Sukses

7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android, Mudah dan Aman

Iklan di Android berpotensi membawa malware berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan iklan di HP Android bisa membantu menyingkirkan iklan yang mengganggu. Iklan di HP Android sering muncuk di browser, aplikasi, atau game. Iklan yang muncul tiba-tiba bisa sangat menjengkelkan.

Di browser, iklan bisa menutupi konten yang ingin dibaca. Di aplikasi atau game, iklan juga bisa mengganggu penggunannya. Iklan juga bisa meningkatkan penggunaan data internet dan baterai. Ini sebabnya penting mengetahui cara menghilangkan iklan di HP Android. 

Iklan di Android juga berpotensi membawa malware berbahaya. Dengan cara menghilangkan iklan di HP Android kamu bisa bebas browsing dan menggunakan aplikasi dengan aman. Cara menghilangkan iklan di HP ini juga akan membuatmu lebih hemat data.

Cara menghilangkan iklan di HP bisa dilakukan dengan pengaturan umum atau dengan bantuan aplikasi tambahan. Dengan cara menghilangkan iklan di HP kamu tak akan mendapatkan iklan-iklan yang menyebalkan.

Berikut cara menghilangkan iklan di HP Android, dirangkum Liputa6.com dari berbagai sumber, Selasa(2/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP Android untuk browser Chrome

Jika kamu suka browsing dengan Google Chrome, ada satu cara menghilangkan iklan di HP Android-mu. Buka browser, ketuk tiga titik dan ketuk Pengaturan (settings).

Gulir ke bawah hingga kamu melihat Pop-up dan pilih opsi tersebut lalu aktifkan pemblokiran pop-up. Opsi Iklan juga dekat dengan opsi Pop-up, sehingga kamu dapat memodifikasinya sesukamu.

Untuk menonaktifkan Personalisasi Iklan, buka Pengaturan perangkat -> Google -> Iklan dan matikan opsi iklan. Opsi ini akan aktif secara default jika kamu belum mematikannya.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP dengan mode Penghemat Data di Chrome

Ada satu lagi trik untuk menghilangkan iklan di HP, khususnya di browser. Kamu bisa mengaktifkan mode penghemat data atau data saver. Cukup buka Chrome, pilih Settings lalu gulir ke bawah ke opsi Lite Mode, alu nyalakan fitur tersebut.

Tujuan utama Penghemat Data adalah untuk mencegah unduhan saat menggunakan browser dengan membuatnya mengakses server Google yang memampatkan laman situs web sebelum Chrome benar-benar mengunduhnya.

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP Samsung

Jika kamu menggunakan HP Samsung dan Samsung Internet untuk browser, kamu bisa memanfaatkan aplikasi AdBlock Plus for Samsung Internet. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store.

AdBlock Plus for Samsung Internet akan secara otomatis membawamu ke pengaturan perangkat di mana kamu harus mengaktifkan pemblokir iklan. Jika kamu masuk ke opsi " “More blocking”, kamu dapat menonaktifkan atau mengaktifkan opsi seperti melacak tombol media sosial dan banyak lagi. Di bagian bawah kamu juga akan melihat opsi untuk menambahkan daftar filter lain.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP dengan Brave Browser

Brave Browser menawarkan fitur perlindungan pelacakan yang akan membuat kamu tetap aman. Jika karena alasan tertentu kamu ingin dilacak, fitur tersebut dapat dengan mudah diaktifkan dengan mengetuk ikon singa oranye di bagian atas.

Di bawah Kontrol Individual, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur “Block Ads & Tracking” . Selama kamu mengaktifkannya, kamu juga dapat mengubah pengaturan untuk HTTPS Everywhere, Blokir cookie pihak ke-3, Blokir Skrip, dan Perlindungan Sidik Jari.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP Android dengan Adguard

Selain di browser, kamu juga pasti tidak mau melihat iklan di aplikasi atau game favoritmu. Cara menghilangkan iklan di HP untuk aplikasi dan game bisa dengan bantuan Adguard. Adguard merupakan aplikasi yang bisa menyingkirkan iklan di aplikasi, browser, gam, dan situs web yang kamu buka.

Kamu dapat menemukan versi Adguard di Play Store, tetapi untuk mendapatkan full version kamu harus mengunduhnya gratis dari situs web Adguard di https://adguard.com/en/adguard-android/overview.html

Setelah memiliki versi lengkap dan menginstalnya, kamu dapat memblokir iklan di ponselmu. Kamu juga dapat mengelola sejauh mana setiap aplikasi memblokir iklan, dan mengatur filter yang memberimu kontrol penuh atas adblocking pada perangkatmu.

7 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP Android dengan Free AdBlocker Browser

Free AdBlocker Browser dalah pemblokir iklan yang sepenuhnya gratis dan efektif. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena ia memblokir iklan segera setelah kamu mulai menggunakannya.

Jika kamu ingin melihat sendiri bahwa peramban memblokir iklan, ketuk ikon Shield, dan di sudut kiri bawah aplikasi kamu dapat melihat berapa banyak iklan yang telah diblokir oleh aplikasi ini.

Browser dapat memblokir banner, iklan video, dan pop-up juga. Selain menjauhkan iklan, aplikasi ini juga melindungimu dari bahaya seperti phishing, malware, virus, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga ramah baterai, jadi kamu tidak perlu khawatir baterai terkuras oleh aplikasi ini.

8 dari 8 halaman

Cara menghilangkan iklan di HP untuk game

Untuk game kamu bisa mencoba trik cara menghilangkan iklan di HP ini. Hampir semua iklan seluler dimuat secara dinamis dari internet, ponselmu pastinya harus online untuk menampilkan iklan. Jika game yang kamu mainkan bisa dibuka secara offline, kamu cukup menutup akses internet untuk menghilangkan iklan di HP.

Kamu cukup mengatur ponsel ke mode pesawat saat mulai bermain game. Saat melakukan ini, sebagian besar iklan banner akan hilang, dan iklan video tidak akan muncul. Kamu mungkin masih melihat placeholder tempat iklan, tapi itu hanya berupa space kecil. Selain mode pesawat, kamu juga bisa mencoba mematikan koneksi internet untuk menghilangkan iklan di HP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini