Sukses

Wortel Berkembang Biak dengan Cara Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Tanaman wortel berkembang biak dengan cara yaitu generatif dan vegetatif.

Liputan6.com, Jakarta Wortel berkembang biak dengan cara apa merupakan pertanyaan yang kerap ada dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan di sekolah. Wortel merupakan sayuran yang menyimpan cadangan makanan di umbi.

Dikutip dari Buku Pintar Wortel (2015) karya Mira Lesmana, menjelaskan terkait wortel adalah sayuran yang kaya akan serat yang tinggi, antioksidan alami, dan kandungan B-karoten yang cukup tinggi. Tanaman ini memiliki sistem perakaran tunggang dan serabut.

Dalam pertumbuhannya akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan. Oleh karena itu, wortel disebut juga sebagai umbi akar. Lantas, wortel berkembang biak dengan cara apa?

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tumbuhan wortel berkembang biak dengan cara apa yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wortel Berkembang Biak dengan Cara

Melansir dari laman resmi Kemdikbud, wortel merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar. Akar pada tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan.

Sejatinya, tanaman wortel berkembang biak dengan cara yaitu generatif dan vegetatif. Hal ini jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Tumbuhan wortel berkembang biak dengan cara generatif yang diawali oleh penyerbukan.

Ketika dewasa, tanaman wortel akan tumbuh menjadi bunga untuk melakukan proses penyerbukan.  Penyerbukan yaitu suatu kejadian jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Bunga pada tanaman wortel memiliki kapasitas menghasilkan dua biji dan untuk menghasilkan benih wortel harus diserbuki. Perlu diketahui bahwa bunga wortel betina memiliki paku tengah yang lebih panjang dan lebih menonjol dari bunga jantan.

Penyerbukan ini sendiri bisa terjadi dengan bantuan angin, hewan, air, maupun manusia. Setelah penyerbukan, akan dilanjutkan dengan pembuahan atau fertilisasi di mana sperma dan sel telur akan melebur. Peristiwa tersebut terjadi di dalam bakal buah dan akan menghasilkan biji. Untuk ukurannya, wortel memiliki biji yang sangat kecil serta terletak di dalam buah di mana setiap bagian dari biji wortel terdapat duri di permukaannya. Biji inilah yang nantinya dapat dikumpulkan untuk disemai.

Selain wortel berkembang biak dengan cara yaitu generatif, wortel juga dapat berkembang biak dengan cara vegetatif. Tumbuhan ini termasuk ke dalam tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif alami. Perkembangbiakan vegetatif alami wortel dengan cara menumbuhkan umbi akarnya. Umbi akar pada wortel adalah cadangan makanan yang nantinya akan tumbuh tunas baru lalu tanaman induk akan layu. Wortel tergolong sebagai tanaman semusim karena hanya berproduksi satu kali dan kemudian mati.

3 dari 4 halaman

Kandungan Gizi Wortel

Wortel merupakan tumbuhan yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk semua umur, terutama untuk kalangan anak-anak. Berikut ini komposisi gizi yang terdapat pada tumbuhan wortel, adalah energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C, dan air.

Selain itu, tumbuhan wortel juga memiliki kandungan biotin, vitamin K1, vitamin B6, dan kalium yang sangat berguna bagi tubuh sebagai sumber tenaga dan kekuatan otot. Sehingga tak jarang melihat para atlet memakan wortel mentah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wortel

Dengan berbagai kandungan gizi yang telah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, wortel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat wortel apabila dikonsumsi secara rutin, yakni:

a. Mengurangi Resiko Kanker

Wortel memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, B-karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan B-karoten dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan kanker. Orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17% resiko penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar karena terdapat zat falcarinol merupakan pestisida alami yang hanya dihasilkan oleh wortel untuk melindungi akar dari penyakit jamur.

b. Menekan Resiko Penyakit Jantung

Zat antioksidan dalam wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung, sehingga dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu, anda perlu mengonsumsi wortel secara rutin.

c. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sistem imun tubuh diperkuat dengan mengkonsumsi wortel dicampur ketumbar, sehingga dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam wortel dapat digunakan untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

d. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan B-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk Rhdopsin (pigmen ungu) yang diperlukan untuk mempertajam penglihatan di malam hari. Selain itu, kandungan B-karoten juga dapat melindungi dari degenerasi macula dan katarak yang merupakan masalah kesehatan mata pada orangtua.

e. Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Dengan begitu, ginjal akan lebih sehat apabila rutin mengonsumsi wortel.

f. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, wortel juga dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena diperkaya kandungan vitamin A yang mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar, sumber antioksidan yang terkandung dalam wortel juga berfungsi untuk memperlambat efek penuaan dini, serta menghilangkan noda hitam pada kulit yang mampu mengakibatkan pigmentasi.

g. Pembersih Hati

Melansir dari buku Makanan Berkhasiat oleh Anna Selby, wortel sangat bermanfaat untuk membersihkan dan menguatkan hati, organ tubuh paling utama dalam detoksifikasi, sehingga dapat meningkatkan semua fungsi sistem tubuh yang terkait. Namun, jangan mengonsumsi lebih dari tiga wortel dalam sehari. Untuk membuat jus, gunakan tidak lebih dari dua wortel dan campurlah dengan apel atau sayuran yang lain.

h. Penghasil Energi

Masih dari sumber yang sama, wortel berisi gula alami yang akan dilepaskan perlahan-lahan ke dalam tubuh untuk memberi energi yang tahan lama. Kadar gula dalam wortel bukanlah kadar gula dalam jumlah besar yang masuk secara mendadak seperti pada gula sulingan. Untuk bisa maksimal, wortel lebih baik jika dimakan mentah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.