Sukses

15 Macam Novel yang Wajib Diketahui, Simak Struktur dan Contohnya

Simak 15 macam novel yang beredar di masyarakat dan penting diketahui, supaya lebih menambah wawasan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui macam novel yang ada dapat menambah wawasan. Novel adalah salah satu jenis karya sastra. Kata novel diadaptasi dari kata dalam bahasa Italia yaitu “novella” yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita”. 

Novel merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang, di mana di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.

Cerita yang diutarakan dalam novel biasanya berupa cerita rekayasa. Kehidupan sehari-hari pelaku utama diceritakan bersama orang-orang di sekitarnya dengan cara naratif. Tidak seperti cerpen (cerita pendek), isi cerita sebuah novel jauh lebih panjang dan kompleks, serta terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai macam nover beserta struktur dan contohnya yang perlu Anda ketahui yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (4/9/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Setelah mengenai pengertian novel yang di jelaskan di atas, berikut ini penjelasan mengenai pengertian novel menurut para ahli, yaitu:

1. Drs, Rostamaji, M.Pd

Menurut Drs, Rostamaji, M.Pd novel adalah sebuah karya sastra yang memiliki 2 unsur yaaitu unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik,unsur tersebut saling memiliki kaitan dikarenakan saling mempengaruhi dalam suatu karya sastra.

2.  Dr. Nurhadi

Menurut Dr. Nurhadi, novel adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya ada nilai-nilai sosial, budaya, moral, serta pendidikan.

3.  Paulus Tukam, S.Pd

Menurut Paulus Tukam, S.Pd, Novel adalah sebuah karya sastra yang bentuknya prosa serta di dalamnya ada unsur-unsur intrinsik.

4.  Drs. Jakob Sumardjo

Menurut Drs. Jakob Sumardjo, novel adalah sebuah bentuk karya sastra yang sangat populer di dunia sangat sering ada dicetak sebab daya komunitasnya yang amat luas di dalam masyarakat.

5.  H.B. Jassin

Menurutnya novel adalah cerita mengenai salah satu episode dalam kehidupan manusia, suatu kejadian yang luar biasa dalam kehidupan itu, sebuah krisis yang memungkinkan terjadinya perubahan nasib pada manusia. Novel dibatasi dengan pengertian “suatu cerita yang bermain dalam dunia manusia dan benda yang ada di sekitar kita, yang tidak mendalam, lebih banyak melukiskan satu saat dari kehidupan seseorang, dan lebih mengenai suatu periode”.

6.  Frye

Novel lebih mencerminkan gambaran tokoh nyata, tokoh yang berangkat dari realitas sosial. Ia merupakan tokoh yang lebih memiliki derajat lifelike, di samping merupakan tokoh yang bersifat ekstrovert.

7.  Panuti Sudjiman

Menurutnya novel adalah prosa rekaan yang panjang yang menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.

3 dari 6 halaman

Macam Novel Berdasarkan Ceritanya

Berdasarkan genre atau jenis ceritanya, ada beberapa macam novel diantaranya:

1. Novel Romantis: novel yang menceritakan kisah-kisah percintaan. Contoh: Ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih.

2. Novel Misteri: novel yang menceritakan kisah-kisah misteri dan menimbulkan rasa penasaran pembaca karena penuh dengan teka teki. Contoh: Sherlock Holmes.

3. Novel Komedi: novel yang memuat unsur-unsur humor sehingga membuat para pembaca terhibur. Contoh: Kambing Jantan.

4. Novel Horor: novel yang memberikan efek menegangkan bagi pembaca. Cerita yang disajikan dalam novel ini biasanya cerita seram, bisa berupa hal mistis atau gaib. Contoh: Bangku Kosong.

5. Novel Inspiratif: novel yang berisi kisah-kisah inspiratif. Jenis novel ini ditujukan untuk memberikan pesan moral atau membangkitkan motivasi para pembaca. Contoh: Laskar Pelangi.

6. Novel Sci-fi: macam novel yang mengangkat tema dunia penuh teknologi tinggi. Latar belakang dari macam novel ini adalah menghadirkan cerita yang berkonsep teknologi dan ilmu pengetahuan. Contohnya : Back to the future.

7. Novel Sejarah : macam novel ini diangkat dari cerita sejarah, mitos ataupun legenda yang pernah ada dalam masyarakat. Biasanya di dalam cerita macam novel ini, penulis adakan menambahkan opininya terhadap sejarah tersebut. Contohnya: Amba

8. Novel Petualangan : macam novel ini menitikberatkan pada alur dan cerita yang berkesinambungan. Adegan dan dialog di dalamnya membahas tentang situasi, sedangkan latar yang tergambar dalam cerita biasanya lebih mendetail. Biasanya macam novel ini menceritakan tentang misi dengan ending cerita yang jelas tetapi penyelesaian yang menggantung. Contohny : A Journey to the Centre of the Earth.

4 dari 6 halaman

Macam Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

Berdasarkan isi novel dan tokoh yang diceritakan, ada beberapa macam novel diantaranya:

9. Novel Teenlit : novel yang ditujukan untuk para remaja. Segala yang diceritakan dalam novel jenis ini disesuaikan dengan karakter dan tumbuh kembang remaja. Biasanya topik cerita untuk jenis novel ini adalah tentang cinta dan persahabatan. Contoh: Dealova, Paris I’m in Love.

10. Novel Chicklit : novel ini mempunyai tingkatan lebih tinggi dari novel teenlit. Jenis novel ini menceritakan mengenai wanita muda dan segala permasalahan yang dihadapi. Contoh: Testpack, Miss Jutek, Klub Santap Malam Rahasia.

11. Novel Songlit : novel yang dibuat dari sebuah lagu. Biasanya, alur cerita dalam novel ini dikembangkan dari sebuah lagu yang sedang hits atau bermakna mendalam. Contoh: Sebelum Cahaya, Lelaki Buaya Darat.

12. Novel Dewasa : jenis novel ini diperuntukkan hanya untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan isi dari jenis novel ini biasanya berhubungan dengan unsur sensualitas orang-dewasa. Contoh: Saman dan Larung.

13. Novel Metropop : Macam novel ini ditulis berdasakan cerita tentang wanita kosmopolitan yang berkutat dengan perkantoran. Biasanya tokoh di dalamnya mempunyai masalah yang kompleks seputar kehidupan, percintaan, karir, dan ambisi. Contohnya: Perahu Kertas.

5 dari 6 halaman

Macam Novel Berdasarkan Kebenaran Ceritanya

Berdasarkan kebenaran cerita, novel terbagi menjadi novel fiksi dan novel non fiksi.

14. Novel Fiksi: jenis novel yang bercerita tentang hal fiktif atau khayalan semata, dan tidak pernah terjadi dalam kehidupan nyata. Kefiktifan ini juga termasuk tokoh, alur, dan latar yang digunakan dalam novel saja. Contoh: Harry Potter.

15. Novel Non Fiksi : jenis novel yang bercerita tentang kejadian nyata. Biasanya jenis novel ini merupakan kisah sejarah atau pengalaman seseorang. Contoh: Laskar Pelangi.

6 dari 6 halaman

Sturktur Novel

Setelah Anda mengetahui macam novel berdasarkan pada kategori-kategori yang telah ditentukan, novel juga sebenarnya harus memenuhi struktur yang dipenuhi dalam setiap penulisannya.

Berikut ini adalah struktur dalam sebuah novel yang harus disertakan :

1. Tokoh dan Penokohan

Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Sedangkan penokohan adalah watak dari tokoh dalam cerita. Tokoh inilah yang merupakan media pembawa pesan atau amanat yang ingin disampaikan oleh penulis. Dalam sebuah cerita, ada beberapa pembagian tokoh yaitu tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh protagonis, dan tokoh antagonis. Karakter tokoh dalam cerita dapat digambarkan melalui tingkah laku, ucapan dalam dialog, bentuk fisik, pikiran dalam hati, tanggapan tokoh lain, atau justru melalui penjelasan secara langsung.

2. Latar

Latar yaitu tempat terjadinya peristiwa yang ada di dalam novel tersebut.

3. Tema

Yaitu unsur penting yang akan menjadi makna pokok dalam novel yang akan ditulis.

4. Alur

Alur merupakan sebuah gambaran mengenai jalan cerita yang dipilih dalam sebuah novel tersebut. Dalam sebuah cerita, dikenal alur maju dan alur mundur. Unsur penting yang ada dalam alur adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Secara umum, tahapan alur dalam sebuah cerita/ novel adalah dimulai dari perkenalan tokoh, dilanjutkan dengan penampilan masalah atau mulai muncul konflik, kemudian klimaks (ketegangan masalah), anti klimaks, dan yang terakhir penyelesaian masalah.

5. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam sebuah cerita/ novel merupakan cara pengarang untuk bercerita. Dalam bercerita, pengarang dapat berkedudukan sebagai orang I atau orang II.

6. Pesan Moral atau Amanat

Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada para pembaca. Amanat dapat disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung. Jika amanat disampaikan secara langsung biasanya akan berupa tulisan. Sedangkan jika disampaikan secara tidak langsung biasanya melalui dialog antar tokoh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.