Sukses

7 Doa Dibukakan Pintu Rezeki agar Terhindar dari Kemiskinan dan Senantiasa Bersyukur

Selain berusaha dengan cara bekerja, penting bagi kita untuk mengamalkan doa dibukakan pintu rezeki, agar mendapatkan rezeki yang tidak hanya melimpah, tapi juga berkah.

Liputan6.com, Jakarta Rezeki datangnya dari Allah SWT, karena Dia merupakan Tuhan Yang Maha Pemberi dan Maha Kaya. Tidak hanya itu, Allah SWT akan memberikan rezeki kepada siapa pun yang Dia kehendaki. Bahkan makhluk yang hidup di dalam tanah seperti cacing pun memiliki rezekinya sendiri.

Oleh karena itu, selain berusaha dengan cara bekerja, penting bagi kita untuk mengamalkan doa dibukakan pintu rezeki, agar mendapatkan rezeki yang tidak hanya melimpah, tapi juga berkah. Memohon keberkahan dengan mengamalkan doa dibukakan pintu rezeki sangat penting, karena rezeki yang berkah akan memberikan manfaat.

Percuma jika kita mendapatkan rezeki yang banyak tapi tidak berkah. Hal itu biasanya tidak akan memberikan manfaat. Sebagai contoh, bisa saja seseorang selalu diberikan uang yang banyak, tapi tanpa keberkahan, dia jadi tidak bisa menikmati uang itu karena sering sakit.

Ada doa dibukakan pnitu rezeki yang bisa kita amalkan agar diberikan kelebihan rezeki yang berkah. Berikut adalah beberapa doa dibukakan pintu rezeki yang bisa kita baca di berbagai kesempatan, maupun di waktu-waktu mustajab, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (30/6/2023).

2 dari 5 halaman

Doa Dibukakan Pintu Rezeki Halal Tanpa Repot

Agar bisa mendapatkan rezeki yang halal, kita memang harus berusaha dan bekerja. Dalam bekerja pun kita juga harus mengikuti ketentuan syariat. Meski demikian, Allah SWT akan memberikan rezeki kepada siapa saja yang Ia kehendaki. Bahkan kepada siapa yang mungkin usahanya tidak maksimal.

Berikut adalah bacaan doa dibukakan pintu rezeki halal tanpa repot,

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as'aluka antarzuqunii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin wala nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir

Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

Doa Dibukakan Rezeki Halal dan Terhindar dari Rezeki Haram

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam bekerja dan berusaha mengais rezeki memang sebaiknya dilakukan dengan cara halal, yakni yang tidak bertentangan dengan ketentuan syariat Islam. Di samping itu, penting juga bagi kita untuk mengamalkan doa dibukakan pintu rezeki agar dihindarkan dari rezeki yang haram.

Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakhfinii bihalaalika 'an haraamaika wa aghninii bifadhika 'amman siwaka

Artinya: "Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rezeki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu, sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu."

3 dari 5 halaman

Doa Dibukakan Pintu Rezeki agar Tidak Malas

Sulitnya rezeki kadang terjadi karena kita malas berusaha. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membaca doa dibukakan pintu rezeki dengan maksud untuk memohon kepada Allah SWT agar mendapatkan semangat dalam bekerja dan dihindarkan dari kemalasan.

Berikut bacaan doanya,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a'uudzubika minal hammi wal hazani wa a'uudzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'uudzubika minal jubni wak bukhli wa a'uudzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaali.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan rasa malas. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan bakhil. Dan aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya utang dan kelaliman manusia."

Doa Dibukakan Pintu Rezeki agar Dihindarkan dari Kemiskinan

Rezeki memang hadir dalam berbagai bentuk. Mungkin seseorang tidak memiliki harta benda yang banyak, namun memiliki kondisi yang sehat dan hati yang tenang juga termasuk rezeki. Akan tetapi, tentu sebagian besar orang lebih senang jika memiliki harta benda yang banyak dan terhindar dari kemiskinan. Oleh karena itu, selain bekerja dengan keras, penting bagi kita untuk membaca doa dibukakan pintu rezeki agar terhindar dari kemiskinan.

Berikut bacaannya,

اللَّهُمَّ فَالِقَ الْإِصْبَاحِ، وَجَاعِلَ اللَّيْلَ سَكَنًا، وَالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ حُسْبَانًا اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ، وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ، وَامْتَعْنَا بِسَمْعِ وَبَصَرِنَا، وَقُوَّتِنَا فِي سَبِيلِكَ

Allaahumma faaliqul ishbaahi wa ja'alal laili sakanan, wasy syamsi wal qamari husbaanan iqdhii annid daina, wa aghnini minal faqri, wa amti'nii bisam'ii basharii wa quwwatii fii sabiilika.

Artinya: "Ya Allah, Zat yang menampakkan cahaya subuh, yang menjadikan malam sebagai waktu tenang, dan (yang menjadikan) matahari dan rembulan berjalan dengan hitungan tertentu, bebaskanlah utang dari diriku, cukupkanlah aku dari kemelaratan, dan bahagiakan aku dengan pendengaranku, pandanganku, dan kekuatanku dama jalan-Mu." (HR. Ibnu Syaibah dari Yahya bin Said)

4 dari 5 halaman

Doa Dibukakan Pintu Rezeki dari Perdagangan

Selain bekerja, kita juga dapat mengais rezeki dengan cara berdagang. Bahkan Rasulullah SAW juga berdagang untuk mendapatkan rezeki. Setiap hendak melakukan perdagangan, Rasulullah SAW selalu mengamalkan doa dibukakan pintu rezeki melalui perdagangan.

Berikut bacaannya,

اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

Allahumma inni as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka'alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar Engkau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Doa Dibukakan Pintu Rezeki Berupa Ilmu

seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rezeki tidak hanya hadir dalam bentuk uang dan harta benda saja, melainkan bisa juga hadir dalam bentuk ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk membaca doa dibukakan pintu rezeki berupa ilmu.

Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: "Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu."

5 dari 5 halaman

Doa Dibukakan Pintu Rezeki agar Senantiasa Bersyukur

Allah berfirman bahwa barang siapa yang pandai bersyukur, maka akan ditambahkan nikmatnya.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa salah satu cara membuka pintu rezeki adalah dengan pandai bersyukur. Tentu saja iman setiap orang bisa naik turun, kadang bersyukur, kadang juga kufur. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT dengan membaca dibukakan pintu rezeki, termasuk dengan cara memohon agar diberi pertolongan untuk menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur.

Berikut bacaannya,

تَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Fa tabassama dahikam ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallati an'amta'alayya wa ala walidayya wa an a'mala saliha tardahu wa adkhilni birahmatika fi ibadikas salihin.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba Mu yang saleh." (QS. An Naml: 19)