Sukses

Apa Itu SCP? Pahami Pengertian, Konsep dan Tugas-Tugasnya

SCP sendiri adalah singkatan dari Secure, Contain, Protect.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu SCP adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh masyarakat luas. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu SCP. SCP sendiri adalah singkatan dari Secure Contain Protect.

SCP adalah sebuah proyek fiksi yang berkolaborasi melibatkan kontributor di seluruh dunia untuk menemukan atau mengklaim sebuah temuan heman maupun sesuatu raksasa yang ada di Bumi.

Dalam pembentukannya sendiri, apa itu SCP ini memiliki tugas-tugas khusus. Tugas SCP adalah menjaga umat manusia dari bahaya “makhluk-makhluk” mengerikan yang tak banyak diketahui orang.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai apa itu SCP yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/6/2023).

2 dari 4 halaman

Apa Itu SCP

Apa itu SCP adalah singkatan dari Secure, Contain, Protect. Setiap kata tersebut mewakili tugas atau fungsi organisasi tersebut. Secure berarti mengamankan makhluk aneh dari masyarakat sipil dan organisasi rival melalui pengamatan luas.

Contain berarti mencegah pengaruh dari penyebaran makhluk aneh. Cara dengar mengurung atau menyembunyikan mereka agar tidak diketahui masyarakat. Sementara protect berarti melindungi manusia dari makhluk-makhluk aneh dan menghancurkan mereka jika dibutuhkan.

Apa itu SCP adalah organisasi fiktif yang ditulis oleh proyek fiksi kolaboratif berbasis web dengan nama yang sama. Di dalam latar fiksional situs web tersebut, Yayasan SCP bertanggung jawab melacak dan menangani individu, entitas, lokasi, dan objek yang melanggar hukum alam (disebut sebagai SCP). Situs web ini dijalankan oleh komunitas wiki dan mencakup berbagai macam genre seperti horor, fiksi ilmiah, dan urban fantasi.

Di wiki SCP Foundation, kebanyakan karya yang ada adalah "prosedur penanganan khusus", format dokumentasi internal yang menjelaskan sebuah objek SCP dan cara menangani mereka. Situs web ini juga berisi ribuan "Foundation Tales", cerita pendek yang berada dalam latar Yayasan SCP. Seri ini telah dipuji atas kemampuan menyampaikan cerita horor melalui gaya penulisan ilmiah dan akademis serta kualitas penulisan yang tinggi.

Dikutip dari laman CekFakta Liputan6.com, SCP Foundation mengklaim sebagai entitas yang beroperasi di luar yudiriksi dan dipercaya sejumlah pemerintah negara besar untuk mengatasi anomali terkait objek, entitas, dan fenomena yang diklaim menimbulkan ancaman signifikan terhadap keamanan global, baik menyebabkan kerugian fisik maupun psikologis. 

Penjelasan mengenai SCP Foundation juga bisa ditemukan dalam artikel berjudul, The web's creepiest fictional wiki is now a mind-bending video game yang dipublikasikan situs Wired (wired.co.uk).

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa SCP Foundation adalah proyek fiksi kolaboratif yang melibatkan ratusan kontributor. "Situs tersebut penuh dengan ratusan tulisan tentang objek dan entitas aneh yang menentang hukum alam," demikian diungkap Wired.

SPC ini tidak diketahui secara pasti keberadaannya. Namun, satu hal yang pasti bahwa SCP Foundation hanyalah organisasi fiktif. Bahkan dalam situs resminya, mereka menyebut sebagai kelompok penulis kreatif yang ingin memberi hiburan dengan konten-konten menyeramkan.

3 dari 4 halaman

Tugas dari SCP

Setelah mengetahui apa itu SCP adalah singkatan dari Secure, Contain, Protect. Anda juga perlu mengetahui tugasnya. Tugas SPC sendiri adalah melacak dan menangani individu, entitas, lokasi, dan objek yang melanggar hukum alam (disebut sebagai SCP).

Selain itu, tugas lain dari SCP adalah menjaga umat manusia dari bahaya “makhluk-makhluk” mengerikan yang tak banyak diketahui orang atau meneliti makhluk aneh di luar nalar agar makhluk-makhluk tersebut tidak mengganggu manusia.

4 dari 4 halaman

Gaya Penulisan SCP

Pada wiki SCP, sebagian besar dari karya tulis adalah berbentuk sebagai artikel mandiri yang menjelaskan tentang "special containment procedure" atau prosedur penanganan khusus dari sebuah objek SCP.

Pada artikel SCP biasa, sebuah objek SCP diberikan nomor identifikasi unik. Hal ini untuk membedakan SPC yang satu dengan yang lainnya. Kemudian objek SCP tersebut diberikan "kelas objek" (contohnya "Euclid" atau "Keter") berdasarkan tingkat kesulitan penanganan objek tersebut.

Artikel yang membahas tentang SCP akan memberikan ringkasan prosedur penanganan serta keamanan, dan kemudian mendeskripsikan objek SCP yang ditangani.

Bahkan artikel SCP sendiri dilengkapi dengan  gambar citra, data riset, atau informasi kondisi terbaru dari sebuah objek yang sedang ditemukan. Artikel dokumen SCP ditulis dengan nada klinis atau ilmiah, dan sering kali "menyembunyikan" informasi.

Dalam situsnya, mereka menyebutkan bahwa setidaknya ada 6,300 makhluk objek-objek SCP di dunia ini yang tidak diketahui oleh manusia. Makhluk-makhluk tersebut memiliki tingkat keganasan yang berbeda.

SCP tidak memiliki canon utama. Definisi dari canon adalah material yang diterima sebagai bagian resmi cerita dalam alam fiksi dari cerita tersebut. Meski begitu, cerita pada wiki tersebut sering kali bertautan satu sama lain untuk membentuk narasi yang lebih luas. Kontributor memiliki kemampuan untuk membentuk "canons", yang merupakan kumpulan artikel SCP dan kisah-kisah menyeramkan yang memiliki lokasi, karakter, atau plot utama. Banyak "canons" memiliki laman hub yang menjelaskan konsep dasar, serta informasi seperti linimasa dan daftar karakter.