Sukses

Makanan Khas Perancis Rattatouille, Ketahui Juga Resepnya

Makanan khas Perancis Rattatouille pada awalnya adalah makanan para petani miskin.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Perancis dikenal memiliki cara penyajian yang artistik dan sangat elegan. Selain artistik dan elegan, rasanya juga sangat lezat. Namun, ada salah satu makanan yang justru disebut sebagai makanan sederhana tetapi sudah di filmkan. Judul filmnya sama persis dengan nama makanan khas Perancis Rattatouille.

Makanan khas Perancis Rattatouille ini adalah makanan para petani miskin di Perancis. Makanan khas Perancis Rattatouille ini biasa dihidangkan pada musim panas. Isian dari makanan khas ini sesuai dengan sebutannya yang sederhana.

Makanan khas Perancis Rattatouile hanya terdiri dari sayuran, tomat, bawang putih, dan cabai.  Makanan ini biasa disajikan dengan nasi, kentang, atau roti. Meskipun sekarang lebih banyak yang menyajikannya dengan dijadikan saus pasta. Saus pasta ini kemudian akan dicampur dengan omelet.

Berikut Liputan6.com ulas resep makanan khas Perancis Rattatouille dan makanan khas Perancis lainnya dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Makanan Khas Perancis Rattatouille

Bahan-Bahan:

- 1 Timun jepang

- 1 Terong

- 2 Tomat  

- 2 Kentang  

- 100 gram keju keras 

- 200 gram saus tomat

- 6 sdm minyak zaitun

- Lada hitam secukupnya

- Cabai merah secukupnya

Langkah-Langkah:

1. Persiapkan alat dan bahan untuk membuat Rattatouile.

2. Bersihkan/cuci semua sayuran yang akan digunakan.

3. Potong tomat, terong, dan kentang berbentuk lingkaran yang tipis.

4. Masak saus tomat yang akan digunakan. Bisa langsung menggunakan saus tomat instan.

5. Haluskan beberapa tomat dan tambahkan 3 sendok makan minyak zaitun, garam, dan merica.

6. Mulai isi loyang untuk wadah makanan khas Perancis Rattatouille.

7. Susun semua sayur yang sudah dipotong melingkar memenuhi loyang. Usahakan susunannya bisa diselang seling. Misalnya terong, zucchini, tomat dan kentang.

8. Siapkan dan panaskan oven dengan suhu 160 derajat.

9. Panggang loyang Rattatouille yang sudah diisi ke dalam oven selama 40 menit.

10. Tunggu sampai sayuran menjadi bertekstur lembut. Pastikan mendapat kematangan yang pas dan tidak merusak bentuk sayuran.

11. Jika sudah matang, angkat dan langsung tuangkan saus tomat ke dalam loyang Rattatouile.

12. Tambahkan parutan keju keras terbaik sesuai dengan selera.

13. Makanan khas Perancis Rattatouille siap dihindangkan.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Perancis Lainnya

Foie Gras

Foie Gras merupakan salah satu makanan khas Perancis selain Rattatouille. Makanan ini dikenal sebagai makanan favorite di kerajaan pada abad pertengahan. Makanan ini juga disebut sebagai makanan tertua yang ada di Eropa. Orang Belgia juga sudah membuatnya sejak abad ke 20. Bahan utama dari makanan ini adalah hati angsa atau daging bebek yang dibuat pasta lezat.

Cara mengolah Foie Gras ini bisa dengan digoreng, dipanggang, dan dibakar. Proses memasak ini biasanya disertai dengan saus khas Perancis. Biasanya juga dijadikan campuran dalam roti sandwich. Rasanya juga akan semakin nikmat jika diberi tambahan mentega. Gurih khas makanan khas ini akan semakin terasa.

Coq au Vin

 “Coq au Vin” memiliki arti ayam jantan di wine. Makanan khas Perancis selain Rattatouille ini biasanya diolah dengan anggur merah. Proses pengolahannya juga membutuhkan waktu cukup lama. Pengolahan yang lama ini membuat tekstur daging ayam menjadi lebih lembut. Bumbu dari Coq au Vin juga menjadi semakin meresap dan terasa sangat nikmat.

Beberapa akan menyajikan makanan ini dengan wine lokal sebagai campurannya. Bahan lainnya adalah jamur, lardon, dan bawang. Makanan ini sangat populer dan lebih sering diolah oleh ibu rumah tangga untuk makanan sehari-hari. Porsinya sedikit dan sangat nikmat.

Crème Brulee

Crème Brulee adalah salah satu dessert khas Perancis. Makanan ini hampir mirip dengan custard atau kue lumpur khas Indonesia. Dessert ini terbuat dari campuran susu, vanila, dan buah-buahan yang dipanggang dengan oven. Dessert khas Perancis ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis dan segar.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Perancis Lainnya

Bouillabaisse

Bouillabaisse adalah makanan khas Perancis yang berasal dari Kota Marseille. Kata “bouillir” berarti rebus dan “abaiser” berati kuah terbatas. Makanan khas ini disebut sebagai sup ikan. Sup ini diolah dengan cara direbus pada kuah yang tidak banyak. Cara memasak ini dulunya biasa digunakan nelayan. Nelayan akan memasak ikan hasil tangkapan yang tidak laku. Makanan ini biasanya akan dimakan bersama roti panggang yang dicelupakan ke dalam sup.

Soupe a l’oignon

Soupe a I’ oignon adalah makanan khas Perancis yang berkaldu sapi kental. Makanan ini biasanya akan diolah dengan kaldu sapi dengan irisan bawang putih. Terkadang makanan ini akan disajikan dengan suwiran daging ayam dan keju parut. Kedua tambahan ini akan membuat cita rasanya semakin kuat.

Bahkan, makanan ini juga sudah menyandang sebagai kuliner terenak di dunia. Makanan khas ini sudah ada sejak zaman Romawi. Sajian lain yang serupa juga semakin dikenal dunia internasional pada tahun 1960-an. Hingga membuat banyak investor membuka Perancis di Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini