Sukses

Contoh Barang Komplementer dalam Kehidupan Sehari-hari, Ini Bedanya dengan Substitusi

Contoh barang komplementer perlu kamu kenali dalam pembelajaran ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Contoh barang komplementer perlu kamu kenali dalam pembelajaran ekonomi. Barang komplementer tentunya cukup familier diguakan pada bidang ekonomi. Penggunaan istilah komplementer ini merujuk pada penyebutan jenis barang berdasarkan pemakaiannya.

Barang komplementer adalah jenis barang yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Barang komplementer merupakan salah satu kebutuhan pasar dan biasanya berfungsi sebagai pelengkap.

Contoh barang komplementer bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Barang komplementer terdiri dari dua barang yang biasanya digunakan bersama-sama sehingga menambah nilai bagi satu sama lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2023) tentang contoh barang komplementer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Barang Komplementer

Contoh barang komplementer mungkin cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Barang-barang komplementer memiliki ketergantungan satu sama lain. Berikut beberapa contoh barang komplementer:

1. DVD dan Pemutar DVD

Contoh barang komplementer yang pertama yaitu DVD dan pemutar DVD. DVD menjadi pelengkap bagi pemutar DVD. Dengan pemutar DVD, DVD bisa disetel dan dinikmati. Jika salah satu tidak hadir, keduanya menjadi tidak bernilai.

2. Printer dan Tinta

Printer memerlukan tinta untuk bisa mencetak dokumen. Tanpa tinta, printer menjadi barang yang tidak bernilai karena tidak bisa digunakan. Contoh barang komplementer ini bisa dengan mudah kamu temukan di rumah ataupun di tempat fotokopi.

3. Mobil dan BBM

Contoh barang komplementer berikutnya yaitu mobil dan BBM. Mobil bisa berjalan karena adanya bahan bakar minyak. Tanpa BBM, mobil tidak akan berfungsi. Sebaliknya, jika tidak ada mobil, harga BBM juga akan jatuh.

4. Kopi dan Gula

Kopi dan gula merupakan contoh barang komplementer yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membuat secangkir kopi yang nikmat tentu memerlukan adanya gula sebagai pelengkap kopi tersebut. Begitu pula sebaliknya, tidak dapat dikatakan kopi yang nikmat apabila di dalamnya hanya terbuat dari gula tanpa adanya kopi.

5. Kompor dan Gas

Contoh barang komplementer lainnya adalah kompor dan gas. Kompor dibuat untuk dapat menyalakan api agar bisa digunakan memasak. Akan tetapi, jika tidak ada gas, kompor tersebut tidak akan berfungsi sama sekali. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kompor dan gas merupakan contoh barang komplementer.

3 dari 4 halaman

Pengertian Barang Komplementer

Setelah mengenali contoh barang komplementer, kamu tentunya juga perlu memahami pengertiannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komplementer adalah bersifat saling mengisi atau bersifat melengkapi. Barang komplementer adalah produk atau layanan yang menambah nilai bagi yang lain. Dengan kata lain, barang komplementer adalah dua barang yang digunakan konsumen bersama-sama.

Barang komplementer adalah barang yang berfungsi sebagai pelengkap. Dua barang disebut komplementer jika keduanya saling melengkapi. Kadang-kadang, barang komplementer mutlak diperlukan, seperti halnya bensin dan mobil. Namun, barang pelengkap dapat menambah nilai pada produk awal. Contoh barang komplementer lainnnya seperti gorengan dan saus.

Barang komplementer berfungsi sebagai pelengkap. Barang komplementer yang tidak dapat digunakan tanpa satu sama lain diketahui memiliki hubungan yang kuat. Dengan kata lain, ketika harga naik pada satu, permintaan turun untuk barang lainnya.

Barang Komplementer memiliki hubungan negatif satu sama lain, yang berarti bahwa ketika harga produk X meningkat, permintaan akan produk Y turun. Ini karena lebih sedikit orang yang membeli produk X karena harga yang lebih tinggi. Akibatnya, semakin sedikit orang yang juga membeli produk Y, yang hanya menambah nilai produk X.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Barang Komplementer dengan Substitusi

Contoh barang komplementer tentunya juga berkaitan dengan pembahasan barang substitusi. Substitusi adalah istilah yang erat kaitannya dengan barang ekonomi. Substitusi digunakan untuk mendefinisikan barang yang bisa diganti. Pada barang substitusi, konsumen mempersepsikan kedua barang serupa atau sebanding. Melansir Investopedia, barang substitusi adalah barang yang dapat digunakan sebagai pengganti barang lain.

Substitusi merupakan produk atau layanan yang konsumen lihat pada dasarnya sama atau cukup mirip dengan produk lain. Intinya, barang substitusi adalah barang dengan fungsi sama yang bisa menggantikan barang lainnya. Barang substitusi memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Ini membuat konsumen lebih mudah menentukan pilihan sesuai kebutuhannya.

Dalam ilmu ekonomi, barang atau jasa sering menjadi substitusi jika permintaan untuk satu produk meningkat ketika harga yang lain naik. Substitusi memberikan pilihan dan alternatif bagi konsumen sekaligus menciptakan persaingan dan harga yang lebih rendah di pasar. Barang substitusi sangat kompetitif karena dapat dengan mudah digantikan oleh pesaing. Kehadiran barang substitusi penting karena membantu menjaga harga tetap rendah, dan kualitas tetap baik.

Barang substitusi sering disandingkan dengan barang komplementer. Jika barang komplementer berfungsi sebagai pelengkap, barang substitusi berfungsi sebagai pengganti. Berlawanan dengan barang komplementer, barang substitusi dapat saling menggantikan dalam penggunaan karena perubahan kondisi ekonomi.

Contoh barang substitusi yaitu buku fisik dan buku digital. Baik buku fisik dan digital bisa memuat isi yang sama. Saat ini keberadaan buku fisik mulai tergantikan dengan buku digital atau E-book. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Contoh lainnya yaitu beras dan ubi. Ubi bisa menjadi substitusi dari beras. Ubi memiliki fungsi yang sama dengan beras yaitu sebagai sumber karbohidrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.