Sukses

7 Cara Memilih Parfum Sesuai Aroma Tubuh

Memilih parfum yang tepat dan sesuai dengan aroma tubuh, ternyata ada tips dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki aroma tubuh berbeda-beda. Dari aroma tubuh tersebut, kita bisa tahu ciri dan kepribadian seseorang. Aroma tubuh juga bisa berubah dan bercampur dengan aroma lain, dari wewangian yang kita gunakan, salah satunya parfum.

Aroma parfum bisa menyatu dengan aroma tubuh, bahkan bisa membuat aroma tubuh menjadi lebih kuat. Tapi dengan syarat, dapat memilih aroma parfum yang sesuai dengan aroma tubuh kita.

Untuk sebagian orang, aroma parfum menonjol dan pekat mungkin tidak cocok dengan aroma tubuh aslinya. Begitu pula sebaliknya, aroma parfum ringan, justru tidak akan berpengaruh pada orang beraroma tubuh kuat.

Dalam menilai aroma parfum, kita juga tidak boleh sembarang, karena parfum memiliki tingkatan aroma berbeda. Agar aroma parfum dan aroma tubuh menyatu dan sesuai, ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan. Seperti cara memilih parfum yang sesuai aroma tubuh berikut ini yang telah Liputan6.com rangkum, Senin (11/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Memilih Parfum dengan Mengenali Wewangian

1. Mengenali Wangi Parfum

Sebelum membeli dan memilih parfum, akan lebih baik kalau kita mengetahui seluk beluk parfum terlebih dahulu. Dalam satu jenis parfum, aroma yang dihasilkan bisa berubah-ubah seiring dengan lama waktu pemakaian. Ada tiga tingkatan dalam parfum, aroma atas, tengah dan bawah. Ketiga aroma ini akan berganti berurutan setelah disemprotkan ke tubuh.

Setelah mengetahui perbedaan tingkat aroma parfum, pilih parfum dengan aroma tingkat tengah dan bawah yang lebih disukai. Jangan memilih parfum yang aroma wanginya masih berada di tingkat pertama.

2. Memilih Wangi Parfum yang Disukai

Kalau kalian sudah terbiasa memakai satu jenis parfum, dan sudah menyukainya, usahakan untuk memilih parfum baru yang tidak berbeda jauh dari parfum sebelumnya. Cari dan pilih bahan dasar aroma yang sama, misalnya bunga, kayu atau aroma buah citrus.

3 dari 5 halaman

Cara Memilih Parfum dengan Percobaan

3. Mencoba Parfum dari Aroma yang Ringan

Ketika berada di toko parfum, dan ingin mencoba semua aroma parfum, usahakan untuk tidak sembarangan memakainya. Coba parfum dengan aroma ringan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan aroma parfum yang lebih kuat.

Biasanya, parfum dengan bahan dasar buah citrus memiliki aroma ringan. Sedangkan parfum dengan aroma bunga dan kayu jauh lebih kuat. Dan yang terpenting, jangan pakai semua parfum dalam waktu bersamaan, ya.

4. Jangan Menyoba Banyak Parfum

Cara memilih parfum yang sesuai dengan aroma tubuh selanjutnya ialah dengan mencobanya langsung kulit atau tubuh. Namun untuk menemukan parfum yang tepat, kita harus membatasi jumlah parfum yang akan dicoba. Terlalu banyak pilihan parfum yang dicoba justru akan membuat aroma parfum menjadi bercampur. Tipsnya, jangan mencoba lebih dari 3 jenis parfum yang berbeda.

4 dari 5 halaman

Cara Memilih Parfum dengan Memakainya Sekali

5. Mencobanya di Bagian Tubuh Tertentu

Selain keempat cara memilih parfum yang sesuai dengan aroma tubuh di atas, masih ada tiga hal penting yang tak boleh dilewatkan. Di antaranya ialah pemilihan bagian tubuh tertentu untuk mencoba parfum. Umumnya, orang-orang mencoba parfum di pergelangan tangan saja.

Selain pergelangan tangan, bagian tubuh seperti belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut, adalah bagian tubuh yang cocok untuk mencoba parfum. Bagian-bagian tubuh tersebut merupakan area nadi yang bisa membuat aroma parfum menyebar ke seluruh tubuh dan bertahan lebih lama.

6. Beri Jeda Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, aroma parfum memiliki tiga tingkatan dan bisa berubah setelah pemakaian. Jadi, ketika mencoba dan memilih parfum yang sesuai aroma tubuh, pastikan untuk memberi jeda waktu setelah menyemprotkannya ke tubuh.

Di 15 menit pertama, aroma tingkat atas akan lebih kuat. 15 menit berikutnya, baru muncul aroma tingkat tengah, yang bisa dijadikan patokan dalam memilih parfum. Sedangkan aroma tingkat bawah, akan muncul sekitar 30-60 menit setelah pemakaian.

5 dari 5 halaman

Cara Memilih Parfum dengan Memberi Jeda Waktu

Kunci utama dalam cara memilih parfum yang sesuai aroma tubuh ialah soal waktu. Aroma parfum dan aroma tubuh, membutuhkan waktu untuk menyatu. Ditambah lagi, aroma parfum bisa berubah.

7. Beri Jeda Waktu pada Aroma Parfum untuk Menyatu

Perlu diingat kalau, aroma pertama yang keluar dari parfum setelah disemprotkan ke tubuh, bukanlah aroma parfum yang akan tercium sepanjang hari. Aroma tersebut berada di tingkat atas dan akan hilang 15 menit kemudian.

Setelah menyemprotkan parfum ke tubuh, tunggu kurang lebih 15 menit, maka aroma parfum akan berubah dan menjadi aroma tingkat tengah.

Aroma tingkat tengah dan bawah biasanya lebih tahan lama sepanjang hari. Inilah aroma parfum yang sebenarnya. Jadi, jangan terburu-buru menilai aroma parfum tidak enak atau terlalu kuat di 15 menit pertama, ya.

 

Reporter: Siwi Nur Wakhidah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini