Sukses

10 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos, Mudah Tumbuh

Tinggal di kamar kos bukan berarti tak bisa berkebun.

Liputan6.com, Jakarta Berkebun jadi hobi yang banyak digemari saat ini. Jika kamu tinggal di kos atau asrama, merawat tanaman mungkin jauh lebih sulit. Terbatasnya ruang dan tak ada cukup banyak waktu untuk merawat tanaman bisa jadi hambatan tersendiri.

Namun, tinggal di kamar kos atau asrama bukan berarti tak bisa berkebun. Kamu bisa mencoba merawat tanaman-tanaman kecil yang cocok ditaruh di kamar kos. Tanaman-tanaman ini bisa mendekorasi ruangan dan menghadirkan warna yang lebih segar.

Tak hanya cantik untuk dekorasi, tanaman hias ini bisa menjernihkan udara dan meningkatkan suasana hati. Dengan adanya tanaman-tanaman ini, aktivitasmu di kamar kos selama pandemi jadi lebih produktif.

Ada sejumlah tanaman yang cocok untuk kamar kos. Tanaman ini mudah tumbuh tanpa perawatan khusus. Berikut 10 tanaman hias yang cocok untuk kamar kos atau asrama, dirangkum Liputan6.com dari The Spruce, Rabu(28/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos

Bambu rejeki

Bambu rejeki atau lucky bamboo merupakan jenis bambu hias yang cocok jadi dekorasi di kamar kos. Jenis bambu ini bisa ditanam di air dengan batu hias atau di tanah. Tempatkan bambu rejeki di lokasi yang dengan cahaya terang ke rendah, dan ganti air setiap beberapa minggu untuk mencegah pertumbuhan alga.

Hoya

Hoya merupakan tanaman hias dengan daun lilin dan bunga aromatiknya yang indah. Meskipun mereka membutuhkan cukup banyak cahaya untuk tumbuh subur, hoya adalah tanaman kuat yang tak memerlukan banyak perawatan. Sebagian besar spesies hoya dikenal tahan kekeringan.

3 dari 6 halaman

Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos

Sukulen

Sukulen merupakan salah satu tanaman hias kos yang banyak dipelihara. Kamu hanya perlu menempatkan sukulen di ambang jendela yang menerima sinar matahari penuh. Sukulen tidak membutuhkan banyak air sehingga mereka dapat bertahan pada masa-masa sibukmu tanpa disiram.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya termasuk jenis sukulen yang populer sebagai tanaman hias serbaguna. Tanaman yang menarik ini mudah tumbuh dan dirawat serta dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Umumnya lidah buaya harus diberi pencahayaan sedang hingga langsung jika memungkinkan.

Lidah buaya tahan kekeringan dan tidak perlu disiram secara teratur. Penyiraman berlebihan justri dapat menyebabkan daun dan akar lidah buaya busuk. Jadi pastikan tanah benar-benar kering sebelum disiram. Selain mempercantik kamar, lidah buaya juga punya banyak manfaat topikal untuk kulit.

4 dari 6 halaman

Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos

Lidah mertua

Lidah mertua termasuk tanaman yang membutuhkan cahaya redup, air sedikit, dan paling rendah perawatannya. Lidah buaya bisa tumbuh di sudut gelap kamar dan tidak akan mudah mati. Tanaman lidah mertua hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, sehingga kamu bisa menemukan varietas yang sesuai dengan keinginanmu.

Pohon dolar

Pohon dolar atau Zamioculcas zamiifolia merupakan tanaman hias berdaun tebal dan mengkilap yang populer. Pohon dolar tumbuh dengan baik dalam cahaya redup yang membuatnya cocok untuk kamar yang gelap. Tanaman ini juga membutuhkan sedikit air.

Ini karena rimpang tanaman ini menyimpan air dan nutrisi di bawah tanah selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan pada suatu waktu.

5 dari 6 halaman

Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos

Pothos

Pothos adalah tanaman hias yang dapat dengan mudah tumbuh dan dirawat. Tanaman merambat ini ersedia dalam banyak warna berbeda. Mereka tumbuh subur dalam berbagai kondisi cahaya yang berbeda, dari cahaya redup hingga sinar matahari penuh, dan sangat toleran terhadap kekeringan.

Meskipun pothos secara teknis bisa berbunga, sulit untuk membuatnya berbunga di dalam ruangan sehingga mereka dinikmati terutama karena dedaunannya yang hijau. Pothos bisa ditanam dalam pot gantung atau dimasukkan ke vas berisi air.

Philodendron hati

Philodendron adalah genus besar tanaman dedaunan berbunga yang sangat populer sebagai tanaman hias karena sifat perawatannya yang rendah. Jenis Philodendron berdaun hati pilihan yang bagus untuk kamar kos atau asrama.

6 dari 6 halaman

Tanaman yang Cocok untuk Kamar Kos

Bromeliad

Bromeliads adalah tanaman hias dengan perawatan rendah yang bisa ditanam di kamar kos. Tanaman hias ini hadir dalam berbagai warna dan tekstur yang menakjubkan. Daun Bromeliad bisa memiliki warna merah dan hijau yang segar.

Bromeliad cocok ditempatkan di di depan jendela yang menerima cahaya terang dan tidak langsung. Bromeliad juga dikenal tahan kekeringan, dan tidak perlu lebih dari satu kali penyiraman dalam seminggu.

Pachira

Pachira aquatica, umumnya dikenal sebagai pohon uang. Konon, pohon pachira memiliki mitos sebagai tanaman pembawa rezeki. Salah satu keunikan dari tanaman ini adalah batangnya yang bisa dikepang atau dililit dengan indah. Semakin banyak kepangan pachira, makin mahal juga harga jualnya.

Pachira dianggap sebagai salah satu pohon dalam ruangan termudah untuk tumbuh. Kamu cukup menempatkannya pada lokasi yang menerima cahaya terang dan tidak langsung. Pachira adalah pilihan yang bagus karena cukup kebal terhadap penyiraman yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini