Sukses

Sinergi Adalah Bentuk Kolaborasi, Pahami Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Sinergi adalah bentuk integrasi antara dua elemen untuk mencapai hasil yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta Sinergi adalah kekuatan kuat yang timbul dari kolaborasi dan integrasi, antara berbagai elemen. Dalam dunia yang semakin kompleks dan saling terhubung, pemahaman tentang sinergi sangat penting. Dengan menggabungkan berbagai keahlian, ide, dan sumber daya, sinergi membantu menciptakan hasil yang lebih besar, daripada jumlah bagian-bagian individu. 

Sinergi adalah interaksi dua bagian yang bekerja sama, untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari komponen aslinya. Menciptakan sinergi di tempat kerja dapat membantu organisasi dengan menggabungkan upaya, dan perusahaan mungkin menyadari bahwa berkolaborasi lebih baik daripada bekerja sendiri.

Sinergi adalah konsep yang merujuk pada hasil atau efek yang lebih besar, lebih kuat, atau lebih signifikan yang terjadi ketika dua atau lebih elemen bekerja bersama, daripada yang dapat dicapai oleh elemen-elemen tersebut jika bekerja secara terpisah.

Dalam konteks ini, sinergi menciptakan nilai tambah atau kekuatan yang timbul dari kolaborasi dan interaksi yang harmonis antara elemen. Berikut ini jenis-jenis sinergi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/8/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian

Secara etimologis, istilah “sinergi” pertama kali digunakan sekitar tahun 1600, dan berasal dari kata Yunani “synergos” yang berarti “bekerja bersama-sama” atau “bekerja sama”. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinergi didefinisikan sebagai kegiatan atau operasi gabungan. Dalam hal ini, sinergi dapat di maknai sebagai bentuk kerjasama yang dilakukan melalui kolaborasi masing-masing pihak.

Menciptakan sinergi juga berarti saling menghormati, dan bersedia berbagi perbedaan pendapat dan rencana. Dengan kata lain, jangan egois dalam menjalin sinergi, tapi berpikirlah sedemikian rupa sehingga kita menang bersama dan tidak ada pihak yang tersinggung atau dirugikan. Pada dasarnya tujuan sinergi adalah menghubungkan bagian-bagian individu satu sama lain. 

Sinergi adalah kerja sama dua bagian atau lebih, dimana upaya gabungan lebih besar dibandingkan efektivitas masing-masing bagian saja. Hal ini mengacu pada bagaimana dua atau lebih perusahaan dapat bekerja sama, untuk menghasilkan hasil yang lebih baik atau lebih efektif dibandingkan hasil apa pun, yang dapat mereka capai sendiri. Sinergi seringkali menjadi motivasi utama di balik upaya merger. Para pemegang saham bisa mendapatkan keuntungan dari sinergi, karena harga saham pasca-merger sering kali meningkat karena pengaruh sinergi terhadap kesepakatan.

Anda dapat mencapai sinergi melalui faktor-faktor seperti gabungan bakat, gabungan teknologi, proses yang disederhanakan yang memungkinkan pengurangan biaya dan peningkatan pendapatan. Sinergi negatif juga bisa terjadi. Dalam situasi di mana terdapat sinergi negatif, orang atau organisasi dapat mencapai lebih banyak jika mereka bekerja secara mandiri, dibandingkan jika mereka bekerja sama. Contohnya adalah ketika sebuah tim terlalu bersosialisasi, dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi dan tidak cukup waktu untuk bekerja.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis

Sinergi adalah suatu konsep, yang menggambarkan interaksi dua variabel atau lebih secara bersamaan untuk mencapai hasil yang lebih baik, dibandingkan dengan hasil yang diperoleh secara individual. Konsep sinergi dapat diterapkan pada berbagai bidang kehidupan dan bisnis. Dan berikut beberapa jenis sinerginya:

Sinergi Manusia

Sinergi manusia mengacu pada interaksi dan kerjasama manusia dengan manusia lainnya. Sinergi biasanya muncul ketika dua orang atau lebih dengan keterampilan/kemampuan berbeda, saling melengkapi dan bekerja sama. Misalkan orang A terlalu kecil, untuk memetik apel dari pohon dan orang B terlalu kecil.

Namun, ketika orang B duduk di bahu orang A, mereka menjadi cukup tinggi untuk mengambil apel tersebut. Dalam contoh ini, bentuk sinergisnya ada pada apel. Contoh lainnya adalah kasus dua politisi, yang masing-masing mampu mengumpulkan satu juta suara. Namun ketika keduanya digabungkan, mereka berhasil mengumpulkan 2,5 juta suara. Dengan kata lain, sinergi mereka menghasilkan 500 suara lebih banyak dibandingkan jika masing-masing bekerja secara individual. 

Sinergi Perusahaan

Dalam konteks bisnis, sinergi adalah konsep bahwa nilai dan kinerja dua perusahaan akan mencapai hasil yang lebih baik, jika kerja secara bersama-sama dibandingkan hasil secara mandiri. Sinergi adalah istilah yang umum digunakan dalam merger dan akuisisi perusahaan (M&A). Sinergi atau potensi keuntungan finansial yang dapat dicapai dalam suatu merger perusahaan, seringkali menjadi latar belakang terjadinya merger. Efek sinergi yang dicapai melalui merger terkait dengan berbagai faktor, seperti peningkatan penjualan, kombinasi pengetahuan dan teknologi, serta pengurangan biaya.

Selain melakukan merger dengan perusahaan lain, suatu perusahaan juga dapat menciptakan sinergi dengan menggabungkan produk atau pasar. Misalnya saja ketika suatu perusahaan melakukan cross-sell produk perusahaan lain, untuk meningkatkan penjualan. Organisasi juga dapat menciptakan sinergi antar departemen yang berbeda, dengan menciptakan kelompok kerja interdisipliner, tempat tim bekerja sama untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi. 

Sinergi Keuangan

Interaksi sinergis para pelaku ekonomi terletak pada kedalaman fenomena perekonomian. Sebab sinergi ini memberikan dimensi lain pada daya saing, strategi, dan identitas online, yang merupakan senjata untuk memanfaatkan potensi sistem perekonomian secara maksimal. Dengan mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas (langkah-langkah yang diambil) dalam kontrak sinergi, jaringan sinergi menjadi bagian integral dari sistem keuangan. Secara ekonomi, jaringan sinergi dibedakan menjadi jaringan sinergi horizontal dan jaringan sinergi vertikal. 

4 dari 4 halaman

Contoh

Google Maps dan Teknologi Navigasi GPS

Google Maps menggabungkan teknologi pemetaan dan navigasi GPS, untuk memberikan panduan yang akurat kepada pengguna. Dengan menggabungkan data pemetaan dan informasi lalu lintas secara real-time, Google Maps membantu pengemudi menghindari kemacetan dan menemukan rute tercepat ke tujuan mereka.

Kolaborasi Seniman Visual dan Teknologi Digital

Dalam seni digital, seniman visual sering berkolaborasi dengan pengembang perangkat lunak dan desainer UI/UX untuk menciptakan pengalaman interaktif yang menakjubkan. Contoh konkretnya adalah instalasi seni digital yang merespons gerakan pengunjung, dengan visual yang berubah-ubah.

Struktur Organisasi

Perusahaan dapat menciptakan sinergi dengan menggabungkan pasar atau produk. Misalnya, perusahaan media sosial mungkin mengakuisisi aplikasi video karena memungkinkan mereka memperluas penawaran produknya, menarik lebih banyak pengguna, dan menghasilkan lebih banyak uang dari iklan. Atau, sebagai contoh lain, pengecer pakaian mungkin bergabung dengan pengecer perhiasan untuk melakukan penjualan silang produk, sehingga menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dapat diperoleh bisnis mana pun jika berdiri sendiri.

Kerjasama Cross-Promosi dalam Media Sosial

Dalam pemasaran, sinergi terjadi ketika merek-merek atau influencer berkolaborasi untuk saling mempromosikan di platform media sosial. Misalnya, merek kosmetik bisa berkolaborasi dengan influencer kecantikan untuk membuat konten yang menciptakan kesadaran merek, dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Pendekatan Pendidikan Berbasis Proyek

Dalam pendidikan, pendekatan sinergis terjadi ketika siswa diberikan proyek-proyek interdisipliner yang memadukan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai mata pelajaran. Contohnya adalah proyek yang menggabungkan ilmu pengetahuan, matematika, dan seni untuk memecahkan masalah nyata.

Merger

Anda dapat mengkaji potensi sinergi selama proses merger dan akuisisi. Perusahaan ingin menilai apakah mereka dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan, atau menyederhanakan proses untuk mengurangi biaya. Jika mereka dapat meningkatkan profitabilitas, meningkatkan skala, atau menciptakan efisiensi yang lebih besar, hasilnya adalah sinergi. Misalnya, perusahaan manufaktur yang relatif baru mungkin memiliki teknologi terkini untuk menghasilkan produk hebat, namun mungkin tidak memiliki sistem logistik yang efektif.

Perusahaan manufaktur yang lebih tua mungkin memiliki sistem logistik yang efisien, namun mungkin memiliki peralatan yang ketinggalan jaman. Jika kedua perusahaan bergabung, mereka dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan dan mencapai lebih banyak keuntungan dibandingkan jika mereka merupakan entitas yang terpisah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.