Sukses

4 Doa Syukuran Ulang Tahun agar Dipanjangkan Umur, Keberkahan, dan Selamat Dunia Akhirat

Doa syukuran ulang tahun adalah sebuah perwujudan rasa syukur atas nikmat usia yang telah diberikan Allah SWT, sehingga kita bisa hidup hingga dapat mendapati hari lahir di tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Doa syukuran ulang tahun adalah sebuah perwujudan rasa syukur atas nikmat usia yang telah diberikan Allah SWT, sehingga kita bisa hidup hingga dapat mendapati hari lahir di tahun ini. Dalam ajaran Islam, tidak terdapat dalil atau nash yang secara tegas memerintahkan atau melarang untuk membuat acara syukuran ulang tahun.

Dengan kata lain, merayakan ulang tahun diperbolehkan, tetapi dengan catatan bahwa perayaan tersebut dilakukan dengan niatan untuk bersyukur dan melakukan introspeksi. Salah satu cara mewujudkan niatan syukur adalah dengan mengamalkan doa syukuran ulang tahun.

Selain sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat usia, doa syukuran ulang tahun juga merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT, agar selalu diberikan rahmat dan keberkahan sepanjang hidup. Ketika membaca doa syukuran ulang tahun, kita diperkenankan untuk memohon apa saja kepada Allah SWT, mulai dari minta dipanjangkan umurnya, selalu sehat, dan sebagainya.

Ada beberapa bacaan doa syukuran ulang tahun yang bisa kita amalkan dan baca di setiap momen ulang tahun, mulai dari yang paling singkat hingga yang paling panjang. Berikut adalah sejumlah bacaan doa syukuran ulang tahun seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/7/2023).

2 dari 5 halaman

Doa Syukuran Ulang Tahun agar Panjang Umur

Panjang umur adalah salah satu hal yang paling umum untuk diharapkan di setiap momen ulang tahun. Meski sebenarnya umur setiap manusia sudah ditetapkan oleh Allah SWT, bukan berarti membaca doa syukuran ulang tahun agar dipanjangkan umurnya tidak bermanfaat.

Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

Dengan kata lain, meski usia setiap makhluk, termasuk manusia sudah ditetapkan oleh Allah SWT, akan tetapi ada hal-hal yang dapat mengubah takdir, salah satunya adalah doa syukuran ulang tahun. Berikut adalah bacaan doa syukuran ulang tahun,

هم طول عمورنا وصحح أجسادنا ونور قلوبنا وثبت إيماننا وأحسن أعمالنا ووسع أرزقنا وإلى الخير قربنا وعن الشر أبعدنا واقض حوائجنا في الدين والدنيا والآخرة إنك على كل شيء قدير.

Allaahumma thawwil 'umuuranaa washahhih ajsaadana wanawwir quluubana watsabbit imaananaa wa ahsin a'maalanaa wawassi' arzaaqanaa wa ilal khairi qarribnaa wa 'anisy syarri ab'idnaa waqdhi hawa-ijanaa fid diini wad dun-yaa wal aakhirati innaka 'alaa kuli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan, kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya, hanya Engkau-lah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya."

3 dari 5 halaman

Doa Syukuran Ulang Tahun agar Diberi Keberkahan dan Rezeki

Selain panjang umur, ketika ulang tahun sebagian besar orang sering mengharapkan agar diberi kesejahteraan dalam hidup, mulai dari dibukakan rezeki, kesehatan, keberkahan, dan sebagainya. Tentu saja kita diperkenankan untuk meminta semua itu kepada Allah SWT setiap kita memperingati hari lahir.

Adapun bacaan doa syukuran ulang tahun agar diberi keberkahan dan ditambahkan kesejahteraannya adalah sebagai berikut,

اللهم افتح علينا أبواب الخير وأبواب البركة وأبواب النعمة وأبواب الرزق وابواب القوة وأبواب الصحة وابواب السلامة برحمتك يا أرحم الراحمين.

Allaahummaftah 'alainaa abwaabal khairi, wa abwaabal barakati, wa abwaaban ni'mati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal quwwata, wa abwaabash shihhati, wa abwaabas salaamati, birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu nikmat, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, dan pintu keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

4 dari 5 halaman

Doa Syukuran Ulang Tahun agar Kesejahteraan Dunia Akhirat

Ada baiknya, selain meminta kesejahteraan di dunia, penting juga ketika memperingati hari ulang tahun, kita juga memohon kesejahteraan di akhirat. Sebab, sepanjang-panjangnya umur kita, pada akhirnya kita juga akan hidup juga di akhirat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meminta kesejahteraan di dunia dan akhirat dengan membaca doa syukuran ulang tahun berikut ini.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan 'indal mauti wa maghfiratan ba'dal maut.

Artinya: "Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal."

5 dari 5 halaman

Doa Syukuran Ulang Tahun Singkat

Doa syukuran ulang tahun yang telah dsebutkan sebelumnya memang memuat berbagai macam harapan yang sudah cukup lengkap. Namun jika doa-doa syukuran ulang tahun tersebut dirasa terlalu panjang, ada bacaan doa syukuran ulang tahun yang lebih pendek dan lebih mudah dihafalkan.

Meski bacaan doa syukuran ulang tahun berikut ini relatif lebih pendek, namun doa syukuran ulang tahun ini tetap memiliki kandungan makna yang membuat harapan yang lengkap. Doa syukuran ulang tahun ini diambil dari surat Maryam ayat 33, berikut bunyinya:

وَٱلسَّلَٰمُ عَلَىَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا

Arab latin: Was-salāmu 'alayya yauma wulittu wa yauma amụtu wa yauma ub'aṡu ḥayyā

Artinya: "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali," (QS. Maryam: 33)

Demikian adalah sejumlah doa syukuran ulang tahun, semoga dengan mengamalkannya kita bisa semakin tambah bersyukur dan sejahtera, yang ditandai dengan meningkatnya ketaatan kita kepada Allah SWT.