Sukses

Surat Al Zalzalah Ayat 7-8 dalam Bahasa Arab, Latin, Terjemahan, dan Tafsirnya

Simak berikut ini terkait bacaan surat Al Zalzalah ayat 7-8, isi kandungan, hingga tafsirnya.

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Zalzalah ayat 7-8 merupakan surat pendek yang menjadi bagian dari surat Juz 'Amma dan merupakan urutan surat ke-99 dalam Alquran. Surat Al Zalzalah ayat 7-8 ini termasuk golongan surat Madiyah karena diturunkan saat Rasulullah SAW sudah hijrah dari Makkah ke Madinah.

Surat Al Zalzalah diturunkan setelah surah An-Nisa'. Nama Az-Zalzalah diambil dari kata Zilzaal yang berarti 'goncangan' dan terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat Al Zalzalah ayat 7-8 mengandung isi terkait balasan bagi umat Muslim yang melakukan kebaikan dan kesalahn di dunia. Meskipun kebaikan dan kesalahannya hanya seberat dzarrah tetap akan mendapatkan balasan ketika di akhirat.

Surat Al Zalzalah ayat 7-8 ini diturunkan untuk membantah terhadap anggapan mereka yang keliru perihal suatu amal baik, sekecil apapun tetap akan diperhitungkan. Begitupun dengan dosa yang telah diperbuat, sekecil apapun tetap akan mendapatkan balasan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan surat Al Zalzalah ayat 7-8 dalam bahasa Arab, Latin, terjemahan, dan tafsirnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (17/6/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Surat Al Zalzalah Ayat 7-8 dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan surat Al Zalzalah ayat 7 dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahan adalah:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Arab-Latin: Fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah.

Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Selain itu, bacaan untuk surat Al Zalzalah ayat 8 dalam bahasa Arab, Latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut ini:

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

Arab-Latin: Wa may ya'mal miṡqāla żarratin syarray yarah.

Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

3 dari 5 halaman

Isi Kandungan Surat Al Zalzalah Ayat 7-8

Isi kandungan surat Al Zalzalah ayat 7-8 adalah tentang orang-orang yang memiliki amal baik tidak sama dengan orang yang banyak amal buruknya. Orang yang taat tidak sama dengan orang yang berbuat maksiat. Mereka semua dibangkitkan untuk dieprluhatkan oleh Allah kepada mereka apa yang telah mereka lakukan atas hasil usaha mereka hidup di dunia.

Sebab barangsiapa berama baik walaupun hanya seberat atom atau sekecil apapun, niscaya mereka akan menerima hasilnya. Begitu juga sbelaiknya, barangsiapa yang melakukan kejahatan sekecil apapun tetap akan menerima balasannya.

4 dari 5 halaman

Tafsir dari Surat Al Zalzalah Ayat 7-8

Dikutip dari laman Tafsir Web, didapati berbagai penjelasan dari para ahli ilmu berkaitan dengan kandungan surat Al Zalzalah ayat 7-8, seperti yang tertera dalam buku tafsir Al-Mukhtashar ini:

"Dan barangsiapa berbuat kejahatan seberat semut kecil pula, maka ia pun akan melihatnya." (Tafsir al-Mukhtashar)

Dan barangsiapa melakukan keburukan di dunia seberat dzarrah, maka dia akan mengetahui balasannya di akhirat. Ibnu Abu Hatim dari Sa’id bin Jubair berkata: “Saat ayat ini turun {wa yuth’imuunath tha’aama ‘ala hubbihi …} orang-orang muslim beranggapan bahwa mereka tidak menerima pahala atas sesuatu yang sedikit bila memberikannya (kepada orang lain), sedangkan yang lain beranggapan bahwa mereka tidak akan disalahkan atas dosa yang remeh, yaitu berbohong, mengintip, mengumpat dan dosa-dosa lain yang serupa, sesungguhnya Allah hanya menjanjikan neraka bagi orang-orang yang berdosa besar, maka Allah menurunkan dua ayat ini [ayat 7 dan 8].” (Tafsir al-Wajiz)

وَمَن يَعْمَلْ (Dan barangsiapa yang mengerjakan) Ketika di dunia. مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ (kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula). Yakni dia akan melihatnya di hari kiamat, sehingga dia akan merasa sedih dan bisa jadi Allah SWT akan mengampuninya. Makna (الذر) yakni debu yang beterbangan yang terlihat saat terkena sinar matahari. (Zubdatut Tafsir)

Sedangkan menurut Kementerian Agama RI atau Kemenag, dalam surat Al Zalzalah ayat 7-8, Allah SWT merincikan balasan amal masing-masing. Barang siapa beramal baik, walaupun hanya seberat atom niscaya akan diterima balasannya, dan begitu pula yang beramal jahat walaupun hanya seberat atom akan merasakan balasannya. Amal kebajikan orang-orang kafir tidak dapat menolong dan melepaskannya dari siksa karena kekafirannya. Mereka akan tetap sengsara selama-lamanya di dalam neraka.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah

Bagi umat Muslim yang rutin dan istiqomah membaca surat Al Zalzalah, maka akan mendapatkan keutamaannya adalah:

1. Pahala yang Luar Biasa

Keutamaan membaca surat Al Zalzalah adalah mendapatkan pahala yang luar biasa. Pahala yang dimaksud yakni setara dengan membaca setengah dari Alquran. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda,

"Surat Al Zalzalah itu sepadan dengan setengah Alquran, wal 'adhiyat itu sepadan setengah Alq, surat Al Ikhlas itu sepadan sepertiga Alquran, dan surat Al Kafirun sepadan dengan seperempat Alquran."

2. Mendapatkan Surga

Keutamaan membaca surat Al Zalzalah selanjutnya adalah mendapatkan Surganya Allah. Hal ini diungkapkan dari Abi Abdullah berkata, 

"Janganlah kalian bosan membaca surat Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barang siapa yang membacanya di dalam sholat sunahnya, maka Allah tidak akan menimpakan bencana (gempa bumi) selamanya dan ia tidak akan mati karenanya.

Tidak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di dunia lainnya. Lalu ketika ia meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Lalu Allah berfirman, 'Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya selama kamu inginkan, tidak dilarang dan tidak pula ditolak.'" (Tsawabul A'mal: 112)