Sukses

Friendship Artinya Pertemanan Atau Persahabatan, Ketahui Definisi dan Nilai-Nilainya

Friendship artinya salah satu pertemanan yang dilakukan oleh kedua orang atau lebih dan sangat dekat melebihi pertemanan.

Liputan6.com, Jakarta Friendship artinya istilah yang sering digunakan bagi anak muda atau kaum milenial. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti persahabatan atau pertemanan. Mungkin anda sudah tak asing dengan istilah friendship, sebab istilah ini kerap dijumpai di media sosial maupun dalam percakapa sehari-hari. 

Friendship artinya salah satu pertemanan yang dilakukan oleh kedua orang atau lebih dan sangat dekat melebihi pertemanan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia friendship artinya persahabatan atau pertemanan adalah perhubungan selaku sahabat.

Friendship artinya hubungan yang erat dan saling menguntungkan antara dua individu atau lebih yang ditandai dengan kepercayaan, empati, kesamaan minat, dan rasa keterhubungan emosional. Hal ini adalah aspek mendasar dari interaksi sosial manusia dan memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian friendship dan nilai-nilainya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (4/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Friendship Artinya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Friendship artinya salah satu pertemanan yang dilakukan oleh kedua orang atau lebih dan sangat dekat melebihi pertemanan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia friendship artinya persahabatan atau pertemanan adalah perhubungan selaku sahabat.

Friendship artinya hubungan yang erat dan saling menguntungkan antara dua individu atau lebih yang ditandai dengan kepercayaan, empati, kesamaan minat, dan rasa keterhubungan emosional. Hal ini adalah aspek mendasar dari interaksi sosial manusia dan memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat.

Sementara dalam laman Vocabulary, friendship adalah hubungan yang terjalin antara seseorang dengan orang lain yang lebih dari satu orang. Friendship ini penting dimiliki oleh seseorang, hal ini untuk membuat anda menjadi seseorang yang bahagia, memiliki seseorang yang dapat diajak bercerita, mengobrol, hingga berkeluh kesah.

3 dari 5 halaman

Nilai-Nilai dalam Friendship

Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan sering kali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:

  1. Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  2. Simpati dan empati.
  3. Kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
  4. Saling pengertian.

Sering kali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. 

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Anda Masuk dalam Toxic Friendship

Selain terdapat friendship yang baik dan bermanfaat bagi kita, ada pula toxic friendship. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pertemanan yang kurang sehat atau toxic friendship adalah:

1. Tidak bisa dipercaya

Apabila seseorang yang bisa dipercayai dapat membangun sebuah pertemanan. Namun, bila mereka tidak dapat memegang informasi dari temannya, hal ini bisa menghancurkan persahabatan Anda. 

Seorang teman yang baik adalah mereka yang dapat diandalkan untuk menyimpan informasi atau rahasia yang disampaikan oleh temannya. Teman Anda akan merasa nyaman bila rahasia yang disampaikan tidak menjadi bahan perbincangan dengan orang lain.

2. Sering menghakimi

Teman yang baik adalah seseorang yang menunjukkan bahwa mereka mendukung Anda meskipun dia memiliki pandangan atau pikiran yang berbeda dengan Anda. 

Bila teman Anda tidak setuju dengan keputusan yang Anda pilih, seharusnya mereka tidak mengatur hidup Anda sesuai dengan keputusan yang mereka inginkan. Jika teman Anda melakukan hal ini, mungkin mereka adalah teman yang toxic dan perlu Anda hindari. 

3. Hanya memanfaatkan uang Anda

Ketika Anda sedang pergi keluar untuk makan siang bersama dan saat ingin membayar makanan di kasir, teman Anda selalu meminta Anda untuk membayarnya. Situasi ini menunjukkan bahwa kemungkinan teman Anda hanya memanfaat Anda saja. Bila Anda dalam pertemanan yang sehat, tentunya teman Anda tidak selalu meminta Anda membayar tagihan makanannya setiap Anda sedang pergi keluar bersama. 

4. Tidak memberikan Anda ruang

Dalam sebuah pertemanan, sangat wajar bila mereka memiliki ketertarikan yang berbeda. Perbedaannya biasanya dapat menyebabkan waktu Anda dengan teman Anda menjadi berkurang. Sebagai contoh, Anda ingin pergi bersama orang tua untuk makan bersama di luar, kemudian ia terus meminta anda untuk menemaninya menonton bioskop, mungkin dia adalah teman yang toxic. 

5. Self centered

Percakapan yang hanya seputar mereka saja biasanya mereka tidak meluangkan waktu untuk mendengarkan keluhan yang ingin Anda katakan atau luapkan. Bila Anda tidak merasa nyaman, Anda dapat mengatakannya kepada teman Anda perlahan-lahan agar teman Anda mengerti. 

5 dari 5 halaman

Cara Menghindari Toxic Friendship

Berikut ini ada beberapa cara untuk dapat menghindari toxic friendship adalah dengan:

1. Jangan terlalu sentimental

Ketika anda menemukan permasalahan dalam toxic friendship, hindari sifat sentimental yang bisa memperburuk suasana. Jauhkan perselisihan dengan cara tidak terlalu hanyut dalam konflik yang ada. Cobalah untuk menyelesaikannya dengan cara dingin. Namun, jika temanmu tidak bisa diajak diskusi, segera tinggalkan orang yang bisa merugikan dirimu sendiri.

2. Bilang dengan kejujuran

Jujurlah dengan perasaan yang dialami oleh diri sendiri dan sampaikan apa yang anda rasakan kepada teman. Pilihlah kata-kata yang tidak menyakiti hati, agar dirinya bisa mengevaluasi apa yang telah ia lakukan. Jelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuan anda, kemudian tutup percakapan dengan kata-kata yang jelas.

3. Carilah teman baru

Jika anda merasa berada di lingkungan toxic friendship, anda bisa mencari teman baru yang lebih sehat dan habiskan waktu lebih lama untuk saling mengenal demi mendapatkan hubungan yang erat. Selain itu, anda pun bisa mendekatkan diri dengan mereka yang begitu menyayangi anda, seperti keluarga dan teman yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.