Sukses

Sugeng Ambal Warsa Artinya Selamat Ulang Tahun, Ini Contoh Ucapannya

Selain Sugeng Ambal Warsa artinya selamat ulang tahun, Sugeng Tanggap Warsa juga menjadi variasi ucapan selamat ulang tahun lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Sugeng Ambal Warsa artinya adalah salah satu bentuk menunjukan perhatian kepada orang-orang terdekat. Sugeng Ambal Warsa merupakan kalimat dalam bahasa Jawa yang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Memberikan ucapan dalam bahasa Jawa dapat membuatnya terasa lebih spesial dan personal karena melibatkan identitas kedaerahan.

Selain Sugeng Ambal Warsa artinya selamat ulang tahun, Sugeng Tanggap Warsa juga menjadi variasi ucapan selamat ulang tahun lainnya. Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk memberikan selamat pada seseorang yang sedang berulang tahun. Berikut ulasan tentang Sugeng Ambal Warsa artinya selamat ulang tahun yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/9/2023).

2 dari 3 halaman

Makna Sugeng Ambal Warsa

Sugeng Ambal Warsa artinya adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang memiliki makna dan filosofi yang mendalam dalam budaya Jawa. Secara harfiah, "Sugeng" dapat diartikan sebagai bahagia atau gembira, "Ambal" sebagai kelahiran atau permulaan, dan "Warsa" sebagai tahun. 

Jadi, Sugeng Ambal Warsa artinya dapat diinterpretasikan sebagai ucapan selamat tahun baru atau harapan akan kebahagiaan di awal tahun baru dalam budaya Jawa. Ungkapan ini digunakan sebagai cara mengucapkan selamat atau memberikan harapan baik kepada seseorang yang sedang merayakan ulang tahunnya dalam penanggalan Jawa.

Sugeng Ambal Warsa dan Sugeng Tanggap Warsa adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang memiliki makna serupa, yaitu ucapan selamat ulang tahun. Dalam budaya Jawa, keduanya digunakan sebagai ekspresi harapan baik dan kebahagiaan kepada seseorang yang sedang merayakan ulang tahun atau menyambut tahun baru dalam penanggalan Jawa. 

Makna Filosofis Sugeng Ambal Warsa

Lebih dari sekadar ucapan selamat tahun baru, Sugeng Ambal Warsa artinya juga memiliki makna filosofis yang mendalam dalam budaya Jawa. Dalam pandangan filosofi Jawa, ungkapan ini mengandung pesan tentang pentingnya bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan selama tahun sebelumnya. Ini juga mengajarkan arti dari kelahiran atau permulaan yang harus dihadapi dengan keberanian dan kesiapan dalam menghadapi segala tantangan di tahun yang baru.

Ungkapan ini juga mengandung nilai-nilai moral, seperti menjalani tahun baru dengan semangat dan kegembiraan, serta komitmen untuk hidup dengan baik dan bertanggung jawab sepanjang tahun. Ini juga mengajarkan tentang pentingnya menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama manusia, alam sekitar, dan Sang Pencipta.

Jadi, Sugeng Ambal Warsa bukan hanya ucapan selamat tahun baru atau ulang tahun dalam budaya Jawa, tetapi juga mengandung pesan filosofis tentang bersyukur, keberanian, dan komitmen untuk menjalani hidup dengan baik dalam tahun yang baru.

3 dari 3 halaman

Variasi Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jawa

1. Bade ngaturaken sukacita kagem njenengan ingkang tanggap warsa, mugi-mugi langkung sae kajenenganipun sae saupakara miyos ugi batos. (Ingin mengucapkan sukacita untuk kamu yang bertambah umurnya, semoga masa-masa indah menjadi baik)

2. Nderek bingah kula dateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansah pinaring iman ingkang kuat, rizki ingkang berkah lan kesarasan lahir lan batos. (Ikut berbahagia saya kepada yang berulang tahun, mudah-mudahan selalu diberikan iman yang kuat, rezeki yang berkah dan diberi kesehatan lahir dan batin)

3. Ngapunten namung saget maringi niki, mugi-mugi sagget manfaat lan migunani teng sampean, ngaturake sugeng ambal warsa, mugi tambah dewasa dan sukses dunyo akherat. (Maaf hanya bisa memberi ini, semoga bermanfaat untukmu. Aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga makin dewasa dan sukses di dunia dan di akhirat)

4. Ngaturaken sugeng ambal warsa, mugi-mugi Gusti Allah paring yuswa ingkang dowo lan berkah. Mugi-mugi Gusti Allah tansah paring kasarasan lan ketentreman. (Saya ucapkan selamat panjang umur, semoga Allah memberikan umur yang panjang dan berkah. Semoga Allah memberikan kesehatan dan ketenteraman)

5. Ngaturaken sugeng ambal warsa dateng Bapak. Mugi-mugi gusti Allah tansah maringi bapak yuso ingkang berkah ugi selamet ndonyo akhirat. (Mengucapkan selamat ulang tahun untuk ayah. Mudah-mudahan gusti Allah SWT selalu memberikan umur yang berkah juga selamat dunia akhirat.)

6. Rahajeng tanggap warsa ngasta priyantun yuswa adalem gandrung, mugi-mugi Allah salajeng nyaosaken kasasaran ugi rezeki ingkang melimpah. (Selamat menambah umur, semoga Allah memberikan banyak rezeki yang berlimpah)

7. Sugeng ambal warso, saiki umure wes nambah. Mugo-mugo tambah pinter, manut karo wong tuwo, seneng sodakoh, digampane angsale syukur, sabar lan tawakal saka Allah SWT. (Selamat ulang tahun, sekarang umurmu bertambah. Semoga makin pintar, nurut ke orang tua, senang bersedekah, dimudahkan untuk bersyukur dan tawakal kepada Allah)

8. Selamet ulang tahun, cah ayu/cah bagus, mugo-mugo Gusti Allah ngabulaken cita-citamu sedanten lan diadohno seko sekabehane malapetaka. (Selamat ulang tahun anak cantik/anak ganteng, semoga Tuhan mengabulkan semua cita-citamu dan dijauhkan dari segala bahaya)

9. Sugeng ambal warsa, mugi gusti tinansah paring binerkahan lan yuswo ingkang panjang ugi kajembaran rezekinipun. (Selamat ulang tahun, semoga Allah memberikan keberkahan dan umur yang panjang serta rezeki yang lapang)

10. Sugeng ambal warsa, mugi-mugi sampeyan tansah angsal pengayoman sangking gusti Allah SWT. Mugi-mugi opo seng tak paringne niku saget manfaat lan migunani dateng sampeyan. (Selamat ulang tahun, mudah-mudahan kamu selalu mendapat perlindungan dari Gusti Allah SWT. Mudah-mudahan apa yang saya berikan itu dapat bermafaat dan berguna untuk kamu)

11. Sugeng ambal warsa, mugi-mugi tansah pinaringan berkahing Pangeran. (Selamat ulang tahun, semoga selalu diberikan rahmat oleh Tuhan.)

12. Sugeng ambal warsa kagem (sebut nama) mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa. (Selamat ulang tahun kepada (sebutkan nama) semoga diberkahi dan panjang umur.)

13. Sugeng ambal warsa mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa. (Selamat ulang tahun semoga diberkahi dan panjang umur.)

14. Sugeng ambal warsa panjenengan, mugi-mugi tansah pikantuk rizki ingkang wiyar, bathi murah, umur ingkan dhowo, tambah diwasa lan tansah dilindungi Allah SWT. (Selamat ulang tahun, semoga diberikan rezeki yang lancar, berkah yang murah, umur yang panjang, makin dewasa, dan selalu dalam lindungan Allah Swt.)

15. Sugeng ambal warsa sederek, mugi-mugi nambahing yoswo niki jenengan langkung sae. Sae sangking akhlak ipun, sae rizki ipun lan sae sapinunggalipun. (Selamat ulang tahun saudaraku, mudah-mudahan dengan bertambahnya umur ini kamu tambah baik. Baik dari akhlaknya, baik rizkinya dan baik semuanya)

Â