Sukses

Arti BO dalam Pemesanan Online, Ketahui Konteksnya di Lingkungan Masyarakat

Arti BO sering disebut juga booking out

Liputan6.com, Jakarta Arti BO atau booking out adalah pemesanan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati antara pembeli dan penjual. Di mana faktor sumber daya manusia yang ada pada penjual agar memperoleh keuntungan besar untuk memenuhi tuntutan hidup.

Proses booking out biasanya melibatkan pengajuan permohonan izin dan pemberian persetujuan dari konsumen yang bertanggung jawab atas sesuatu yang telah mereka sepakati. Saat ini arti BO memiliki konteks yang beragam di media sosial dan tergantung oleh presepsi penggunanya. Oleh karena itu, kita harus selalu memperhatikan konteks sesuai dengan keadaan saat kita berbicara kepada orang ain agar tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. 

Arti BO juga dapat digunakan dalam konteks lain, seperti pada proses pembayaran untuk akomodasi, tiket perjalanan pariwisata, perjalanan industri, dan perjalanan lain sebelum kedatangan. Dimana segala bentuk pemesanan memakai istilah tersebut sebagai pemuas diri bagi para konsumenya.

Berikut ini fenomena booking out dikalangan masyarakat yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/8/2023)

2 dari 3 halaman

Konteks booking out

1. Konteks booking out negatif 

Penggunaan arti BO saat ini melekat pada konotasi yang negatif dan sering digunakan untuk prostitusi. Booking out yang berarti sebagai salah satu tindakan seseorang yang menawarkan dirinya melalui media sosial.

Keberadaan arti BO di media sosial memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap budaya populer dan bahkan bisa mempengaruhi pola pikir masyarakat terutama pada usia remaja. Oleh karena itu, penting untuk kita memahami arti BO di media sosial untuk sesuatu hal yang baik.

Saat ini arti BO di masyarakat memiliki arti yang memiliki konotasi yang sama mengarah pada prostitusi online.  Dengan memesan jasa prostitusi via online untuk dibawa keluar. Ketidakjelasan makna dari istilah BO ini membuat banyak orang penasaran dan ingin mencari tahu lebih lanjut.

Tindakan tersebut banyak dilakukan oleh para wanita terutama anak remaja, yang dimana remaja.  Oleh karena itu, perlu di berikan pemahaman melalui lembaga yang berperan penting dalam mengatasi atau mengurangi terjadinya tindakan booking out ini. Permasalahan tersebut akan lebih mudah disampaikan dengan tajam, tanpa kita memberikan pelajaran-pelajaran secara gamblang bahwa tindakan ini dilarang.

3 dari 3 halaman

2. Konteks booking out positif

Pemesanan tiket secara online adalah salah satu arti bo dalam konotasi positif. Penggunaan arti BO menjadi bagian yang penting dari pemasaran. Apabila dapat meningkatkan penjualan dengan cara ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan usaha kecil di masa datang.

Dalam meningkatkan penjualan, pembagian pasar dalam segmen tertentu tentang pembeli yang menginginkan sesuatu perlu dicermati. Saat ini banyak sekali perusahaan yang telah memanfaatkan internet sebagai media promosi dan berjualan untuk meningkatkan keuntungan.

Keuntungan tersebut karena hasil dari banyaknya orang yang melakukan booking out terhadap layanan jasa yang ditawarkan. Seorang konsumen telah menyepakati sesuatu yang mereka pesan dan bertanggungjawab atas pesananya. Perusahaan tersebut akan mengalami peningkatan konsumen. Sedangkan konsumen mendapatkan tiket perjalanan pariwisata, industri,tempat akomodasi yang dituju, dan pemesanan online lainnya.

 

 

---------------------

Reporter Magang

Dinda Hafid Hafifah

Universitas Teknologi Yogyakarta