Sukses

Doa Sebelum Belajar dan 6 Aktivitas Sehari-hari Lainnya, Agar Memperoleh Berkah

Doa sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, agar lebih berkah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat Muslim, tentu sudah tidak asing dengan arti dari sebuah hadist bahwa doa adalah tiangnya ibadah. Maka dari itu, sejak dini sudah dianjurkan selalu berdoa saat mengawali dan mengakhiri suatu aktivitas setiap hari. Berdoa berarti meminta kepada Allah SWT agar apa yang dilakukan mendapatkan ridho-Nya dan Allah SWT pun senantiasa memberi keselamatan.  

Sejak di bangku sekolah, sudah diperkenalkan dan diajarkan beberapa doa sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Pentingnya doa bukan hanya saat dihadapkan kesulitan, bala atau musibah. Dalam ajaran agama Islam, berdoa bahkan dianjurkan saat melakukan aktivitas sekecil apapun.

Doa-doa ini biasanya tergolong doa pendek dan mudah diajarkan dan diingat oleh anak-anak. Doa sehari-hari ini penting diajarkan kepada anak agar ketika dewasa nanti, mereka sudah terbiasa selalu mengawali dan mengakhiri setiap aktivitas dengan doa. 

Berikut ini beberapa doa sehari-hari beserta artinya, agar mendatangkan berkah dari Allah SWT dirangkum dari ebrbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (12/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar

Belajar merupakan aktivitas yang hampir setiap hari dilakukan, baik anak-anak bahkan orang dewasa. Sebelum dan sesudah belajar pun dalam agama Islam menganjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Berikut ini bacaan doa sebelum belajar:

"Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa"

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman". 

 

Sedangkan, doa sesudah belajar sebagai berikut: 

"Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam".

3 dari 8 halaman

2. Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Makanan adalah salah satu bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Agar makanan yang dikonsumsi mendatangkan kebaikan dan tidak disertai oleh campur tangan setan, berdoa sebelum makan adalah wajib hukumnya. Berikut ini bunyi doa sebelum makan:

"Allahumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar"

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka".

 

Rasa kenyang setelah makan tentu sebaiknya disertai dengan ucapan syukur yang terus menerus. Berikut ini doa sesudah makan:

"Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin"

Artinya: "Hanya bagi Allah segala pujian-pujian. Tuhan yang telah memberikan kami makan dan minum dan menjadikan kami bagian dari orang Islam".  

 

Meski sudah dikenalkan, namun tak sedikit orang yang lupa berdoa sebelum makan. Meski demikian, ada doa yang bisa dipanjatkan bagi yang lupa membaca doa meski sudah makan, yakni:

"Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya".

4 dari 8 halaman

3. Doa Keluar dan Masuk Rumah

Saat hendak pergi, dalam ajaran umat Islam pun diperkenankan untuk membaca doa terlebih dahulu Berikut ini doa keluar rumah atau berpergian:

"Bismillaahi tawakkaltu 'alallahi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah". 

 

Jika keluar rumah harus membaca doa, tentunya saat masuk ke rumah juga dianjurkan memanjatkan doa. Berikut ini bunyinya:

"Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa"

Aritnya: "Wahai Allah, sungguh aku mohon hanya kepada Engkau dimanakah baiknya tempat masuk dan keluar hanya melalui menyebut asma-Mu kami masuk, dan hanya dengan menyebut asma-Mu kami keluar, dan tentu saja hanya kepada Allah, tawakkal kami".

5 dari 8 halaman

4. Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Agar terhindar dari mimpi buruk, diwajibkan berdoa terlebih dahulu. Selain itu, agar tidur menjadi obat lelah dan penghilang penyakit. Berikut ini doa sebelum tidur:

"Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu"

Artinya: "Hanya dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan hanya dengan menyebut nama Allah aku mati. Kehidupan dan kematian hanya ada di tangan Allah". 

 

Untuk sesudah bangun tidur, berikut ini bunyi doanya:

"Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru"

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan".

6 dari 8 halaman

5. Doa Sebelum Masuk Kamar Mandi

Banyak yang mnegatakan jika tempat-tempat yang kotor adalah tempat yang banyak ditempati jin. Godaan jin bermacam-macam bentuknya. Bahayanya adalah ketika jin itu menempel pada manusia. Maka dari itu dianjurkan untuk membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi. berikut in idoanya:

"Allahumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi"

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan"

 

Sedangkan doa keluar kamar mandi, sebagai berikut:

"Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii" 

Artinya: "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan". 

7 dari 8 halaman

6. Doa saat Masuk dan Keluar Masjid

Saat masuk masjid setelah perjalanan dari rumah, semestinya membaca doa agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT selama berada di dalamnya. Berikut ini doa masuk masjid:

"Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik"

Artinya: "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu".

 

Keluar dari masjid, doa yang dipanjatkan adalah:

"Allahumma innii asaluka min fadlik"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu"

8 dari 8 halaman

7. Doa saat Pakai dan Melepas Pakaian

Saat menggunakan pakaian tentu saja sebaiknya memanjatkan doa agar mendapatkan kebaikan. Adapun cara agar pakaian tersebut memberikan manfaat antara lain adalah dengan memanjatkan doa yang berbunyi:

"Allahumma innii as-aluka min khoirihi, wa khoiri maa huwa lahu wa a’udzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahu"

Artinya: "Wahai Tuhanku, berilah aku kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah aku dari kejahatan yang ditimbulkan".

 

Tak hanya saat memakainya, melepas pakaian pun juga ada doanya. Berikut ini doa melepas pakaian: 

"Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa"

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.