Sukses

12 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah berolahraga bisa dilihat dari kandungan nutrisinya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah berolahraga bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Setelah berolahraga, tubuh tentunya memerlukan asupan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, diperlukan asupan protein dan karbohidrat, serta elektrolit.

Protein bekerja memulihkan otot setelah berolahraga, karbohidrat berfungsi menggantikan energi yang telah digunakan. Apalagi, tubuh kamu telah menggunakan banyak gula serta kehilangan elektrolit selama berolahraga. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan setelah berolahraga agar pemulihan tubuh berjalan normal.

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah berolahraga baik untuk pemulihan tubuh. Hindari makanan berlemak dan berminyak. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Dengan begitu, tubuh tidak akan lemas setelah olahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/12/2020) tentang makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah berolahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Setiap setengah mangkuk oatmeal, terkandung 27 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 4 gram fiber. Tidak hanya itu, oatmeal juga mengandung beta-glucan yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itulah, oatmeal baik dikonsumsi setelah berolahraga.

Susu Cokelat

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah susu cokelat. Susu cokelat sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban ataupun para atlet lainnya. Rasanya yang enak juga sebanding dengan manfaat yang diberikan. Susu cokelat memberikan tubuh protein, kalsium, serta karbohidrat yang diperlukan untuk proses pemulihan otot dan perkembangan otot, terutama setelah olahraga yang sangat intens.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya dengan lebih optimal setelah berolahraga, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan blender dan dicampur pisang. Tambahan pisang membuat susu akan diperkaya dengan elektrolit yang diperlukan tubuh.

3 dari 7 halaman

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Sandwich

Roti sandwich dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat setelah berolahraga. Menambahkan roti dengan sayuran atau daging akan mengoptimalkan kombinasi protein dan karbohidrat. Pilihlah roti gandum untuk membuat sandwich. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan porsi sandwich agar tidak berlebihan.

Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Hal ini bekaitan dengan kandungan air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan.

Berdasarkan sebuah penelitian, air kelapa memiliki kandungan potasium (elektrolit penting yang hilang dalam keringat yang membantu penyimpanan karbohidrat untuk energi) lima kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman olahraga pada umumnya. Hal ini menjadikan air kelapa sebagai minuman pemulihan alami yang sangat baik.

4 dari 7 halaman

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Edamame

Kacang berwarna hijau ini dapat kamu jadikan salah satu opsi makanan sehat. Edamame mengandung protein berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, kacang ini juga mengandung karbohidrat sehingga dapat mengisi kembali energi kamu setelah olahraga. Bahkan, isoflavon yang terkandung di dalam edamame dapat menurunkan risiko osteoporosis. Adapun kalsium dan magnesium yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi gejala PMS, mencegah migrain, dan mengontrol gula darah.

Jus Jeruk

Jus merupakan minuman yang sangat baik untuk menggantikan vitamin dan mineral yang hilang saat olahraga intens. Misalnya saja jus jeruk. Gula alami yang ada di dalam jus jeruk (jeruk asli, bukan sirop atau konsentrat) cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh.

Bahkan, minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga ini juga mengandung karbohidrat dan potasium. tetapi yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.

5 dari 7 halaman

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Ikan tuna

Ikan mengandung protein berkualitas tinggi. Tambahkan ikan tuna dengan cracker sehingga menjadi kombinasi protein dan karbohidrat yang pas. Omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (juga dikenal sebagai LDL atau low-density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol baik (dikenal sebagai HDL atau high-density lipoprotein).

Yoghurt

Jika tidak terlalu menyukai susu coklat, kamu bisa menggantinya dengan yoghurt. Yoghurt juga dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh. Kamu dapat menambahkan buah-buahan ke dalam yoghurt agar lebih segar, seperti stroberi, pisang, atau blueberry. Selain kaya protein dan karbohidrat, kamu juga dapat memperoleh elektrolit dan antioksidan dari mengonsumsinya.

6 dari 7 halaman

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Jus Ceri

Minuman yang juga cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah jus ceri. Buah ceri kaya akan antioksidan yang berfungsi mengurangi inflamasi dan bermanfaat bagi pemulihan dan fungsi otot. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus ceri sebelum dan sesudah olahraga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan otot. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan antioksidan dan berkurangnya proses peroksidasi lipid.

Smoothies

Smoothies dengan rasa yang lezat dapat kamu konsumsi setelah berolahraga. Campuran buah-buahan dengan yoghurt mampu mencukupi kebutuhan protein serta karbohidrat. Tidak hanya buah-buahan, kamu juga bisa menambahkan sayuran atau kacang-kacangan ke dalam smoothies. Kurangi penggunaan pemanis buatan sehingga nutrisi yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

7 dari 7 halaman

Teh Hijau dan Air Putih

Teh Hijau dan Hitam

Teh hitam dan hijau bisa membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak merupakan proses memecah lemak menjadi molekul kecil menjadi energi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Selain itu, kadar antioksidan yang tinggi pada teh telah terbukti mampu mengurangi nyeri pada otot dan mengembalikan kekuatan otot lebih cepat.

Air Putih

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga yang juga aman dan sehat tentunya adalah air putih. Air putih baik untuk mengganti cairan tubuh, karena kamu akan makan dan karenanya membutuhkan air untuk membawa zat makanan. Air juga akan membantu kamu menjaga energi, stamina, dan massa otot.

Jangan lupa untuk tetap minum air putih selama dan setelah kamu berolahraga. Karena tetap saja, tubuh memerlukan cairan dalam jumlah yang cukup besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini