Sukses

Proposal Pembangunan Masjid Lengkap dengan Struktur dan Contohnya

Proposal pembangunan Masjid bisa dibuat dengan singkat dan padat.

Liputan6.com, Jakarta Proposal pembangunan Masjid perlu dipahami oleh umat Islam. Proposal pembangunan masjid biasanya berupa rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Biasanya proposal ini dibuat untuk kebutuhan mendapatkan dana.

Proposal pembangunan Masjid dibagikan kepada pihak-pihak yang berpotensi menyumbang dana untuk pembangunan masjid. Pembuatan proposal untuk pengajuan dana sangat penting dilakukan. Hal ini membantu calon donatur dalam mengetahui rincian anggaran hingga bentuk desain pembangunan masjid.

Proposal pembangunan Masjid bisa dibuat dengan singkat dan padat. Proposal pembangunan masjid ini biasanya berisikan pendahuluan, dasar hukum, maksud dan tujuan, nama dan tempat kegiatan, jenis kegiatan, pelaksana kegiatan, sumber dana, anggaran biaya, kepengurusan, dan penutup. 

Dalam proposal juga dapat ditambahkan lampiran sebagai pendukung. Misalnya, lampiran rincian anggaran biaya, rancangan masjid, dan lain sebagainya. Berikut Liputan6.com rangkum dari resik.tasikmalaya.go.id via islami.liputan6.com, Jumat (4/8/2023) tentang proposal pembangunan Masjid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proposal Pembangunan Masjid

Proposal pembangunan masjid adalah proposal berupa rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Biasanya proposal ini dibuat untuk kebutuhan mendapatkan dana. Proposal pembangunan masjid bertujuan agar para calon donatur dapat mengetahui rincian anggaran hingga bentuk desain pembangunan masjid.

Sebenarnya dalam meminta bantuan dana memang bisa saja tanpa proposal. Namun, kelemahannya calon donatur tidak mengetahui secara detail perihal pembangunan masjid dan kebutuhannya, padahal itu sangat penting. Datang tanpa proposal juga bisa membuat calon pemberi dana tidak yakin dengan pembangunan masjid. Akhirnya muncul dugaan-dugaan yang kurang baik, meskipun pembangunan masjid itu benar adanya.

Proposal pembangunan Masjid tentunya perlu dibuat sesuai dengan strukturnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa membuat proposal pembangunan Masjid dengan singkat dan padat. Terpenting, proposal pembangunan Masjid tersebut berisikan data-data yang lengkap.

3 dari 4 halaman

Struktur Proposal Pembangunan Masjid

Proposal pembangunan Masjid tidak begitu sulit dibuat, apalagi sudah banyak contohnya yang bisa kamu lihat di Internet. Proposal pembangunan masjid ini biasanya berisikan pendahuluan, dasar hukum, maksud dan tujuan, nama dan tempat kegiatan, jenis kegiatan, pelaksana kegiatan, sumber dana, anggaran biaya, kepengurusan, dan penutup. 

Dalam proposal juga dapat ditambahkan lampiran sebagai pendukung. Misalnya, lampiran rincian anggaran biaya, rancangan masjid, dan rincian lain yang dibutuhkan oleh calon donatur nantinya.

Proposal pembangunan masjid ini biasanya berisikan:

  1. Pendahuluan
  2. Dasar hukum
  3. Maksud dan tujuan
  4. Nama dan tempat kegiatan
  5. Jenis kegiatan
  6. Pelaksana kegiatan
  7. Sumber dana
  8. Anggaran biaya
  9. Kepengurusan
  10. Penutup
  11. Lampiran, seperti lampiran rincian anggaran biaya, rancangan masjid, dan lain sebagainya.
4 dari 4 halaman

Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Berikut contoh proposal pembangunan Masjid:

A. PENDAHULUAN

Masjid adalah pusat ibadah dan pembinaan mental umat Islam, oleh karena itu keberadaannya mutlak sangat diperlukan guna membentuk masyarakat yang beriman, berakhlak mulia dengan tujuan akhir mendapatkan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. 

Berangkat dari sinilah kami Pengurus Yayasan …. mengemban amanah dari masyarakat yang sangat prihatin dengan kondisinya yang kurang nyaman untuk kegiatan peribadahan sehingga dengan upaya maksimal bermaksud membangun/merehab kembali Masjid Jami’ … ini agar mampu menampung jama’ah lebih banyak, juga dapat sebagai sarana belajar Agama Islam seperti pengajian dan kegiatan lainnya.

B. DASAR HUKUM

1. Al-Qur’an dan Al-Hadits 

2. Pancasila dan UUD 1945 

3. AD/ART Yayasan …

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan adalah membangun dan mendirikan: 

1. Masjid Jami … sebagai sarana ibadah yang layak dan nyaman 

2. Menciptakan sarana pendidikan 

3. Membangun sarana dan prasarana aktivitas religius kemasyarakatan

D. NAMA DAN TEMPAT KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah Pembangunan Masjid Jami’ …. Adapun tempatnya berlokasi di Jalan ….

E. JENIS KEGIATAN

Adapun jenis kegiatannya antara lain: 

1. Pekerjaan persiapan 

2. Pekerjaan tanah 

3. Pekerjaan plafon 

4. Pekerjaan pasangan 

5. Pekerjaan kusen 

6. Pekerjaan alat gantung 

7. Pekerjaan kayu/atap

8. Pekerjaan langit-langit 

9. Pekerjaan listrik 

10. Pekerjaan pengecatan

F. PELAKSANAAN KEGIATAN 

Pelaksanaan kegiatan pembangunan Masjid Jami’ … tengah dilaksanakan dari bulan … sampai dengan sekarang. 

G. SUMBER DANA 

Adapun sumber dana yang diharapkan didapat dari: 

1. Bapak Wali Kota/Bupati … 

2. Sumbangan swadaya masyarakat 

3. Para donatur 

4. Sumber dana lain yang halal dan tidak mengikat 

H. ANGGARAN BIAYA 

Adapun rencana anggaran biaya sebesar Rp. ……… dengan rincian rencana anggaran biaya sebagaimana terlampir. 

I. KEPENGURUSAN 

Susunan kepengurusan terlampir. 

J. PENUTUP 

Hanya rasa syukur yang tak terhingga atas tersusunnya proposal ini serta ucapan ribuan terima kasih atas segala bantuan Bapak demi terlaksananya Pembangunan Masjid … yang menjadi dambaan kami dan khususnya ummat islam pada umumnya. Jazakumullah khairan katsiran. 

Tanda tangan ketua dan sekretaris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.