Sukses

Arti Hana Waladat Maryam dan Doa saat Melahirkan bagi Umat Islam

Hana Waladat Maryam adalah awalan doa yang dilafalkan Maryam saat melahirkan nabi Isa AS.

Liputan6.com, Jakarta Hana Waladat Maryam perlu dipahami oleh setiap muslim sebagai awalan doa melahirkan. Doa Maryam ini bisa dipraktikkan setiap muslimah agar mudah dalam melahirkan. Umat Islam tentunya sudah tidak asing lagi dengan kisah Siti Maryam, ibunda Nabi Isa AS.

Maryam adalah perempuan sholehah yang sangat menjaga diri dan hanya mengabdikan hidupnya untuk beribadah kepada Allah SWT.  Namun ketika usianya menginjak 13 tahun, Siti Maryam diamanahi untuk mengandung tanpa mempunyai seorang suami. Bayi dalam kandungan itulah yang kelak menjadi seorang nabi, yakni Nabi Isa AS.

Hana Waladat Maryam adalah awalan doa yang dilafalkan Maryam saat melahirkan nabi Isa AS. Doa Maryam ini menjadi bacaan yang biasanya dilafalkan oleh ibu hamil saat akan melahirkan. Allah SWT bahkan menjadikan kisah hidup Maryam sebagai pelajaran yang tertuang dalam Al-Quran, yaitu pada Surat Maryam, yang berisi kisah hidup putri dari Imran bin Yasim dan ibunya bernama Hannah binti Yaqudz itu.

Surat Maryam merupakan surat ke-19 dan terdiri dari 98 ayat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/9/2023) tentang Hana Waladat Maryam.

2 dari 4 halaman

Hana Waladat Maryam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Hana Waladat Maryam adalah awalan doa yang dilafalkan Maryam saat melahirkan nabi Isa AS. Hana Waladat Maryam merupakan awalan doa Maryam yang bisa dipraktikkan setiap muslimah agar mudah dalam melahirkan. Hana Waladat Maryam artinya yaitu Hana Melahirkan Maryam. Hana Waladat Maryam adalah kalimat pertama dari doa Maryam yang bisa kamu praktikkan.

Apalagi, seorang ibu yang hendak melahirkan memang dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa dan berzikir. Salah satu doa yang bisa diamalkan adalah doa Maryam dengan awalan Hana Waladat Maryam ini agar mudah melahirkan.

Berikut bacaan Hana Waladat Maryam sebagai awalan doa Maryam yang bisa kamu amalkan:

حنة ولدت مريم ، مزيم ولدت عيسى ، أخرج أيها المؤلود بقدرة الملك المعبود. اللهم صل على سيدنا محمد سهل ويسر م تعسر

Doa Maryam saat melahirkan Latin:

Haanah waladat maryam, wa maryam waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauluudu bi qudratil malikil ma’buud. Allahumma shaali ‘alaa sayyidinna muhammaddin sahhil wa yassir maa ta’assar

Arti doa Maryam saat melahirkan: 

“Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, lahirlah dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Disembah. Ya Allah, semoga rahmat senantiasa tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, gampangkanlah dan mudahkan sesuatu yang sulit.”

3 dari 4 halaman

Doa agar Diberi Kelancaran saat Melahirkan

Setelah mengenali arti Hana Waladat Maryam, kamu juga bisa membaca doa agar diberi kelancaran saat melahirkan lainnya. Doa-doa ini tentunya dilafalkan agar proses melahirkan bisa berjalan lancar. Berikut bacaan doayang bisa diamalkan saat melahirkan:

Doa agar diberi kelancaran saat hamil tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَادَامَ فِيْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِيْ لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَايُغَادِرُ سَقَمًا. اَللّٰهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِ زَوْحَتِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللّٰهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا. اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Doa agar diberi kelancaran saat hamil Latin:

Allâhumma-ḫfadh waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wa-syfihi antasy-syâfi lâ syifâ’an illâ syifâuka syifâ’an lâ yughâdiru saqaman. Allâhumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan ḫasanatan wa tsabbit qalbahu îmânan bika wa bi rasûlika. Allâhumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allâhumma ij‘alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan ḫâdziqan ‘âliman ‘âmilan. Allâhumma thawwil ‘umrahu wa shahhih jasadahu wa ḫassin khuluqahu wa afshah lisânahu wa aḫsin shautahu li qirâ-atil hadîtsi wal qur’ânil ‘adhîm bi barakati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn.

Arti doa agar diberi kelancaran saat hamil: 

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, berilmu, dan beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad saw. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh keberadaan.”

4 dari 4 halaman

Doa Mendampingi Istri yang Akan Melahirkan

Hana Waladat Maryam adalah awalan doa Maryam saat akan melahirkan. Selain istri yang melahirkan, seorang suami juga bisa berdoa saat mendampingi istrinya melahirkan. Berikut adalah bacaan doa mendampingi istri yang akan melahirkan yang bisa diamalkan seorang muslim:

La ilaha illallahul ‘adzimul halim. La ilaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘adzim. La ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adzi.

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik Arsy Yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan Arsy yang Agung."