Sukses

Viral Momen Perpisahan Orang Jepang dan WNI Ini Penuh Haru, Sudah Seperti Keluarga

Sudah dianggap keluarga, orang Jepang ini menangis saat ditinggal sahabatnya yang berasal dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang Indonesia yang berkuliah, bekerja, hingga tinggal di luar negeri, salah satunya adalah di Jepang. Tak heran jika banyak persahabatan yang terjalin antara orang Indonesia dan orang Jepang.

Belasan tahun di negeri orang, rasa kehilangan tentunya akan dirasakan ketika memutuskan untuk kembali di Tanah Air. Bahkan tak sedikit sahabat dari Jepang yang juga merasa kehilangan ketika sahabatnya yang dari Indonesia harus kembali ke Indonesia.

Belum lama ini viral di media sosial momen perpisahan orang Jepang dan WNI yang penuh haru. Momen tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @wanda_arr atau yang nama aslinya adalah Wanda.

Setelah setahun kerja di Jepang, Wanda harus kembali ke Tanah Air dan meninggalkan semua sahabatnya di Jepang. Meski baru setahun, namun Wanda dan sahabatnya yang asli orang Jepang sudah sangat dekat seperti keluarga.

Berikut Liputan6.com melansir dari laman TikTok @wanda_arr tentang momen perpisahan orang Jepang dan WNI yang penuh haru, Selasa (11/7/2023).

2 dari 4 halaman

Perpisahan WNI dan Orang Jepang

@wanda_arr

またどこか会いましょう!🥹 Ga nyangka banget anak ini bakal nangis sebegitunya sama aku. Padahal baru kerja bareng" tuh sekitar setahunan gitu. Tapi ya emang udah sedeket itu, setiap kerja bareng tuh bawaannya seneng karna ketemu dia. Begitupun sebaliknya. Pagipagi tuh udah excited karna seharian bakalan kerja bareng. Dia bilang kalau dia seneng setiap kali aku bilang dia kaya adik aku sendiri. Jarang" ni bikin caption panjang begini wkwk cuma mau berbagi kebahagiaan, kalau jepang tuh isi nya engga cuma susah dan sedih. Banyak juga bahagia, canda tawa nya juga. Salah satu nya rasa syukur, sama hal apapun itu✨🕊️

♬ suara asli - Fadly lovers - Fadly lovers

Dalam video tersebut, terlihat sahabat wanda yang merupakan orang asli Jepang sangat kehilangan karena Wanda memutuskan untuk kembali ke Tanah Air. Lewat keterangan unggahannya Wanda ungkap jika ia sudah menganggap sahabatnya itu seperti adik sendiri.

Wanda menambahkan jika setiap hari berangkat bekerja selalu senang dan semangat karena bertemu dengan sahabat-sahabatnya. Tak hanya Wanda, sahabat Wanda yang orang asli Jepang pun merasakan demikian.

“Ga nyangka banget anak ini bakal nangis sebegitunya sama aku. Padahal baru kerja bareng" tuh sekitar setahunan gitu,” tulis Wanda di keterangan unggahannya.

Tak hanya satu video, Wanda unggah beberapa video momen perpisahan lainnya yang juga bikin warganet haru. Orang Jepang dikenal tulus dan pengertian, tak sedikit netizen yang ungkap ingin punya teman orang Jepang seperti Wanda.

3 dari 4 halaman

Kembali ke Tanah Air karena Kondisi Kesehatan

Banyak netizen yang bertanya-tanya alasan Wanda pulang, Wanda pun menjawab karena kondisinya kesehatannya menurun. Sempat dirawat di rumah sakit selama 9 hari dan tidak bisa bekerja setelah pulang dari rumah sakit, Wanda pun berpikir ulang untuk lanjut kerja di Jepang.

Dijelaskan, Wanda bekerja di Jepang sebagai kenshushei atau pekerja magang. Belum genap 3 tahun sebagai kenshu, Wanda harus pulang sebelum kontrak kerja berakhir, di mana kontrak kerjanya berakhir pada Desember 2023.

Melansir dari berbagai sumber, kenshushei merupakan program pemerintah Jepang untuk mempersiapkan pekerja profesional dan siap bekerja. Lantaran masih magang, kenshuushei dibayar dengan upah rendah.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video perpisahannya ditonton lebih dari 700 ribu kali, video Wanda ini viral sampai di Twitter. Video berdurasi 20 detik ini mendapatkan 110 ribu likes dari para pengguna TikTok dan ada sekitar 200 ribu komentar yang dibubuhkan.

“pasti dia merasa kehilangan bangettt, mungkin selama ini dia kesepian dan akhirnya nemu orang kyk kakak,” tulis salah satu netizen.

“karena banyak banget di Jepang yang introvert kalo uda kenal orang dan ditinggal rasanya kek sakit banget,” timpal netizen lain yang ungkap soal kepribadian orang Jepang.

“Sedih lah mreka...🤣 di jepang klo gk berteman dri kecil susah... ktmu orang indo friendly... 🤣,” tambah yang lainnya.

“ternyata pertemanan cewe di Japan emang mirip di animenya, friendship banget sampe segitunya. jd pengen puny temen orng japan🥰,” imbuh netizen yang akui persahabatan bareng orang Jepang sangat hangat.

“nangisnya aja sampe kaya gitu udah pasti nyesek banget🥺🥺,” tulis netizen yang juga merasakan apa yang dirasakan teman Wanda.