Sukses

Nabila Artinya Mulia dan Terhormat, Simak Rangkaian Nama dan Pandangan dalam Islam

Nabila artinya mulia, terhormat, cerdik, pandai hingga mahir.

Liputan6.com, Jakarta Nabila artinya mulia dan terhormat, di mana nama perempuan ini kerap digunakan dalam beberapa budaya, terutama di dunia Arab dan di antara komunitas Muslim. Secara harafiah nama "Nabila" (نبيلة) dalam bahasa Arab memiliki makna baik, mulia, atau tulus. 

Nama Nabila artinya cerdik dan pandai, dengan harapan bahwa anak akan tumbuh menjadi individu yang baik hati, berbudi pekerti, dan memiliki karakter yang mulia. Penting untuk diingat bahwa nama adalah bagian penting dari identitas seseorang, dan sering kali mencerminkan nilai-nilai dan harapan orang tua yang memberikannya. 

Nabila artinya? Terlepas dari makna asalnya, penggunaan nama dan interpretasinya dapat bervariasi, dari satu keluarga atau individu ke individu lainnya. Beberapa orang mungkin lebih menekankan makna dan signifikansi nama tersebut, sementara yang lain mungkin lebih memandang nama hanya sebagai bagian dari identitas. 

Berikut arti nama Nabila dalam Islam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/9/2023). 

 

2 dari 4 halaman

Mengenal Arti Nabila

Nabila artinya dalam Islam yaitu mulia atau sangat baik. Nabila adalah bentuk feminin dari nama Nabil atau Nabeel, yang sering digunakan untuk anak laki-laki dengan arti yang serupa. Hal ini mencerminkan kesetaraan nilai antara laki-laki dan perempuan dalam Islam, di mana keduanya diharapkan untuk memiliki sifat-sifat positif seperti kemuliaan, kebaikan, kecerdasan, dan kehormatan.

Nama Nabila umumnya digunakan sebagai nama perempuan dalam komunitas Muslim. Anda dapat menemui banyak perempuan yang diberi nama Nabila di berbagai negara seperti Bangladesh, Indonesia, Ghana, Maroko, Mesir, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan banyak negara Muslim lainnya. 

Nama Nabila mencerminkan harapan akan kebaikan dalam karakter seseorang, memiliki hati yang baik, dan perbuatan baik kepada orang lain, dan selalu berusaha untuk bertindak dengan etika dan moral yang benar. Dalam pemberian nama Nabila, ada aspirasi kuat bahwa calon bayi perempuan ini akan tumbuh menjadi individu yang pintar, bijaksana, solehah, dan dihormati oleh banyak orang. Nama Nabila juga dapat digabungkan dengan nama-nama lain, untuk menciptakan rangkaian nama bayi perempuan Islam yang modern dan memiliki makna mendalam. Penting bagi orang tua untuk memilih nama dengan bijak, karena nama adalah bagian penting dari identitas anak. 

3 dari 4 halaman

Pandangan dalam Islam dan Rangkaian Nama Lainnya

Seperti tertulis dalam Al Quran surat maryam ayat 7 :

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

“Hai Zakariyya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang serupa dengannya.” (Q.S. Maryam: 7)

 dan juga tercantum dalam hadits riwayat Imam Abu Daud dari Abu Dardak r.a. yang menyebutkan :

إنكم تُدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

“Sesungguhnya kamu sekelian akan diseru/dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapa kamu.Oleh demikian, elokkanlah nama-nama kamu.” (H.R. Imam Abu Daud dari Abu Dardak r.a.)

Dalam pemilihan nama, Islam mengajarkan untuk memilih nama yang baik, karena nama anak merupakan identitas yang akan dikenali semenjak lahir, bayi, dewasa, dan sampai akhir hayat. Jika teman dan sahabat menyebutnya dengan nama yang berarti positif dan baik, maka bisa diibaratkan dengan mendoakan anak tersebut. 

Rangkaian Nama

1. Nabila Aisyah Zara yang menggabungkan makna "mulia," "kehidupan," dan "bunga" dalam satu rangkaian nama.

2. Nabila Sofia Khadijah, menghadirkan makna "kebijaksanaan" dan "tidak terhingga" dalam satu nama.

3. Nabila Amina Zahra merujuk kepada "aman" dan "cahaya."

4. Nabila Yasmin Rania menciptakan kombinasi yang elegan.

5. Nabila Latifah Sumayyah mencerminkan "kebaikan" dan "mulia" dalam satu rangkaian nama.

6. Nabila Hana Aminah masing-masing mengandung makna "kebahagiaan" dan "aman," menciptakan nama yang penuh positivitas.

7. Nabila Amirah Safiyyah mengandung arti "pemimpin wanita" dan "murni."

4 dari 4 halaman

Kepribadian dan Karakteristik

Nabila artinya nama yang sering kali membawa karakteristik kepribadian yang unik dan menarik. Orang yang diberi nama Nabila, cenderung memiliki sifat-sifat tertentu yang mencerminkan kepribadian mereka. Secara umum, pemilik nama Nabila cenderung mandiri dan memiliki tingkat inisiatif yang tinggi. Mereka tidak suka bergantung pada orang lain, dan selalu berusaha untuk mencapai tujuan mereka secara mandiri.

Nama Nabila memiliki angka keberuntungan 1 dalam numerologi. Orang yang memiliki angka keberuntungan 1, cenderung memiliki kepribadian yang berani, mandiri, dan penuh percaya diri. Mereka memiliki ambisi tinggi dan selalu berusaha keras, untuk mencapai tujuan mereka. Jika berdasarkan zodiak, orang yang bernama Nabila dan lahir pada bulan Januari hingga Februari, cenderung memiliki zodiak Aquarius. Individu dengan zodiak Aquarius memiliki kepribadian mandiri, kreatif, dan selalu bersemangat untuk mengejar impian mereka. 

Warna favorit orang dengan nama Nabila adalah ungu, di mana sering kali memiliki kepribadian yang unik dan berbeda dari yang lain. Mereka sering kali sangat kreatif, suka berpikir di luar kotak, dan memiliki ketertarikan pada hal-hal yang berbeda.