Sukses

8 Manfaat Baby Oil untuk Rambut, Bisa Hilangkan Kutu

Baby oil juga bermanfaat untuk perawatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Baby oil tak hanya dikenal sebagai produk perawatan bayi. Minyak ini juga dikenal luas manfaatnya untuk orang dewasa. Baby oil dipercaya bisa membuat kulit lembut, wangi, dan cukup murah ditemukan.

Baby oil dibuat dari mineral oil berbasis petroleum. Baby oil disempurnakan lebih lanjut untuk digunakan dalam produk perawatan kulit dan aman bila digunakan secara eksternal pada kulit bayi dan dewasa. Produk baby oil ini biasanya telah teruji oleh ahli dan bersifat hypoallergenic.

Ini berarti baby oil dibuat dalam formula ringan yang tidak akan menyebabkan reaksi alergi kulit pada kebanyakan orang. Selain itu baby oil tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, pewarna, dan aroma yang berbahaya.

Selain berguna untuk produk perawatan kulit bayi, baby oil ternyata juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut, lho. Berikut manfaat baby oil untuk rambut dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Melembutkan rambut

Baby oil bekerja membuat penghalang pada kulit. Ini mencegah hilangnya kelembaban dengan penguapan. Menggunakannya pada rambut juga bisa mengunci kelembaban pada tiap kutikula rambut. Ini bisa mencegah rambut kering dan bercabang.

Baby oil bisa menjadi pilihan untuk mengunci kelembapan alami saat mengeringkan dan menata rambut. Baby oil juga membantu melindungi hilangnya kelembaban dari rambut karena angin dan kerusakan akibat sinar matahari.

3 dari 8 halaman

Menyingkirkan kutu

Kutu bisa menyerang rambut dan memberi efek gatal pada rambut. Ketika kutu bertelur yang menetas dengan cepat, serangan kutu dapat berkembang dengan cepat. Baby oil bisa menghilangkan kutu yang cukup efektif.

Baby oil dapat membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung dengan baby oil. Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dibilas. Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Ini paling efektif jika dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk perawatan kutu.

4 dari 8 halaman

Cegah rambut kering dan rusak

Cegah rambut kering

Kulit kepala yang kering dapat bersisik dan menyebabkan ketombe. Ini bisa merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang sehat membantu memberi Anda rambut yang lebih kuat, lebih halus, dan tampak lebih sehat.

Kuatkan rambut

Rambut keropos dan bercabang bisa menyerap banyak air. Hal ini membuat setiap helai rambut membengkak dan menyebabkan rambut yang lebih lemah, rusak. Meregangkan atau menarik rambut dan menggunakan perawatan kimia seperti pewarna rambut juga merusak rambut.

Menggunakan baby oil sebagai pretreatment sebelum keramas rambut bisa membuatnya tidak keropos. Rambut akan menyerap lebih sedikit air, membuat rambut lebih kuat dan mencegahnya pecah, bercabang, dan kusut.

5 dari 8 halaman

Cegah ketombe dan kerak

Melembabkan kulit kepala membantu mencegah kekeringan dan ketombe. Baby oil bisa tetap berada di kulit lebih lama dari pelembab lainnya. Anda bisa menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut rutin.

Baby oil dan minyak mineral lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kepala pada bayi, seperti cradle cap. Iritasi kulit kepala ini mirip dengan ketombe. Pijatkan baby oil ke kulit kepala bayi untuk membantu melonggarkan dan menghilangkan kulit kering dan bersisik. Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa.

6 dari 8 halaman

Melindungi rambut

Gunakan sedikit baby oil pada rambut yang baru dicuci untuk membantu menjaga rambut lebih halus. Baby oil menutup setiap kutikula rambut. Ini membantu mencegah kerusakan akibat panas dari pengeringan atau alat penataan lainnya.

Oleskan baby oil pada rambut sebelum berenang di kolam renang atau menggunakan hot tub. Minyak melindungi rambut dan kulit kepala dari bahan kimia seperti klorin di dalam air.

7 dari 8 halaman

Mempermudah penataan rambut dan mengilangkan permen karet

Mempermudah penataan rambut

Menggunakan baby oil sebagai perawatan rambut pasca mandi membantu rambut terlihat lebih halus, lebih bersinar, dan tidak kusut. Gunakan sedikit baby oil untuk membantu menata dan menahan rambut. Tidak seperti gel rambut dan hairspray, baby oil tidak akan membuat rambut keras atau meninggalkan kerak.

Anda tidak perlu menggunakan serum rambut untuk membuat rambut mudah ditata. Cukup menggunakan baby oil Anda dapat menata rambut dengan mudah dan murah.

Menghilangkan permen karet pada rambut

Permen karet yang menempel di rambut menjadi masalah yang menyebalkan. Terkadang seseorang terpaksa harus menggunting rambut untuk menghilankan bekas permen karet ini. Anda bisa memanfaatkan baby oil untuk menghilangkan permen karet di rambut. Sifatnya yang licin dapat meluruhkan permen karet.

8 dari 8 halaman

Manfaat kecantikan baby oil lainnya

Body lotion

Baby oil ternyata bisa digunakan sebagai body lotion yang mampu melembabkan kulit dan membuat kulit tidak kering. Kandungan baby oil yang ringan dan tidak memunculkan alergi juga bagus untuk digunakan sebagai body lotion.

Makeup remover

Jika ingin membersihkan bekas makeup, Anda bisa menggunakan baby oil untuk menghilangkannya. Selain mampu menghilangkan makeup, baby oil juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih lembab.

Mengurangi stretch marks

Baby oil bisa mengurangi stretch marks yang ada di kulit tubuh. Baby oil dipercaya mengandung mineral oil dan juga vitamin A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini