Sukses

Tipe Travelmu Saat Liburan Ungkap Sifat Aslimu, Spontan Atau Terencana?

Penjelasan tentang kepribadianmu berdasarkan tipe traveler yang kamu lakukan saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan adalah waktu yang menarik bagi setiap orang, karena saat itulah kepribadian kita dapat bersinar dengan lebih jelas. Dari pelancong spontan yang selalu siap untuk petualangan, hingga perencana teliti yang mengatur setiap langkahnya dengan hati-hati, cara kita berperilaku saat bepergian dapat mengungkapkan banyak tentang tipe kepribadian yang dimiliki.

Kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi berbagai tipe kepribadian bepergian, dari pencari sensasi yang selalu mencari pengalaman menarik hingga pecinta budaya yang tertarik pada kekayaan budaya di setiap tempat yang dikunjungi.

Dengan memahami tipe kepribadian Anda saat bepergian, Anda dapat lebih menikmati setiap perjalanan dan membuat pengalaman bepergian Anda menjadi lebih berarti. Tak peduli apa tipe kepribadian Anda, setiap perjalanan akan memberikan wawasan dan kebahagiaan yang berbeda, sehingga membuat Anda semakin mengenal diri sendiri dan dunia di sekitar Anda. 

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari jagranjosh.com pada Sabtu (22/7/2023). Penjelasan tentang kepribadianmu berdasarkan tipe traveler yang kamu lakukan saat liburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Traveler Spontan

Pelancong spontan seperti rakit di tengah badai laut; mereka pergi ke mana pun ombak membawa mereka. Jika Anda adalah orang seperti itu, Anda tidak suka membuat rencana dan membatasi diri dengan batasan waktu. Anda sering terlambat dan selalu bepergian. Anda mengalami kesulitan untuk menetap dalam skenario apa pun, baik itu pekerjaan, pertemanan, atau hubungan, dan selalu mencari sesuatu yang baru. Anda tidak terlalu memikirkan banyak hal dan muncul begitu saja jika Anda ingin melakukan sesuatu.

3 dari 8 halaman

2. Overthinker Neurotik

Apakah Anda suka bepergian tetapi tidak bisa berhenti khawatir? Ini adalah tipe kepribadian perjalanan yang umum dan ditemukan pada banyak orang. Jika Anda mengidentifikasi sebagai pemikir berlebihan yang neurotik, Anda membuat rencana cadangan untuk rencana cadangan. Anda khawatir dimakan oleh binatang buas atau terjebak dalam tanah longsor. Anda khawatir akan kehilangan paspor dan tidak pernah kembali ke rumah.

Anda bahkan khawatir bahwa Anda akan dikunci di kamar Anda dan tidak ada yang akan menemukan Anda. Saat Anda menikmati bepergian, pemikiran berlebihan Anda terkadang dapat mengganggu kesenangan Anda. Cara terbaik bepergian untuk orang-orang seperti itu adalah dengan pasangan atau dalam kelompok sehingga mereka bisa bersantai.

4 dari 8 halaman

3. Perencana yang Teliti

Ada perbedaan antara overthinker dan perencana. Yang pertama terlalu khawatir, sedangkan yang terakhir suka mengatur. Jika Anda seorang perencana yang teliti, Anda suka membuat daftar, mengatur meja Anda, dan membuat rencana perjalanan dan dengan sepenuh hati mengikutinya. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa perencanaan menghilangkan kesenangan bepergian, tetapi itu tidak sepenuhnya benar.

Jika Anda seorang perencana, bukan berarti Anda tidak menghargai kesenangan; itu berarti Anda lebih menghargai waktu dan suka membuat rencana sebelumnya. Aturan ini juga berlaku untuk pekerjaan dan hubungan Anda.

5 dari 8 halaman

4. Introvert Yang Santai

Apakah Anda lebih suka bepergian sendirian dan menghindari tujuan wisata yang ramai? Kemungkinan Anda adalah tipikal introvert. Anda suka menikmati alam, berjalan-jalan sendirian, dan menikmati ketenangan tempat-tempat indah. Anda tidak anti-sosial atau gugup di sekitar orang lain, tetapi terlalu nyaman dengan diri Anda sendiri sehingga Anda bisa bersenang-senang sendiri. Anda memiliki kepribadian yang santai dan tetap riang. Tetapi Anda juga sering menderita serangan rasa percaya diri yang rendah. Anda kreatif, empati, dan meluangkan waktu untuk terbuka kepada orang lain.

 
6 dari 8 halaman

5. Ekstrovert Berjiwa Bebas

Jika Anda dengan sengaja memilih bepergian dalam kelompok atau memesan hostel alih-alih satu kamar, Anda adalah seorang ekstrovert. Anda suka bertemu orang baru dan berteman. Anda memiliki kepribadian yang menarik, penuh kehangatan dan humor, yang membuat semua orang merasa nyaman di sekitar Anda.

Anda suka bergaul di pesta dan merupakan pencari perhatian. Anda juga memiliki keterampilan kepemimpinan yang hebat di tempat kerja dan cenderung menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang berpikiran sama. Saat bepergian, Anda melakukan banyak hal saat bepergian dan tidak tahan tidak berbicara dengan penduduk setempat.

7 dari 8 halaman

6. Pencari Sensasi

Pencari sensasi bepergian hanya untuk merasa hidup. Mereka suka menjelajah dan mengambil risiko. Prioritas pertama mereka adalah kesenangan. Jadi, tempat-tempat bersejarah atau situs keagamaan cenderung tidak boleh dikunjungi oleh orang-orang seperti mereka yang bosan. Jika Anda juga seorang pencari sensasi, kemungkinan besar Anda memilih tujuan perjalanan berdasarkan seberapa banyak kesenangan yang bisa Anda dapatkan di sana. Anda ekstrovert dan suka tetap aktif. Tujuan impian Anda termasuk terjun payung, bungee jumping, dan arung jeram.

8 dari 8 halaman

7. Pecinta Budaya

Pecinta budaya melakukan perjalanan karena ketertarikan pada budaya lain. Tempat pertama yang Anda kunjungi saat dalam perjalanan mungkin adalah museum atau situs bersejarah daripada pantai. Anda suka menjelajahi tempat-tempat secara mendalam daripada hanya mengunjungi tempat-tempat wisata terbaik dan kemudian pulang. Anda suka berbicara dengan penduduk setempat, menikmati masakan lokal, dan melintasi jalan-jalan yang kurang dikenal. Anda sangat imajinatif, sadar sosial, dan senang memikirkan konsep-konsep abstrak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.