Sukses

Allah Maha Pencipta Disebut Al-Khaliq, Begini Cara Meneladaninya

Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq, artinya kemampuan Allah dalam menciptakan segala sesuatu dengan sempurna dan pasti indah.

Liputan6.com, Jakarta - Allah Maha Pencipta disebut apa? Dalam asmaul husna, Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq. Ini sifat Allah yang menunjukkan kemampuan-Nya dalam menciptakan segala sesuatu dengan sempurna dan pasti indah. Ulama menafsirkan Allah memiliki kekuasaan yang mutlak untuk menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan menjadi ada, tanpa memerlukan unsur-unsur material.

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

"Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS. Al-Hasyr ayat 24)

Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq adalah sumber dari segala keberadaan dan kehidupan di alam semesta ini. Tidak ada yang mampu menciptakan seperti Allah, dan segala yang ada dalam alam semesta ini adalah bukti kekuasaan dan kebijaksanaan-Nya sebagai Maha Pencipta. Simak penafsiran lengkapnya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq dalam asmaul husna, Kamis (8/6/2023).

2 dari 5 halaman

Disebut Al-Khaliq dalam Asmaul Husna

Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq, yang menggambarkan-Nya sebagai Pencipta paling agung. Dalam asmaul husna, Al-Khaliq adalah salah satu nama Allah yang menunjukkan kekuasaan dan kebijaksanaan-Nya dalam menciptakan alam semesta beserta isinya. Kementerian Agama atau Kemenag RI menjelaskan Allah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna, mengatur setiap rincian dengan akurat, dan memberikan keindahan yang tak terhingga.

Dalam Mufradat Alfadz Al-Qur'an, Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq diartikan sebagai Dzat yang mampu menciptakan sesuatu tanpa menggunakan bahan. Ini menunjukkan bahwa Allah memiliki kekuasaan yang mutlak untuk menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan menjadi ada, tanpa memerlukan unsur-unsur material. Allah adalah sumber penciptaan yang tiada tanding, dan tak ada yang mampu menandingi-Nya dalam kekuasaan-Nya untuk menciptakan dan membentuk alam semesta ini.

Majalah SM Edisi 17 Tahun 2017, memaparkan Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq, sejatinya bisa mendorong manusia memperoleh kesadaran akan keberadaan Tuhan dan "menemukan" Tuhan sebagaimana Nabi Ibrahim AS. Pemikiran tentang ciptaan-Nya isa mengantarkan pada kesadaran pengetahuan yang mendorong manusia untuk menyusun konsep-konsep dan mewujudkannya dalam realitas kehidupan manusia.

3 dari 5 halaman

Penciptaan Sempurna dan Indah

Sebagai umat Islam, wajib meyakini Allah menciptakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sebagaimana Allah Maha Pencipta disebut Al-Khalaq. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah." (QS. as-Sajdah: 7). Ayat tersebut menggambarkan Allah menciptakan segala sesuatu dengan keindahan dan kesempurnaan yang tak terhingga. Tidak ada ciptaan Allah yang tidak sempurna, kecuali jika makhluk-Nya menganggap dirinya tidak sempurna.

Menurut penafsiran Al-Quran Indonesia, Al-Khaliq berasal dari kata dasar "kh-l-q" dalam bahasa Arab Klasik. Kata tersebut bermakna mengukur dengan akurat, menentukan ukuran atau porsi yang tepat, membandingkan satu hal dengan lainnya, menciptakan sesuatu berdasarkan pola atau model yang telah ditentukan, serta menciptakan sesuatu dari ketiadaan menjadi ada. Bisa dipahami, Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq yang menciptakan segala sesuatu dengan ketepatan dan kebenaran yang absolute. Tidak ada kesalahan atau kekurangan dalam penciptaan-Nya, karena Allah mengetahui segala sesuatu dengan sempurna dan memiliki kebijaksanaan tanpa batas.

Dalam buku berjudul Pendidikan Agama Islam SMP oleh Marzuki, juga dijelaskan Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq diartikan sebagai Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu secara sempurna dan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Nama dan sifat Al-Khaliq secara jelas disebutkan dalam Al-Quran, terutama dalam Surah Al-Hasyr ayat 24. Ayat tersebut mengingatkan kekuasaan Allah sebagai Maha Pencipta, yang dengan penuh kebijaksanaan dan kebaikan-Nya menciptakan segala sesuatu dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

 

4 dari 5 halaman

Ciptaan-Nya Tidak Ada Tanding

Dalam buku berjudul Agama Islam oleh Hindun Anwar, Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq diartikan sebagai Maha Pencipta atau Maha Menciptakan segala sesuatu yang tidak ada tandingnya. Allah sebagai Al-Khaliq adalah sumber dari segala keberadaan dan kehidupan di alam semesta ini. Tidak ada yang mampu menciptakan seperti Allah, dan segala yang ada dalam alam semesta ini adalah bukti kekuasaan dan kebijaksanaan-Nya sebagai Maha Pencipta.

ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺧَﻠَﻖَ ﺳَﺒْﻊَ ﺳَﻤَﺎﻭَﺍﺕٍ ﻭَﻣِﻦَ ﺍﻷﺭْﺽِ ﻣِﺜْﻠَﻬُﻦَّ ﻳَﺘَﻨﺰﻝُ ﺍﻷﻣْﺮُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻦَّ ﻟِﺘَﻌْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ ﻭَﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻗَﺪْ ﺃَﺣَﺎﻁَ ﺑِﻜُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻋِﻠْﻤًﺎ

"Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha kuasa atas segala sesuatu; dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu." (QS. Ath Thalaq ayat 56)

Kesimpulannya, Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq dalam asmaul husna. Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya dengan sempurna, tanpa memerlukan bahan dan dengan keindahan yang tak terhingga. Maka, sebagai umat Islam harus meyakini bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya dan memperindahnya sesuai dengan kehendak-Nya. Ketika setiap umat Muslim mau mengamati ciptaan-Nya, akan diperoleh sebuah pemahaman tentang kebesaran, kebijaksanaan, dan keindahan Allah sebagai Maha Pencipta yang tiada tara.

ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺧَﺎﻟِﻖُ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ۖ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﻠَﻰٰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻭَﻛِﻴﻞٌ

"Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu." (QS. Az Zumar ayat 62) 

5 dari 5 halaman

Cara Meneladaninya

Cara meneladani Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq adalah dengan menciptakan hal-hal baru yang lebih kreatif, inovatif, dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Dalam buku berjudul Rahasia Keajaiban Asmaul Husna, dikemukakan proses terciptanya sesuatu memerlukan pengetahuan dan kemampuan. Oleh karena itu, dengan meneladani sifat Al-Khaliq, diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

Universitas An-Nur Lampung menggambarkan dengan lebih jelas bahwa kreatifitas berarti memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan. Setiap individu memiliki potensi untuk menciptakan sesuatu yang unik dan orisinal. Sebagai contoh, mobil Esemka yang dibuat oleh anak-anak Indonesia adalah bukti bahwa setiap orang memiliki potensi dalam menciptakan sesuatu yang ada dalam dirinya.

Selain itu, cara meneladani Allah Maha Pencipta disebut Al-Khaliq melibatkan inovasi. Inovasi berarti memperkenalkan sesuatu yang bersifat pembaharuan atau kreasi baru. Maksudnya, inovasi menunjukkan adanya peningkatan pada bagian-bagian kreasi sebelum menjadi sesuatu yang baru dan lebih baik. Sebagai contoh, perkembangan teknologi lampu jalan yang dulunya hanya menggunakan listrik dari PLN kini banyak yang dialiri oleh energi surya, yang merupakan inovasi dalam bidang energi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Selain menciptakan hal-hal baru, cara meneladani Allah Maha Pencipta juga dapat dilakukan melalui ilmu pengetahuan dan penemuan. Salah satu contohnya adalah Al-Khawarizmi, seorang matematikawan dan astronom Muslim abad ke-9. Ia dikenal sebagai penemu angka nol dan perhitungan aljabar yang dituangkan dalam buku berjudul Hisab Al-Jabr wa Al-Muqabala. Buku tersebut membahas tentang perhitungan aljabar dan persamaan, yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan matematika dan ilmu pengetahuan.