Sukses

6 Cara Main Rubik Bagi Pemula dengan Mudah dan Cepat, Kuasai Rumusnya

Bermain rubik 3x3 ternyata memerlukan rumus dan latihan yang rutin.

Liputan6.com, Jakarta Cara main rubik bagi pemula penting untuk anda ketahui. Rubik memiliki banyak ragamnya, namun permainan rubik 3x3 memang yang paling populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Cara main rubik 3x3 mungkin membuat sebagian orang penasaran.

Permainan ini mulanya diciptakan oleh Erno Rubik, seorang pemahat dan profesor bidang arsitektur di Hungaria. Permainan ini pertama kali diperkenalkan ke khalayak pada tahun 1980. Sang pencipta permainan ini menciptakan rubik dengan tujuan agar pemainnya belajar untuk tidak cepat menyerah.

Hingga kini permainan ini populer di kalangan masyarakat sebagai permainan sederhana yang memicu otak untuk menyusun warna setiap sisinya dengan tepat. Rubik jenis ini memiliki sembilan permukaan. Rubik ini juga memiliki enam warna yang berbeda, yakni putih, biru, kuning, hijau, jingga, dan merah.

Meskipun terlihat sederhana, namun untuk menyelesaikannya rubik 3x3 dengan mudah dan cepat membutuhkan rumus. Berikut ini ulasan mengenai cara main rubik bagi pemula yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022).

2 dari 4 halaman

Nama-Nama Dasar pada Rubik 3x3

Sebelum mengetahui cara main rubik, anda perlu mengenali nama-nama dasar pada rubik 3x3. Berikut nama-nama dasar pada Rubik 3x3, antara lain:

1. Center: bagian tengah rubik yang posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.

2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.

3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.

4. Layer: Terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah adalah Layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir Layer 3.

3 dari 4 halaman

Dasar Pergerakan pada Rubik 3x3

Setelah mengetahui nama-nama dasar pada rubik 3x3, anda juga perlu mengetahui dasar pergerakan pada rubik 3x3 supaya dapat menyelesaikannya dengan mudah dan cepat. Berikut rinciannya:

1. R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam

2. R’ (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam

3. L (Left): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam

4. L’ (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam

5. U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam

6. U’ (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam

7. D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam

8. D’ (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam

9. F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam

10. F’ (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam

11. f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam

12. f’ (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam

13. B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam

14. B’ (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.

4 dari 4 halaman

Rumus Cara Main Rubik 3x3 bagi Pemula

Setelah mempelajari gerakan dasar serta notasinya, anda kini bisa mempraktikkan salah satu rumus rubik 3x3. Berikut ini ada beberapa rumus cara main rubik yang bisa dipraktikkan, antara lain:

1. Membuat Cross Putih

Dikutip dari speedcube, sebetulnya tidak ada rumus cara main rubik 3×3 khusus dalam membuat cross (+) putih. Tetapi, anda bisa mencari sisi dengan bagian kuning di tengah dan diletakkan di sebelas atas. Selanjutnya cari edge putih dan kumpulkan untuk didekatkan dengan kotak warna kuning dari berbagai sisi.

2. Menyelesaikan Layer 1 Warna Putih

Anda bisa membuat layer pertama ini dengan meratakan warna putih tersebut. Cari corner piece yang putih untuk dipindahkan ke bawah. Sebelumnya, samakan terlebih dahulu warna bagian tengah dengan corner piece di bagian atas putih. Untuk rumus algoritma, jika dari sisi kanan adalah U R U’ R’ dan sisi kiri U’ L’ U L.

3. Membuat Layer 2

Jika layer pertama sudah selesai, selanjutnya mencari edge yang akan dipindahkan. Supaya edge piece hijau bisa sama dengan warna center atau di sebelah edge piece merah, sebelumnya anda harus menyamakan dulu edge piece. Rumus algoritmanya adalah U’ L’ U L U F U’ F’ jika ke kiri, sedangkan ke kanan M U R U’ R’ U’ F’ U R’.

4. Membuat Cross Kuning

Algoritma cross kuning adalah F R U R’ U’ F’. Kemudian, anda akan memposisikan 2 titik yang masih kosong pada bagian bawah center dan kanan center sisi kuning. Gunakan rumus F R U R’U’F’ X2 agar menjadi cross kuning. Pada posisi edge kosong 2 ada dua kondisi:

a. Depan dan kanan. Lakukan dua kali dengan algoritma F R U R’ U’ F’.

b. Berseberangan. Bisa eksekusi satu kali saja menggunakan rumus F R U R’ U’ F’.

5. Menyelesaikan Layer Warna Kuning

Untuk menyelesaikan layer atas berwana kuning, anda bisa menggunakan rumus ikan atau R U R’ U R U2 R’ dan memiliki 5 pola dengan 3 kondisi:

a. Kondisi plus yaitu pada pola 1 yakni ada dua titik di belakang dan di depan. Moms bisa eksekusi dengan titik kuning lalu ditempatkan di samping kiri pakai rumus R U R’ U R U2 R’. Kemudian dengan pola 2 yaitu hanya ada 2 titik di depan saja. Gunakan rumus R U R’ U R U2 R’ untuk eksekusi dengan titik kuning agar bisa di sisi kiri.

b. Kondisi tank, untuk yang pertama titik di depan dengan rumus R U R’ U R U2 R atau pola 3’. Kemudian untuk pola 4 bisa eksekusi dari sebelah kanan tank dengan rumus R U R’ U R U2 R’.

c. Kondisi pita yaitu adanya dua titik kuning di sebelah kiri dan kanan, dan ambil posisi titik dari kiri lalu eksekusi dengan rumus ikan.

6. Mengorientasikan Corner dan Edge

Cara main rubik yang terakhir adalah harus menyamakan posisi corner dan edge. Berikut penjelasannya:

a. Jika belum ada titik yang sama, anda bisa eksekusi bagian mana saja dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U. Maka akan diperoleh dua sudut yang sudah sama di sebelah kiri dan bisa dilepas dulu dengan edge layer 2 supaya sama.

b. Lalu, ulangi lagi algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L sehingga keempat sudut akan terorientasi di tempatnya.

c. Kalau corner telah terorientasi, maka bisa menukar edge dengan memilih salah satu sisi yang sudah berada di tempatnya dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’.

d. Lalu, anda akan memperoleh satu sisi yang telah full.

e. Pilih edge yang sudah lengkap di sisi belakang untuk dinotasi dengan rumus R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2.