Sukses

6 Doa Pembuka Rezeki Dagang, Jadikan Aktivitas Jual Beli sebagai Ibadah

Dengan membaca doa pembuka rezeki dagang, aktivitas dagang tidak hanya akan menghasilkan untung di dunia, tapi juga di akhirat.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pedagang pasti ingin dagangannya laris. Oleh karena itu, pedagang akan menawarkan barang dagangannya dengan cara memasang iklan, membuat program promosi, dan sebagainya. Namun yang tidak kalah penting agar laris adalah dengan membaca doa pembuka rezeki dagang.

Dengan membaca doa pembuka rezeki dagang, usaha perdagangan diharapkan tidak hanya menghasilkan keuntungan yang besar, melainkan hasil perdagangan kita juga barokah. Apalagi menurut ajaran agama Islam, salah satu hal yang dapat mengubah takdir adalah doa.

Dengan membaca doa pembuka rezeki dagang, kita tidak hanya mengandalkan usaha yang kita lakukan agar dagangan laris dan memperoleh keuntungan. Dengan membaca doa pembuka rezeki dagang, kita juga mengandalkan pertolongan pertolongan dari Allah SWT.

Dengan membaca doa pembuka rezeki dagang pula, aktivitas perdagangan yang kita lakukan tidak hanya dinilai sebagai aktivitas duniawi belaka, tapi juga memiliki nilai ibadah jika dilakukan sesuai dengan syariat. Di samping itu, dengan membaca doa pembuka rezeki dagang, aktivitas dagang yang kita lakukan juga diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap orang lain pula.

Ada banyak sekali doa pembuka rezeki dagang yang bisa kita baca seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (19/6/2023), berikut adalah sejumlah bacaan doa pembuka rezeki dagang seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Pembuka Rezeki dagang seperti yang Diajarkan Rasulullah SAW

Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang. Ketika hendak berdagang pun, Rasulullah SAW selaku membaca doa pembuka rezeki dagang yang halal. Adapun bacaan doa penarik pembeli ajaran Rasulullah adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

Allahumma inni as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar Engkau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Doa Pembuka Rezeki Dagang yang Dibaca Nabi Sulaiman

Selain mendapatkan keutungan yang banyak, sangat penting juga untuk mengharapkan keridhaan Allah SAT dari aktivitas dagang yang kita lakukan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa pembuka rezeki dagang, agar mendapatkan ridha Allah SWT.

Agar dapat mendapatkan ridha Allah SWT dari aktivitas dagang yang kita lakukan, kita bisa membaca doa pembuka rezeki dagang seperti yang pernah diamalkan Nabi Sulaiman. Doa ini bahkan diabadikan dalam Alquran Surat An Naml ayat 19, yang berbunyi,

تَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallati an'amta'alayya wa ala walidayya wa an a'mala saliha tardahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikas salihin.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba Mu yang saleh."

3 dari 4 halaman

Doa Pembuka Rezeki Dagang agar Mendapat Keberkahan

Hal yang penting dalam berdagang selain keuntungan adalah keberkahan. Percuma jika dagangan kita laris, namun tidak menghadirkan keberkahan. Tanpa keberkahan, bisa jadi aktivitas dagang yang kita lakukan tidak akan memberikan manfaat bagi orang lain. Tanpa keberkahan, bisa saja pembeli tidak akan merasa puasa dengan barang dagangan yang kita jual, sehingga tidak akan menjadi langganan dan tidak akan kembali lagi untuk bertransaksi.

Adapun bacaan doa pembuka rezeki dagang agar mendatangkan keberkahan adalah sebagai berikut,

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku,".

Doa Pembuka Rezeki Dagang agar banyak Pembeli

Dalam berdagang, cara untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan datangnya pembeli yang memborong dagangan kita, atau dagangan dibeli sedikit demi sedikit namun dibeli oleh banyak pembeli. Selain melakukan promosi dan iklan, untuk mendatangkan banyak pembeli kita juga perlu membaca doa pembuka rezeki dagang. Adapun bacaannya sebagai berikut,

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Inna nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Quran dan sesungguhnya Al-Quran telah dijaga”

4 dari 4 halaman

Doa Pembuka Rezeki Dagang agar Tidak Cepat Menyerah

Selain mengharapkan dagangan laris, penting juga untuk membaca doa untuk mengharapkan ridha Allah dari aktivitas dagang yang kita lakukan. Salah satu cara untuk mengharapkan adalah dengan ridha terhadap ketentuannya. Dengan menyadari ketentuan dan rencana Allah SWT, kita akan menjadi lebih tekun dalam berusaha sehingga tidak akan mudah untuk menyerah. Adapun bacaan doa pembuka rezeki dagang agar tidak menyerah adalah sebagai beirkut,

اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridhoilah aku dengan ketentuan-Mu dan berikanlah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan, sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.”

Doa Berdagang agar Mendapat Rezeki Halal

Berdagang pun jika dilakukan sesuai ketentuan perintah Allah dan rasul-Nya, maka aktivitas tersebut dapat dihitung sebagai amal ibadah dan rezeki halal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan aktivitas dagang sesuai dengan ketentuan syariat dengan menghindari hal-hal yang dilarang, seperti mengurangi timbangan.

Di samping menghindari hal-hal yang dilarang dalam berdagang, penting untuk membaca doa pembuka rezeki dagang agar aktivitas dagang dihitung sebagai amal baik. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: "Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu,".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.