Sukses

Yassarallah Artinya "Semoga Allah Memudahkan," Simak Kumpulan Doa Minta Kemudahan

Yassarallah artinya adalah sebuah doa atau permohonan agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam berbagai macam urusan.

Liputan6.com, Jakarta Yassarallah artinya adalah sebuah doa atau permohonan agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam berbagai macam urusan. Secara bahasa, yassarallah artinya mudah. Ini karena yassarallah berasal dari kata dalam bahasa Arab "yassir" yang berarti mudah.

Kata yassir tersebut ditambahkan dengan kata Allah, sehingga membentuk yassarallah. Jadi yassarallah artinya adalan semoga Allah SWT memudahkan. Maka tidak mengherankan jika ungkapan yassarallah artinya adalah sebuah doa agar Allah SWt memudahkan segala urusan.

Yassarallah artinya bahkan lebih dari itu. Yassarallah artinya juga bisa dipahami sebagai sebuah bentuk refleksi bahwa kekuasaan Allah SWT sangatlah besar, dan tidak ada urusan yang begitu besar di hadapan-Nya, sehingga bisa memudahkan segala urusan.

Untuk memahami yassarallah artinya apa secara lebih mendalam, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, rabu (19/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yassarallah Artinya Apa?

Yassarallah artinya semoga Allah SWt memudahkan. Itu berasal dari kata yassir yang berarti mudah. Secara istilah, yassarallah artinya semoga Allah memudahkanmu.

Ucapan doa ini dapat diberikan kepada siapa pun dan dalam segala kondisi, terutama kepada sesama Muslim. Contohnya, ketika seorang teman akan mengikuti ujian kerja, kita dapat memberikan doa yassarallah sebagai dukungan.

Selain itu, seseorang juga dapat menggunakan ucapan sahhalallah lanal khaira haitsuma kunna, yang berarti semoga Allah memudahkan kita dalam melakukan kebaikan di mana pun kita berada. Allah, sebagai Dzat Yang Maha Memudahkan, memiliki kehendak untuk meringankan beban manusia.

Yassarallah artinya adalah semoga Allah SWT memudahkanmu. Selain sebagai doa, ucapan tersebut juga mengandung hikmah bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan untuk memudahkan untuk memudahkan urusan hamba-Nya.

3 dari 4 halaman

Perintah untuk Memudahkan Urusan Orang Lain

Tidak hanya itu, yassarallah artinya semoga Allah SWT memudahkanmu juga mengajarkan kita sebagai muslim juga untuk memudahkan urusan orang lain. hal ini didasarkan pada hadis berikut,

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: "Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat. Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya" (HR. Muslim).

Hadis tersebut menjelaskan, jika kita menyadari bahwa sebenarnya kita memiliki kemampuan untuk membantu orang lain dalam kesulitan, maka segera lakukanlah, segera memberikan pertolongan. Terutama jika orang tersebut telah meminta bantuan kepada kita.

Karena pertolongan yang kita berikan memiliki nilai yang sangat berarti bagi orang yang sedang mengalami kesulitan. Bayangkanlah bagaimana perasaan kita jika berada dalam posisi yang membutuhkan pertolongan dari orang lain. Dan sungguh, Allah SWT sangat mencintai orang yang berupaya memberikan kebahagiaan kepada orang lain dan mengurangi kesulitan mereka.

4 dari 4 halaman

Kumpulan Doa agar Diberi Kemudahan

Yassarallah artinya adalah semoga Allah SWt memudahkan urusan. Dengan kata lain, yassarallah adalah salah satu bentuk doa singkat untuk memohon kemudahan kepada Allah SWT. Selain itu, masih ada beberapa doa untuk memohon kepada Allah SWT, agar diberi kemudahan urusan dan hajat, antara lain sebagai berikut:

1. Doa Meminta Pertolongan

Yassarallah artinya adalah semoga Allah SWt memudahkan urusan, namun untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT, kita bisa membaca doa dimudahkan segala urusan dan hajat berikut ini,

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya."

2. Doa Dimudahkan Urusan yang Dibaca Nabi Musa AS

Berikut adalah doa dimudahkan segala urusan dan hajat yang pernah dibaca Nabi Musa AS,

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy ra'hlii shodrii wassirlii amrii, wa'hlul u'qdatam millisaanii yafqohuu qoulii.

Artinya:  Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Taha: 25-28)

3. Doa Dimudahkan dalam Pekerjaan

Agar pekerjaan kita juga menghasilkan keberkahan, hendaknya kita juga memohon kepada Allah SWT dengan membaca doa dimudahkan segala urusan dan hajat berikut ini,

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du'aa'i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."

4. Doa Dimudahkan dalam Meraih Kesuksesan

Selain melibatkan rekan kerja, penting juga melibatkan campur tangan Allah SWT dalam pekerjaan dengan membaca doa dimudahkan segala urusan dan hajat berikut ini,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَسْأَلَةِ وَخَيْرَ الدُّعَاءِ وَخَيْرَ النَّجَاحِ وَخَيْرَ الْعِلْمِ وَخَيْرَ الْعَمَلِ وَخَيْرَ الثَّوَابِ وَخَيْرَ الْحَيَاةِ وَخَيْرَ الْمَمَاتِ وَثَبِّتْنِى وَثَقِّلْ مَوَازِيْنِى وَحَقِّقْ إِيْمَانِى وَارْفَعْ دَرَجَتِى وَتَقَبَّلْ صَلاَتِى وَاغْفِرْ خَطِيْئَاتِى وَأَسْأَلُكَ الْعُلاَ مِنَ الْجَنَّةِ

Allahumma innii as aluka khairal mas alati wa khairad du'aai wa khairan najaahi wa khairal 'amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa' darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil 'ulyaa fil jannati.

Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.