Sukses

URL adalah Singkatan dari Uniform Resource Locator, Kenali Fungsi dan Bagian-bagiannya

URL adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa, dan sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta URL adalah istilah yang mungkin masih belum familier di telinga sebagian orang. Bahkan, bagi beberapa orang yang sudah cukup sering mendengar istilah ini, mungkin saja belum mengetahui apa artinya. URL berhubungan dengan aktivitas menggunakan internet.

Dalam internet, URL memiliki peranan sangat penting sehingga pengguna internet dapat mencari berbagai hal yang diinginkan. URL juga berfungsi untuk mengenali dokumen pada website hingga memudahkan pengguna untuk langsung mengakses file di internet dengan alamat yang tepat.

URL adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa, dan sebagainya.URL memiliki bentuk berupa rangkaian karakter yang terdiri dari format dengan standar tertentu. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan bentuk URL ini saat menggunakan internet, di mana salah satu contoh URL adalah https://www.liputan6.com/.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/8/2023) tentang URL adalah.

2 dari 5 halaman

URL adalah

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. URL adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa dan sebagainya. URL adalah alamat web yang mengarah ke website, halaman web, atau dokumen tertentu di internet. URL adalah alamat web yang berfungsi sebagai penunjuk alamat dari sebuah sumber daya di internet, baik berupa file teks, gambar, dokumen, dan lainnya.

URL adalah rangkaian karakter yang terdiri dari format dengan standar tertentu. URL adalah alamat web yang memungkinkan kamu mengakses informasi dari komputer atau lokasi online, seperti web server atau penyimpanan cloud.

URL adalah alamat web yang mempunyai peranan penting dalam internet dikarenakan membuat pengakses internet dapat mencari berbagai hal yang diinginkan. Beberapa fungsi URL lainnya yakni memberi nama dokumen pada website, mengenali dokumen pada website, dan memudahkan pengguna untuk langsung mengakses file di internet dengan alamat yang tepat.

URL adalah istilah yang berbeda dengan domain, di mana domain adalah nama situs, sementara URL akan mengarahkan pengguna ke salah satu halaman dalam situs tersebut. Setiap URL berisi nama domain, serta komponen lain yang diperlukan untuk menemukan halaman atau konten tertentu.

3 dari 5 halaman

Fungsi URL

Peran URL sangat penting dalam penggunaan internet, karena memungkinkan kamu mengakses internet untuk mencari berbagai macam hal yang diinginkan. Melansir laman Bakti Kominfo, fungsi URL adalah sebagai berikut:

  1. Memberi nama pada dokumen yang ada di dalam sebuah website.
  2. Memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengingat alamat dari dokumen yang dicari.
  3. Mengenali dokumen dalam website.
  4. Memudahkan pengguna untuk mengakses dan mencari file di internet dengan alamat yang tepat, karena alamat yang ada di internet sangat banyak jumlahnya.
4 dari 5 halaman

Bagian-Bagian URL

Setelah memahami pengertian dan juga fungsi URL, kamu tentunya perlu memahami bagian-bagian dari URL ini. URL terdiri dari empat bagian yang digabungkan menjadi sebuah struktur. Keempat bagian dari URL adalah sebagai berikut:

1. Domain

Domain merupakan nama dari situs atau yang menunjukkan alamat situs. Domain terdiri dari dua jenis, gratis dan berbayar. Contoh dari domain berbayar adalah .com, .net, .info, sedangkan yang gratis contohnya adalah blogger.com. Domain adalah nama situs, sementara URL akan mengarahkan pengguna ke salah satu halaman dalam situs tersebut. Setiap URL berisi nama domain.

2. Protokol

Bagian dari URL selanjutnya adalah protokol. Protokol adalah bagian terpenting yang memudahkan pembaca untuk membuka tautan tanpa harus menuliskan ulang pada browser. Protokol biasanya disingkat menjadi http (Hypertext Transfer Protocol).

3. Direktori

Direktori merupakan salah satu bagian dari URL. Direktori adalah sebuah kategori dalam sebuah website yang biasanya diletakkan di akhir domain. Contoh: https://namadomain.com/ini-url-direktori.

4. Nama Host Komputer

Bagian dari URL yang terakhir adalah nama host komputer atau yang biasa disebut dengan World Wide Web (www). Namun nama ini tidak harus selalu digunakan. Ada website yang menggunakannya dan ada juga yang tidak.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis URL

Setelah mengetahui bagian-bagian dari URL, kamu juga perlu memahami jenis-jenisnya. URL terdiri dari dua jenis, yakni URL Relatif dan URL Absolut. Berikut penjelasan mengenai URL Relatif dan URL Absolut:

1. URL Relatif

URL relatif menentukan alamat berdasarkan alamat yang sedang aktif pada saat itu. Susunan alamatnya tidak baku dan hanya merujuk pada dokumen yang sedang dibuka. Contoh URL relatif yaitu sebagai berikut:

Laman aslinya berupa http://mysite.example.com/landing.html. Variasinya bisa berupa /var1.html atau /var2.html.

2. URL Absolut

URL absolut adalah URL yang memiliki alamat yang disertai dengan domain dan lokasi dokumen dengan format domain-direktori-domain. Format tersebut mengandung arti di mana setiap halaman di dalam sebuah domain terdiri dari direktori yang berisi dokumen.

Contoh URL absolut yaitu:

Laman aslinya adalah http://mysite.example.com/landing.html. Variasinya bisa dua macam, yaitu http://mysite.example.com/var1.html dan http://mysite.example.com/var2.html.