Sukses

Syuhada Adalah Orang yang Mati Syahid, Ketahui Kedudukannya dalam Islam

Kata syuhada adalah sebutan untuk orang-orang yang meninggal saat sedang membela agama Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Syuhada adalah istilah yang sudah tak asing lagi bagi umat Muslim. Secara umum, kata syuhada adalah sebutan untuk orang-orang yang meninggal saat sedang membela agama Allah SWT. Kata syuhada sendiri juga tertuang dalam Al-Qur’an dan Hadis.

Dalam Al-Qur’an, orang yang disebut sebagai syuhada disejajarkan dengan para Nabi dan orang-orang saleh. Hal ini karena mereka yang disebut sebagai syuhada umumnya meninggal di medan perang.

Namun selain meninggal di medan peperangan, orang yang mendapatkan status syuhada adalah yang meninggal karena tenggelam, terbakar, tertimpa benda keras, kecelakaan, wafat saat melahirkan, terkena pandemi dan beberapa lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian syuhada dan kedudukannya dalam Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syuhada Adalah

Secara umum, syuhada adalah sebutan bagi orang-orang yang meninggal saat sedang membela agama Allah SWT. Secara etimologi, kata syuhada adalah bentuk jamak dari kata syahid yang secara harfiah yang berarti saksi atau orang yang memberikan kesaksian.

Sedangkan secara istilah, syuhada adalah merujuk kepada para martir atau pahlawan yang meninggal dalam perjuangan mereka untuk agama Islam atau dalam upaya membela keyakinan mereka.

Syuhada dianggap sebagai sosok yang sangat dihormati dalam Islam karena pengorbanan mereka untuk agama dan prinsip-prinsip yang mereka yakini. Mereka dianggap sebagai contoh keberanian, ketekunan, dan kesetiaan kepada Allah. Para syuhada diyakini mendapatkan penghargaan dan pahala yang besar di akhirat.

Istilah "syuhada" sering kali dikaitkan dengan situasi-situasi di mana seseorang meninggal karena konflik atau perang dalam upaya membela agama atau hak-hak mereka. Namun selain meninggal di medan peperangan, orang yang mendapatkan status syuhada adalah yang meninggal karena tenggelam, terbakar, tertimpa benda keras, kecelakaan, wafat saat melahirkan, terkena pandemi dan beberapa lainnya.

Dalam tradisi Islam, syuhada disebutkan dalam banyak hadis (kata-kata dan tindakan Nabi Muhammad) dan dalam Al-Qur’an sebagai sosok yang dicintai Allah SWT dan yang mendapat tempat istimewa di Surga.

3 dari 4 halaman

Kedudukan Syuhada dalam Islam

Dalam Islam, kedudukan syuhada dalam Islam sangat dihormati dan dianggap sebagai individu yang memiliki kedudukan istimewa di mata Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Abi Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat seratus derajat yang dipersiapkan oleh Allah bagi orangorang yang berjihad di jalan Allah, dan jarak antara tingkat yang satu dengan yang lainnya sama seperti jarak antara langit dan bumi, dan jika kalian meminta kepada Allah maka mintalah surga firdaus, sebab dia adalah surga yang paling tengah dan tingkat surga yang paling tinggi. Aku melihatnya beliau bersabda: dan di atasnya adalah Arsyi Allah yang Maha Pengasih dan darinya terpancar sungai-sungai surga”

Kedudukan syuhada dalam Islam mencerminkan penghargaan yang tinggi terhadap pengorbanan dan ketekunan mereka dalam mempertahankan keyakinan agama dan kebenaran. Berikut beberapa aspek penting mengenai kedudukan syuhada dalam Islam:

1. Tempat Istimewa di Sisi Allah SWT

Dalam banyak ayat Al-Quran, Allah menyebutkan bahwa syuhada adalah orang-orang yang sangat dicintai-Nya. Mereka diyakini telah memberikan pengorbanan yang besar untuk mempertahankan ajaran Islam dan prinsip-prinsipnya. Contohnya, dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah (2:154), Allah berfirman:

"Dan janganlah kamu mengatakan bahwa orang-orang yang terbunuh dalam jalan Allah itu mati. Sebenarnya mereka hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya."

2. Pahala dan Ampunan

Syuhada diyakini akan mendapatkan pahala yang besar di akhirat sebagai penghargaan atas pengorbanan mereka. Mereka diyakini akan diampuni dosa-dosa mereka dan diberi tempat istimewa di surga. Hal ini dinyatakan dalam banyak hadis Nabi Muhammad SAW.

3. Contoh Keberanian dan Keteguhan

Kehidupan dan kematian syuhada menjadi contoh keberanian, keteguhan, dan kesetiaan kepada Allah SWT bagi umat Islam. Mereka memberikan inspirasi kepada orang-orang lain untuk mempertahankan keyakinan mereka dalam menghadapi tantangan dan kesulitan.

4. Doa bagi Syuhada

Umat Islam dianjurkan untuk berdoa bagi syuhada dan mengingat pengorbanan mereka dalam ibadah dan doa-doa mereka. Hal ini adalah wujud penghormatan kepada mereka.

5. Keluarga Syuhada

Keluarga dari orang-orang yang menjadi syuhada juga mendapatkan penghargaan khusus dalam Islam. Mereka dihormati dan diberikan dukungan dalam masyarakat Muslim.

6. Membela Agama dan Kebenaran

Pengorbanan syuhada dalam mempertahankan agama dan kebenaran Islam dianggap sebagai tindakan mulia dalam Islam. Mereka dianggap sebagai benteng pertahanan agama dan umat Islam.

4 dari 4 halaman

Jenis Syuhada

Dikutip dari laman Muhammadiyah, ada beberapa jenis syuhada menurut para ulama adalah sebagai berikut ini:

1. Syahid dunia dan akhirat

Syahid dunia dan akhirat yaitu kaum muslimin yang terbunuh karena sebab apapun di medan peperangan dalam berjihad melawan para musuhnya.

2. Syahid akhirat

Syahid akhira yaitu kaum muslimin yang dihukumi syahid di luar peperangan berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw. Misalnya seperti yang telah dijelaskan di atas, syahid dalam keadaan tenggelam, terbakar, tertimpa bangunan, terkena pandemi dan yang semisalnya.

3. Syahid dunia

Syahid dunia yaitu kaum muslimin yang mati di medan jihad dan terbukti melakukan kepengecutan atau niat yang salah. Misalnya dia berjihad karena ingin mendapatkan keuntungan pribadi yang bersifat duniawiyah ataupun dia terbunuh ketika kabur dari peperangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.