Sukses

Posisi Tidur Ini Ungkap Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana?

Tes Kepribadian: arti posisi tidurmu yang berhubungan dengan kepribadian aslimu.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu berpikir bahwa caramu  tidur dapat memberikan wawasan tentang kepribadian aslimu? Penelitian menunjukkan bahwa posisi tidur dapat mengungkapkan aspek tersembunyi dari sifat dan karaktermu. Apakah kamu tidur dengan posisi telentang, meringkuk seperti bayi, tengkurap, atau miring? 

Posisi tidur dapat mengungkapkan aspek tersembunyi dari kepribadian seseorang. Setiap posisi tidur memiliki interpretasi yang berbeda tentang kepribadian asli individu. Terdapat hubungan antara posisi tidur dan kepribadian yang telah diungkapkan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

Dengan memahami bagaimana posisi tidurmu dapat menggambarkan sifat-sifat unikmu, kamu dapat mendapatkan wawasan baru tentang dirimu sendiri dan cara berinteraksi dengan orang lain. Siapa tahu, kamu mungkin menemukan aspek kepribadian yang belum kamu sadari sebelumnya. 

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari arti posisi tidurmu yang berhubungan dengan kepribadian asli, dari jagranjosh.com pada Senin (17/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Posisi Tidur Punggung: Fokus, Pendiam, dan Kuat

Jika kamu tidur telentang, kepribadian tidurmu mengungkapkan bahwa kamu adalah individu yang fokus, pendiam, dan kuat. Kamu cenderung menghindari konflik dan keributan. Kamu memiliki standar yang tinggi dan lebih suka berbicara jujur daripada berbohong. Ketertiban dan struktur adalah hal yang kamu sukai.

Ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain merupakan ciri khasmu. Kamu cenderung memendam pikiranmu sendiri dan jarang bereaksi terlalu cepat dalam situasi apa pun. Optimisme adalah salah satu kekuatanmu, dan kamu menginginkan hidup yang penuh makna. Dalam sosial, kamu mungkin menjadi pusat perhatian dan memiliki kepribadian yang kuat.

Selain itu, terdapat dua varian posisi tidur klasik di bawah posisi tidur telentang:

  • Posisi Tidur Tentara: Jika kamu tidur dalam posisi prajurit dengan lengan dan kaki lurus, kamu memiliki standar yang sangat tinggi. Kamu tidak mudah membuka hati untuk orang lain, dan Anda selektif dalam memilih lingkaran dekat Anda.
  • Posisi Tidur Bintang Laut: Jika kamu tidur dalam posisi bintang laut dengan kaki dan tangan terentang, kamu menghargai persahabatan dan hubungan. Kamu adalah tipe pemberi yang mendengarkan cerita dan rasa sakit orang lain. Kamu cenderung empati dan suportif.
3 dari 5 halaman

2. Posisi Tidur Janin: Keras di Luar, Sensitif dan Pemalu di Dalam

Jika kamu tidur meringkuk seperti bayi dalam posisi tidur janin, kepribadian tidurmu mengungkapkan bahwa kamu memiliki sisi keras di dunia luar. Namun kamu adalah individu yang sensitif dan pemalu di dalam.

Kamu mungkin tertutup dan merindukan perlindungan, perawatan, dan pemahaman. Aktivitas kreatif seperti menulis, melukis, atau menyanyi memberimu wadah untuk mengekspresikan diri dan keinginan tersembunyi. Tidur dalam posisi ini membantu meredakan stres dan menyelesaikan masalah dalam kehidupanmu.

Kamu merasa nyaman dan aman di sekitar keluarga atau orang-orang yang dapat kamu percaya. Keramaian dan situasi sosial yang intens mungkin membuatmu merasa cemas atau kewalahan. Berbicara di depan umum atau berinteraksi dengan banyak orang juga bisa menjadi tantangan. Posisi tidur janin sering ditemukan pada orang yang sedang mengalami kecemasan atau fluktuasi emosi. Tertutup terhadap pengalaman baru dan rasa takut akan penolakan atau ditinggalkan adalah ciri khasmu.

4 dari 5 halaman

3. Tidur dengan Posisi Perut: Menyenangkan, Berpikiran Terbuka, dan Menginginkan Kendali

Jika kamu tidur tengkurap, kepribadian tidurmu mengungkapkan bahwa kamu adalah individu yang menyenangkan, berpikiran terbuka, dan suka bermain. Kamu cenderung menjadi orang yang jujur, tetapi kadang-kadang terlihat sedikit kasar. Kamu memiliki kejelasan yang luar biasa tentang apa yang kamu inginkan dari hidup. Kamu menampilkan semangat bebas dalam cara Anda menjalani kehidupan. Namun, di dalam, Anda mungkin merasa gugup atau cemas. Anda suka memiliki kendali atas segala hal dan mungkin kesulitan dalam menghadapi kritik secara konstruktif.

Kamu juga adalah tipe yang keras kepala, petualang, suka mengambil risiko, dan sangat optimis. Kamu selalu melihat sisi terang dari setiap kesulitan dan memiliki rasa syukur yang tinggi. Menurut penelitian tidur, orang yang tidur tengkurap juga dapat cenderung impulsif, merasa tidak aman, atau kurang percaya diri. Namun, mereka mahir menyembunyikan emosi negatif.

Selain itu, jika kamu tidur dalam posisi terjun bebas dengan tangan menggapai bantal atau berada dalam posisi tidur skydiver, kamu digambarkan sebagai sosok yang siap petualangan. Kamu senang berada di luar ruangan dan tidak suka dikritik. Orang harus membuatmu merasa dihargai jika mereka ingin meminta sesuatu darimu.

5 dari 5 halaman

4. Posisi Tidur Menyamping: Santai, Sosial, dan Percaya

Kepribadian tidur miring mengungkapkan bahwa kamu adalah individu yang santai dan sosial. Kamu dengan mudah bisa memulai percakapan dengan siapa pun, bahkan di kereta bawah tanah. Namun, kamu cenderung menjadi diri sejati di hadapan kelompok dekat. Kamu memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, yang membuatmu terlihat mudah dipengaruhi. Meskipun orang hanya sedikit yang tahu tentangmu, kamu sangat mempertimbangkan segalanya dan mungkin lambat dalam membuat keputusan.

Jika kamu tidur dengan posisi miring memeluk bantal atau dengan kaki saling berselang, itu disebut posisi tidur memeluk bantal. Posisi ini menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang peduli. Kamu merasa paling nyaman dan menjadi diri sendiri di sekitar keluarga atau teman dekat. Kamu mengutamakan hubungan dengan keluarga, teman, dan pasangan di atas segalanya. Kamu bukanlah pecandu kerja dan lebih suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kamu cintai. Kamu memiliki orientasi keluarga yang kuat, setia kepada orang yang disayangi, dan senang merawat orang-orang di sekitar.

Jika tidur miring dengan tangan terentang, itu disebut posisi tidur Yearner. Posisi tidur ini menunjukkan keinginan untuk memiliki koneksi dan hubungan yang tulus. Kamu cenderung skeptis dan lambat membuka diri, tetapi sangat mendambakan cinta. Kamu sering terbagi antara keinginan untuk mencoba hal-hal baru dan ketakutan akan terluka. Kamu memiliki kecenderungan yang rasional, menerima perubahan dengan mudah, dan lambat dalam mengambil keputusan. Namun, setelah membuat keputusan, kamu menjadi tegas.

Jika kamu tidur miring dengan kaki lurus dan lengan di samping, itu disebut posisi tidur log. Posisi tidur ini menggambarkanmu sebagai individu yang mudah bergaul, terbuka terhadap pengalaman baru, dan tangguh di luar, tetapi manis dan ramah untuk diajak bicara. Kamu mudah beradaptasi, dan bergaul dengan siapa saja.

Mengetahui kepribadian tidurmu tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang diri dan membantu meningkatkan interaksi sosial. Jadi, mulailah memperhatikan posisi tidur dan temukan aspek tersembunyi dari kepribadian asli melalui tidur yang nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.