Sukses

Viral Penampakan Polusi Udara di Jakarta, Bak Dikepung Kabut

penampakan kota Jakarta yang terlihat seperti diselimuti kabut gelap polusi

Liputan6.com, Jakarta Polusi udara telah menjadi masalah yang semakin mendesak di seluruh dunia, Begitupun yang terjadi di Jakarta. Dimana dalam beberapa tahun terakhir, tingkat polusi udara di Jakarta telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dengan dampak yang merugikan bagi kesehatan penduduk, lingkungan, dan iklim.

Ditambah lagi dengan munculnya video yang viral di media sosial belakangan ini telah menunjukkan sebuah fenomena yang mengkhawatirkan, yaitu penampakan polusi udara di Jakarta yang menyerupai kabut. Penampakan ini menjadi perhatian publik karena menyoroti masalah serius yang dihadapi oleh ibu kota Indonesia terkait kualitas udara yang buruk.

Video yang diunggah oleh akun Instagram pandemictalks pada Selasa (13/6/2023) ini memperlihatkan pemandangan kota Jakarta yang diselimuti oleh lapisan tebal kabut berwarna abu-abu gelap. Pemandangan ini mengejutkan banyak orang karena menunjukkan betapa buruknya polusi udara di ibu kota tersebut. 

Dalam video tersebut, terlihat penampakan kota Jakarta yang terlihat seperti diselimuti kabut gelap polusi. Berikut berita selengkapnya, yang dilansir Liputan6.com dari Instagram pandemictalks dan sumber lainnya, pada Rabu (14/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terasa dikepung kabut polusi ...

Dalam unggahan yang berbeda, akun Instagram pandemictalks juga menunjukan memperlihatkan pemandangan langit Jakarta yang menyedihkan, dengan kabut asap yang tebal dan pekat. Fenomena ini telah memicu kekhawatiran akan tingkat polusi udara yang mencapai titik kritis.

"Terlalu sadis, sampai parahnya begini langit Jakarta literally bener-benar ketutup asap polusi.." tulisnya.

Akun tersebut juga menyebutkan betapa parahnya polusi udara di Jakarta saat ini, dengan langit yang secara harfiah tertutup oleh asap polusi. Hal ini menggambarkan keadaan yang memprihatinkan, di mana tingkat polusi udara telah mencapai tingkat yang sangat berbahaya.

"..dan ini sudah 2 minggu lebih separah ini..." lanjutnya.

Diketahui juga bahwa penampakan kota jarata yang diselimuti kabut ini tidak hanya terjadi hari ini, namun telah berlangsung selama 2 minggu terakhir. Hal ini jelas semakin menambah kekhawatiran masyarakat yang tinggal di Jakarta, maupun mereka yang tidak tinggal di Jakarta.

"ayo pakai masker, anak-anak dan kelompok rentan usahakan dirumah saja kecuali untuk aktivitas-aktivitas esensial"

Akun tersebut juga menyarankan agar anak-anak dan kelompok rentan, seperti orang tua dan mereka dengan kondisi kesehatan yang lemah, membatasi aktivitas di luar rumah dan hanya melakukan aktivitas yang benar-benar penting. Ini menunjukkan betapa seriusnya masalah ini dan perlunya langkah-langkah mitigasi yang efektif.

3 dari 3 halaman

Buat khawatir banyak warganet ...

Warganet tidak bisa menyembunyikan kekhawatiran mereka atas keparahan polusi udara yang begitu nyata dan jelas terlihat di langit ibu kota. Melihat kondisi tersebut, banyak yang merasa simpati terhadap warga Jakarta yang harus menghadapi lingkungan yang tidak sehat dan berbahaya.

Reaksi miris dan syok dari warganet menggambarkan betapa seriusnya masalah polusi udara di Jakarta. Warganet merasa prihatin terhadap kesehatan penduduk kota yang terpapar polusi udara ini, terutama anak-anak dan kelompok rentan.

"Ini parah sih, hidungku yang alergi debu langsung kesumbet, napas cuma bisa sebelah" tulis salah seorang warganet yang juga mengalami langsung polusi udara di Jakarta.

"Semoga kalau viral bisa cepat ada solusi dan diatasi" tulis warganet lainnya.

"Pake masker n95 sementara ini... biar gak bermasalah di pernapasan dan jaga-jaga..." komentar warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.