Sukses

Bahasa Arab Bunga Lengkap dengan Nama-Nama Bunga

Bahasa Arab bunga adalah "زَهْرَة" (zahrah). Itu adalah bentuk tunggalnya.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Arab bunga adalah "زَهْرَة" (zahrah). Itu adalah bentuk tunggalnya. Sedangkan bahasa Arab bunga dalam bentuk jamak adalah "أَزْهَار" (azhār) atau "زُهُوْر" (zuhūr).

Namun bahasa Arab bungan bisa saja berbeda, jika kita ingin mengacu pada jenis bunga tertentu, misalnya saja bunga mawar. bahasa Arab bunga mawar adalah "وَرْدَة" (wardah).

Lain lagi jika ingin mengacu pada jenis bunga  melati. Bahasa Arab bunga melati adalah "يَاسْمِيْن" (yāsmīn). Untuk bunga jenis lain, bahasa Arab bunga bougainvillea disebut "أُزْهِيْر" (uzhīr), dan bunga anggrek disebut "أُورْكِيْد" (urkīd).

Dengan kata lain, bahasa Arab bunga secara umum adalah "زَهْرَة" (zahrah). Akan tetapi jika mengacu pada bunga dengan jenis yang spesifik, namanya bisa lain-lain. Apalagi ada banyak sekali jenis bunga di dunia. Bahasa Arab bunga dengan jenis-jenis tertentu pun berbeda-beda.

Selain jenis spesiesnya, warna juga memengaruhi perbedaan bahasa Arab bunga. Untuk mengetahui bahasa Arab bunga untuk berbagai jenis spesies dan warna, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (8/7/2023).

2 dari 4 halaman

Kosakata Bahasa Arab Terkait Bunga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bahasa Arab bunga adalah zahrah. Akan tetapi ketika bunga yang dimaksud adalah jenis tertentu, misalnya mawar, melati, atau jenis bunga lainnya, maka bahasa Arab bunga bisa menjadi lain. Berikut adalah daftar kosa kata dalam bahasa Arab yang terkait dengan bunga.

1. Bahasa Arab bunga secara umum adalah "زَهْرَة" (zahrah). Itu adalah bentuk tunggalnya. Sedangkan bahasa Arab bunga dalam bentuk jamak adalah "أَزْهَار" (azhār) atau "زُهُوْر" (zuhūr).

2. Bahasa Arab bunga aster adalah lu’lu’iyyah shughraa. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah menjadi لُؤْلُؤِيَّة صُغْرَى .

3. Bahasa Arab bunga teratai adalah basyniin. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga teratai menjadi بَشْنِيْن .

4. Bahasa Arab bunga matahari adalah dawwarusy syamsi. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga matahari menjadi دَوَّارُ الشَّمْسِ.

5. Bahasa Arab bunga mawar adalah wardatun. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga mawar menjadi وَرْدَةٌ.

6. Bahasa Arab bunga narcis adalah narjisun. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga narcis menjadi نَرْجِسٌ.

7. Bahasa Arab bunga tulip adalah zahratu tiyuulliib. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga tulip menjadi زُهْرَةُ تِيُوْلِيْبٍ.

8. Bahasa Arab bunga verbena adalah farbiinah. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga verbena menjadi فَرْبِيْنَةٌ.

9. Bahasa Arab bunga melati adalah yasmiin. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga melati menjadi يَسْمِيْن.

10. Bahasa Arab bunga bakung adalah zanbaqah. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga bakung menjadi زَنْبَقَةٌ.

3 dari 4 halaman

Kosakata Jenis-Jenis Bunga dalam Bahasa Arab

11. Bahasa Arab bunga anggrek adalah awrkiid. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga anggrek menjadi أَوْرْكِيْدٌ.

12. Bahasa Arab bunga asoka adalah asuuka. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga asoka menjadi أَسُوْكَا.

13. Bahasa Arab bunga lili adalah sawsan. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga lili menjadi سَوْسَنٌ.

14. Bahasa Arab bunga dahlia adalah daaliya. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga dahlia menjadi دَالِيَا.

15. Bahasa Arab bunga bugenfil adalah buughanfiiliyah. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga bugenfil menjadi بُوْغَنْفِيْلِيَّةٌ.

16. Bahasa Arab bunga krisan adalah uqhuwaan. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga krisan menjadi أُقْحُوَان.

17. Bahasa Arab bunga kamelia adalah zahratul kaamiiliyaa. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga kamelia menjadi زهرة الكاميليا.

18. Bahasa Arab bunga lavender adalah zahratul alkhuzaamaa. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga lavender menjadi الخزامي.

19. Bahasa Arab bunga sakura adalah zahratul zahratul kurz. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga sakura menjadi زهرة الكرز.

20. Bahasa Arab bunga anyelir adalah zahratul qaranful. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga anyelir menjadi قَرَنْفُل.

4 dari 4 halaman

Nama-nama Bunga dalam Bahasa Arab

21. Bahasa Arab bunga ramapi adalah juriyy. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga rampai menjadi جُوْرِيّ.

22. Bahasa Arab bunga mawar jingga adalah asuuka. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga mawar jingga menjadi أَسُوْكَا.

23. Bahasa Arab bunga lili adalah sawsan. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga lili menjadi سَوْسَنٌ.

24. Bahasa Arab bunga alstroemeria adalah alsatruumiiriyaa. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga alstroemeria menjadi ألستروميريا.

25. Bahasa Arab bunga kamboja adalah zahratul faraanjiibaaniy. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab bunga kamboja menjadi زهرة فرانجيباني.

26. Bahasa Arab vas bunga adalah zahriyyah. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab vas bunga menjadi زَهْرِيَّةٌ.

27. Bahasa Arab tangkai bunga adalah ‘unuquz zahri. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab tangkai bunga menjadi عُنُقُ الزَّهْرِ.

28. Bahasa Arab kuncup bunga adalah zirruz zahrati. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab kuncup bunga menjadi الخزامي.

29. Bahasa Arab kelopak bunga adalah zahratul zahratul kurz. Jika ditulis dengan huruf hijaiyah, bahasa Arab kelopak bunga menjadi لِبَاسُ الزَّهْرِ.