Sukses

5 Cara Edit PDF Offline dan Online yang Mudah, Bisa Pakai HP

Jangan khawatir file PDF tidak bisa diedit, coba cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya cara edit PDF cukup mudah dan bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Apabila sudah mengerti cara edit PDF tersebut, maka akan sangat membantu ketika butuh melakukan penambahan maupun pengurangan konten yang ada di dalam file PDF tersebut.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis perangkat lunak offline yang bisa memperlancar cara edit PDF. Beberapa di antaranya seperti Adobe Acrobat Pro, Word, Nitro Pro, dan masih banyak lagi. Namun, apabila tidak memiliki perangkat lunak yang disebutkan di atas, masih terdapat solusi cara edit PDF secara online.

Salah satu keuntungan dari cara edit PDF online, akan sangat memungkinkan jika mengedit melalui smartphone. Meski fiturnya tersedia secara online, namun pengguna sama sekali tidak dipungut biaya saat menggunakan layanan edit PDF tersebut.

Di bawah ini Liputan6.com akan membahas lebih lanjut bagaimana cara edit PDF baik melalui offline maupun online. Tentunya, dilengkapi juga dengan langkah cara edit PDF yang sangat mudah dipahami, Senin (31/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Adobe Acrobat Pro

Adobe Acrobat Pro bisa dikatakan menjadi salah satu pencetus aplikasi PDF di dunia. Perangkat lunak buatan Adobe ini juga sering digunakan untuk melakukan editing file PDF. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu pahami perbedaan antara Adobe Acrobat Pro dengan Adobe Reader. Sebab Adobe Reader hanya bisa digunakan sebagai aplikasi pembaca file PDF dan tidak memiliki fitur seperti membuat hingga edit file PDF. Di bawah ini adalah cara edit PDF di Adobe Acrobat Pro:

a. Buka file PDF dengan cara: Klik Kanan Mouse > pilih Open with > pilih Adobe Acrobat.

b. Apabila sudah terbuka, selanjutnya: klik tab View > pilih Tools > klik Edit PDF > Open.

c. Pertanda file PDF sudah bisa diedit, yaitu seluruh elemen tulisan dan gambar muncul secara terpisah-pisah. Jika sudah selesai edit file PDF, jangan lupa untuk disimpan dengan cara: klik tab File > pilih Save (Ctrl+S).

d. Selesai.

3 dari 6 halaman

2. Nitro Pro

Salah satu perangkat lunak yang bisa membantu cara edit PDF yaitu Nitro Pro. Perangkat lunak ini salah satu juga cukup populer digunakan dalam edit PDF. Dengan menggunakan Nitro Pro, sangat mungkin untuk menulis dan menghapus teks PDF. Ini cara edit PDF di Nitro Pro:

a. Buka aplikasi Nitro Pro.

b. Buka file PDF yang diinginkan dengan cara: klik tab File > pilih Open > pilih Computer untuk mencari lokasi file PDF disimpan > klik File PDF yang dipilih > klik Open untuk membuka file PDF.

c. Cara edit PDF di Nitro Pro dengan: klik tab Edit > pilih jenis editing yang diinginkan.

d. Jika sudah, cukup klik Save atau gunakan kombinasi Ctrl+S.

e. Selesai.

4 dari 6 halaman

3. Microsoft Word

Mungkin Microsoft Word sudah tidak asing lagi di seluruh dunia. Aplikasi besutan Microsoft ini punya berbagai kelebihan, salah satunya membuka dan mengedit file dengan format pdf. Berikut ini cara edit PDF di Microsoft Word:

a. Buka Microsoft Word > klik tab File > pilih Open > This PC > Open.

b. File PDF akan terbuka di Microsoft Word dan bisa mulai dilakukan editing.

c. Selesai editing bisa lakukan penyimpanan dengan: klik File > Save As > simpan dalam format PDF > Save.

d. Selesai.

5 dari 6 halaman

4. Soda PDF

Jika tidak memiliki perangkat lunak offline di atas, maka Anda bisa menggunakan cara online dengan Soda PDF. Berikut ini cara edit PDF dengan Soda PDF:

a. Kunjungi situs https://online.sodapdf.com.

b. Pilih Open PDF dan unggah file PDF yang diinginkan > Klik Open > Computer > pilih file > Open.

c. Pilih tab Edit > klik 2x pada bagian yang ingin Anda edit.

d. Cara menyimpan hanya dengan klik tombol Simpan atau Save di atas samping kiri.

e. Selesai.

6 dari 6 halaman

5. Sejda

Sejda juga memberikan layanan untuk edit PDF secara online. Banyak fitur menarik yang ditawarkan, sehingga tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Berikut ini cara edit PDF dengan Sejda:

a. Buka Browser dan kunjungi situs resminya di https://www.sejda.com/pdf-editor.

b. Klik tombol Upload PDF file > pilih file PDF > klik Open maka secara otomatis berkas PDF tersebut akan terbuka.

c. Setelah terbuka file PDF bisa langsung di edit dengan berbagai alat pendukung editing file yang tersedia.

d. Sedangkan untuk proses menyimpannya: klik tombol Apply changes > klik tombol Download untuk mendapatkan file PDF yang diinginkan. Kelebihan menggunakan Sejda yaitu bisa menyimpan file PDF di Google Drive serta layanan penyimpanan file lainnya.

e. Selesai.

Cukup mudah bukan cara edit PDF di atas? Tapi khusus untuk cara edit PDF secara online, pastikan jika kondisi koneksi internet yang digunakan stabil. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini