Sukses

Transparansi Adalah Keadaan Jelas dan Terbuka, Pahami Pengertian serta Contohnya

Transparansi adalah keterbukaan dalam melakukan segala kegiatan organisasi.

Liputan6.com, Jakarta Transparansi adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah ini tentunya sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang, pasalnya kerap disebut dalam berita di televisi. Hal ini terutama berkaitan dengan pemerintahan.

Namun, transparansi tidak penggunaannya tidak hanya terbatas pada pemerintahan saja. Istilah transpartansi ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang optik, hingga komputer. Penggunaannya secara umum biasanya berkaitan dengan bidang keuangan maupun manajemen.

Transparansi adalah keterbukaan dalam melakukan segala kegiatan organisasi. Hal ini dapat berupa keterbukaan informasi, komunikasi, bahkan dalam hal budgeting. Hal ini terutama dalam bidang politik atau pemerintahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2023) tentang transparansi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Makna Penggunaan Transparansi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transparansi adalah keadaan nyata, jelas, jernih. Transparansi adalah sebuah istilah yang berasal dari kata transparan yang berarti terbuka. Mengutip dari laman PPID Pamekasan, transparansi adalah suatu hal yang tidak ada maksud tersembunyi di dalamnya, disertai dengan ketersediaan informasi yang lengkap yang diperlukan untuk kolaborasi, kerjasama, dan pengambilan keputusan kolektif.

Transparansi adalah sesuatu hal yang nyata, jelas, terbuka, dan dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya. Dalam hal ini, transparansi adalah kata yang lebih ditekankan sebagai sebuah bentuk tindakan atau sikap yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap pihak atau orang lain yang berkepentingan pada sebuah hal yang mereka kerjakan.

Transparansi adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan dan diwajibkan untuk dilakukan di dalam institusi atau setiap lembaga publik yang memiliki kepentingan terhadap orang banyak. Transparansi adalah hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan awal terhadap setiap tindakan yang telah atau akan diambil di dalam institusi tersebut. Jadi, transparansi adalah kondisi di mana aturan dan alasan di balik langkah-langkah pengaturannya bersifat bebas, jelas, dan terbuka.

3 dari 5 halaman

Transparansi dalam Politik dan Pemerintahan

Dalam bidang politik, transparansi adalah keterbukaan dalam melakukan segala kegiatan organisasi. Hal ini terutama berupa keterbukaan informasi, komunikasi, bahkan dalam hal budgeting.

Melansir dari perpustakaan.poltektegal.ac.id, menurut Mardiasmo (dalam Rahmanurrasjid, 2008: 84), transparansi berarti keterbukaan (openness) pemerintah dalam memberikan informasi yang terkait dengan aktivitas pengelolaan sumber daya publik kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi.

Pemerintah berkewajiban memberikan informasi keuangan dan informasi lainnya yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Transparansi adalah sebuah langkah yang dilakukan oleh sebuah organisasi baik organisasi pemerintah maupun non-pemerintah dengan mempublikasikan informasi baik informasi keuangan atau informasi lainnya yang ditujukan bagi setiap orang untuk dapat mengakses dan mengetahui setiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

Dalam hal ini, transparansi memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi setiap pihak yang membutuhkan data informasi tersebut untuk dapat menerimanya dengan sebenar-benarnya. Dalam konteks akuntansi pemerintahan, transparansi menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan bagi setiap organisasi pemerintah dengan cara mempublikasikan setiap kegiatan transaksi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

Hal ini dilakukan atas prinsip keterbukaan publik sehingga setiap elemen masyarakat bebas mengakses informasi yang ada. Transparansi dalam organisasi pemerintah berperan sangat penting untuk menghindari tindak pidana korupsi, kolisi, dan nepotisme (KKN) yang kerap dilakukan oleh oknum pejabat pemerintah yang tidak bertanggungjawab baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

4 dari 5 halaman

Contoh Transparansi

Contoh transparansi adalah sebagai berikut:

1. Transparansi keuangan

Dalam bidang keuangan, transparansi adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan di dalam sebuah institusi atau lembaga publik. Hal ini karena keuangan merupakan sektor paling riskan yang mungkin akan diselewengkan.

Transparansi keuangan dilakukan dengan tujuan menghindari terjadinya korupsi serta menjaga kepercayaan antara pihak-pihak yang berkepentingan di dalam sebuah institusi atau lembaga.

2. Tranparansi manajemen

Dalam manajemen, transparansi adalah suatu hal yang dilakukan untuk menjaga siklus kerja yang sehat di dalam sebuah institusi atau lembaga publik. Transparansi dalam manajemen memiliki tujuan untuk mencegah terjadinya nepotisme serta memimalisir adanya tenaga kerja atau bidang yang tidak potensial di dalam institusi tersebut.

5 dari 5 halaman

Pengertian Transparansi dalam Berbagai Bidang Lainnya

Transparansi adalah istilah yang dapat mengacu pada beberapa hal dalam berbagai macam bidang. Sebelumnya kamu telah memahami pengertian transparansi dalam bidang politik, yaitu berarti keterbukaan dalam melakukan segala kegiatan organisasi, dapat berupa keterbukaan informasi, komunikasi, bahkan dalam hal budgeting.

Seperti yang diketahui, transparansi dalam KBBI memiliki beberapa pengertian. Salah satunya, transparansi adalah perihal tembus cahaya. Selain itu, transparansi juga memiliki makna sebagai barang (plastik dan sebagainya) yang tembus cahaya yang dipakai untuk menayangkan tulisan (gambar) pada layar proyektor.

Transparansi juga bisa dimaknai dalam berbagai bidang lainnya, di antaranya:

1. Transparansi dalam dunia optik

Dalam dunia optik, transparansi adalah keadaan yang memungkinkan cahaya untuk menembusinya. Benda-benda yang memiliki keadaan transparansi ini disebut transparan.

2. Transparansi dalam bidang komputasi

Dalam bidang komputasi, transparansi terutama berkaitan dengan sistem terdistribusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.