Sukses

9 Tempat Wisata di Indramayu Terpopuler, Tawarkan Pesona Alam Indah

Tempat wisata di Indramayu terdiri dari alam yang unik

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Indramayu bisa kamu kunjungi sebagai destinasi pilihan. Tempat wisata di Indramayu ini sering dilewatkan. Berada di jalur Pantura membuat Indramayu memiliki banyak rest area dan tentu bila kamu ingin beristirahat sejenak, bisa mengunjungi wisata yang menarik. 

Tempat wisata di Indramayu terdiri dari alam yang unik. Kamu bisa menikmati wisata pantai, hutan, waduk, dan wisata alam lainnya yang tentunya menyegarkan untuk melepas penat. Wisata yang beragam ini tentunya menawarkan keindahan yang berbeda-beda.

Tempat wisata di Indramayu ini juga terbilang mudah diakses. Selain bisa disinggahi untuk beristirahat sejenak, kamu tentunya juga bisa merencanakan untuk liburan panjang di Indramayu jika ingin mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019) tentang tempat wisata di indramayu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam Indramayu

Pulau Biawak

Tempat wisata di Indramayu pertama yang paling terkenal adalah Pulau Biawak. Seperti namanya, Pulau Biawak merupakan habitat alami satwa liar biawak. Dulunya pulau ini tertutup untuk umum karena dijadikan lokasi penelitian milik pemerintah.

Namun kini, asalkan berani, kamu dapat bebas untuk menjelajahi setiap jengkalnya pulau yang dijuluki pulau komodo versi Indramayu dan saat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Tempat wisata di Indramayu ini bisa kamu datangi menggunakan perahu dan akan langsung disambut oleh megahnya mercusuar kuno setinggi 65meter yang sudah ada sejak zaman Belanda. Kamu dapat naik ke puncak mercusuar tersebut melalui tangga berputar untuk melihat seluruh bagian pulau.

Tak hanya di daratan saja, pemandangan alam bawah laut sekitar Pulau Biawak pun tak kalah cantiknya. Kamu juga dapat menikmati indahnya bunga karang dan ikan-ikan beraneka warna tersebut sambil snorkeling.

Hutan Mangrove Karangsong

Tempat wisata di Indramayu ini merupakan salah satu tempat wisata favorit baru. Tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong ini berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu.

Di objek wisata tersebut, kamu bisa berkeliling hutan mangrove. Yaitu, dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kamu sewa. Karakternya khas dengan udara segar khas pantai. Pengunjung bisa menemui beragam fauna menarik di sini.

3 dari 5 halaman

Wisata Pantai Indramayu

Pantai Tirtamaya

Berada di Pantura, tempat wisata di Indramayu juga memiliki banyak spot wisata bahari. Salah satu yang unik adalah Pantai Tirtamaya. Lokasinya berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu. Destinasi tersebut beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Dengan pantainya yang landai, pengunjung bisa menjalani beragam aktivitas. Tempat wisata di Indramayu ini terkenal dengan keelokan sunrise dan sunsetnya sekaligus. Dengan pesonanya, Pantai Tirtamaya kerap digunakan sebagai venue sebuah event. Bisa konser musik atau tradisi pesta laut. Areanya sangat Instagenik, terutama jembatannya yang menjadi tempat sandar perahu milik nelayan.

Pantai Glayem Indramayu

Warna eksotis ditawarkan Pantai Glayem sebagai salah satu tempat wisata di Indramayu. Backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise. Kamu bisa mendapatkan foto-foto yang instagramable di tempat ini.

Akses ke Pantai Glayem Indramayu ini cukup mudah. Ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu hanya Rp 3.000. Jadi, pastikan Pantai Glayem masuk ke dalam rencana liburanmu saat ke Indramayu.  

Pantai Karang Song

Pantai Karang Song menambah daftar wisata bahari Indramayu. Dengan konsep eco wisata, pengunjung bisa menikmati garis pantai lengkap dengan mangrove-nya. Ada banyak vegetasi yang ada di sini, seperti bakau hitam, bakau kecil, dan bakau minyak. Ada juga api-api, pidada, ketapang, bidara, hingga cemara laut.

Kawasan ini juga memiliki 37 spesies burung. Sebut saja kuntul besar, kowak malam kelabu, dara laut, hingga rajaudang kalung biru. Sembari menikmati alam, pengunjung bisa memanjakan hobi memancing.

Ada banyak ikan di sini, seperti belanak, gelodok, hingga keting. Pada tempat wisata di indramayu ini juga kadang ditemui hewan biawak.

4 dari 5 halaman

Wisata Waduk

Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh merupakan tempat wisata di Indramayu yang mempunyai luas area sekitar 70 hektar. Waduk di Indramayu ini berada di desa Situraja, Gantar, Indramayu.

Sebenarnya waduk ini dibuat untuk keperluan irigasi persawahan. Namun, karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu. Tidak dikenakan tiket masuk ke Waduk Cipancuh ini, karena merupakan tempat wisata umum.

Situ Bolang

Situ Bolang yang Lokasinya berada di Jatisura, Cikedung, Indramayu merupakan alternative tempat wisata di Indarmayu berikutnya. Area ini terkenal sebagai spot pemacingan alam yang luar biasa. Ada banyak ikan yang bisa diburu melalui mata kail. Lebih lengkap lagi, pengunjung akan disuguhi eksotisnya alam desa dengan persawahannya. Situ Bolang bukan sekedar destinasi wisata biasa.

Kawasan ini menjadi urat nadi perekeonomian warga di sana. Sebab, kawasan ini sudah dinaikan statusnya menjadi Lokawisata Alam Pedesaan. Jadi, selain alam, pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakatnya. Kamu bisa merapat sejenak di Situ Bolang bila mudik di poros Indramayu.

5 dari 5 halaman

Wisata Alam Indramayu Lainnya

Curug Citayam

Meski memiliki topografi landai, Indramayu ternyata memiliki destinasi air terjun. Namanya, Curug Citayam. Lokasinya berada di Cikawung, Indramayu. Kawasan tersebut menjadi lokasi trekking ideal. Sebab, pengunjung bisa menikmati aktivitas tersebut sebelum menjangkau Curug Citayam.

Pemandangan sepanjang perjalanan ke tempat wisata di Indramayu ini sangat indah. Nuansanya hutan dengan udara dan anginnya sangat segar. Suasana semakin lengkap manakala sampai di Curug Citayam. Airnya jernih dan sejuk. Sangat pas membasahi badan usai menikmati jalur trekking.

Taman Cimanuk Indramayu

Tempat wisata di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indramayu. Taman Cimanuk termasuk tempat wisata di indramayu yang asik dijadikan tempat nongkrong.

Karena terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini. Taman Cimanuk ini juga cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini