William Harrison Boring, yang pertama menetap di sana bersama keluarganya pada tahun 1856. Kota ini dipasangkan dengan Dull, Skotlandia.

6 dari 9 halaman

5. Middelfart

Kota selanjutnya yang menyimpan fakta unik adalah Middelfart. Middelfart merupakan sebuah kota di Denmark tengah, yang pertama kali tercatat pada tahun 1231 sebagai Mæthælfar, yang berarti jalan tengah atau jalan tengah.

Nama kota Middelfart sangat biasa untuk orang Denmark, tetapi kedengarannya cukup lucu bagi penutur bahasa Inggris.

7 dari 9 halaman

6. No Name

No Name adalah sebuah tempat di Garfield County, Colorado, Amerika Serikat. Kota dengan makna unik tersebut erletak di dekat No Name Creek dan No Name Canyon.

Ada beragam cerita perihal kota tersebut untuk mendapatkan namanya, tetapi yang paling umum adalah ketika negara mengirimkan kuesioner untuk mengetahui nama kota, mayoritas penduduk menulis "Tidak Ada Nama" di bagian kolom Nama Kota. Negara secara resmi mencatat "No Name" ke dalam catatan negara. Kemudian ada upaya untuk mengubahnya, tetapi nama kota tersebut macet.

8 dari 9 halaman

7. Dull

Dull adalah sebuah desa di daerah Perth dan Kinross di Skotlandia. Jika diartikan, nama desa tersebut terdengar aneh. Makna dari 'Dull itu sendiri berarti "ladang" atau "padang rumput" dalam bahasa Pictish, bahasa punah yang pernah digunakan di Skotlandia timur dan utara.

Bagi orang yang bukan berasal dari desa atau kota atau bahkan negara tersebut, makna tersebut terdengar aneh bukan? Tapi jika diucapkan oleh orang asli, makna tersebut tidak terdengar aneh dan biasa saja.

9 dari 9 halaman

8. Toad Suck

Melansir dari Brightside, Toad Suck terletak di Arkansas, Amerika Serikat, dan ada beberapa versi asal usul namanya. Beberapa percaya bahwa nama tersebut didapatkan setelah layabouts yang nongkrong di kedai lokal, yang di mana mereka menghisap botol sampai mereka membengkak seperti kodok. Orang lain berpendapat itu adalah distorsi dari frasa Prancis yang berarti saluran sempit di sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini