Sukses

Anak Tukang Sayur Ini Dulu Kesulitan Ekonomi, Kini Sukses dan Jadi Suami Anak DPR

Kisah perjuangan hidup Pratama Arhan dari zero to hero.

Liputan6.com, Jakarta Setiap anak pasti memiliki mimpi. Seperti mimpi dari anak tukang sayur yang ingin menjadi pesepak bola ternama. Impian tersebut harus dilaluinya penuh perjuangan. Hal itu dikarenakan ia bukanlah dari keluarga yang mampu sehingga fasilitas seperti sepatu bola pun harus diusahakan dengan berutang.

Anak tukang sayur ini berusaha untuk kerja keras sedari kecil. Ia ikut SSB di Blora dan berusaha tak mengecewakan orang tuanya. Benar saja, usaha keras anak tukang sayur ini membuahkan hasil dengan berhasil mencuri hati PSIS Semarang untuk mengontraknya.

Karier anak tukang sayur ini kemudian melejit bak roket karena dipanggil Shin Tae-yong untuk jalani pemusatan latihan timnas Indonesia. Kesempatan yang diberikan STY ke anak dari Blora ini tak disia-siakan. Ia berhasil mencuri hati STY hingga akhirnya jadi langganan timnas hingga saat ini.

Siapakah anak tukang sayur asal Blora ini? Ya, anak itu bernama Pratama Arhan yang kini telah jadi pesepak bola sukses dan baru saja menikahi anak DPR bernama Azizah Salsha. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kisah perjuangan hidup Pratama Arhan, Senin (25/9/2023).

2 dari 5 halaman

Pekerjaan Orang Tua Arhan

Pratama Arhan berasal dari keluarga dengan ekonomi sulit. Ia merupakan anak dari orang tua yang ibunya berprofesi sebagai tukang sayur keliling. Lalu ayah Arhan hanya seorang pekerja serabutan.

“Arhan dari kelas dua SD udah main bola plastik di depan rumah tetangga dengan anak-anak yang lain, karena di sini tidak ada lapangan bola,” kenang Surati dikutip dari Bola.com.

3 dari 5 halaman

Ibunya Rela Utang Demi Belikan Sepatu Bola

Surati atau akrab disapa Mak Ti, ibu Arhan membagikan kisah perjuangan sang anak saat  menggapai mimpinya. Saat itu Arhan memang tengah menimba ilmu sepak bola di SSB di Blora. SSB tersebut mengharuskan pemain untuk memiliki sepatu sepak bola. Karena ekonomi kesulitan, Ibu Arhan hanya bisa membelikan sepatu sepak bola seharga Rp25 ribu itupun harus rela berutang.

“Dulu kami memang susah sekali, utang sana-sini. Dulu dia tidak punya sepatu, tidak punya 25 ribu, dan itu pun sekali dipakai sudah jebol,” ungkap Mak Ti.

“Ibu juga kalau ada turnamen sering berutang untuk biaya turnamen itu. Karena itu demi kebaikan Arhan sendiri,” pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Kini Jadi Pesepak Bola Sukses

Pratama Arhan sudah berhasil melalui jalan terjal untuk menggapai cita-citanya jadi pesepak bola profesional. Bakat hebatnya dilirik oleh PSIS Semarang yang membuatnya punya kesempatan untuk tampil di kasta tertinggi Liga 1. Kesempatan yang diberikan tim Mahesa Jenar tak disia-siakan Arhan.

Tampil apik di PSIS, Arhan kemudian dilirik pelatih Shin Tae-yong untuk masuk timnas Indonesia. Hebatnya, kesempatan yang diberikan STY langsung dijawab lunas walaupun ia termasuk pemain termuda di timnas saat itu. Ia menjadi pilar penting bagi STY hingga saat ini.

Saat ini Arhan termasuk dalam pemain diaspora. Ia membela Tokyo Verdy dan hingga kini Arhan masih berjuang untuk dapatkan tempa di tim utama.

5 dari 5 halaman

Menikah dengan Anak DPR

20 Agustus 2023 menjadi tanggal yang sangat berkesan bagi Pratama Arhan. Arhan melepas status lajangnya dengan menikahi Azizah Salsha. Bukan sembarangan orang, Azizah merupakan anak dari Andre Rosiade, anggota DPR.

Kini segala momen kemesraan Arhan dan Azizah berhasil bikin warganet baper. Keduanya saat ini tinggal di Jepang mengikuti profesi Pratama Arhan yang memang berstatus pemain dari klub Tokyo Verdy.