Sukses

7 Gerakan Senam Wajah Ini Efektif Hilangkan Kerutan Hanya 12 Menit, Sudah Coba?

7 gerakan wajah yang efektif hilangkan kerutan

Liputan6.com, Jakarta Facebuilding atau latihan wajah, mungkin bukan istilah yang sering kita dengar. Namun, penelitian terbaru telah mengungkapkan manfaat luar biasa dari latihan wajah ini dalam menjaga kulit elastis, meningkatkan aliran darah, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Melansir dari Brightside.me, sebuah eksperimen yang melibatkan 16 wanita berusia 40 hingga 65 tahun telah dilakukan selama 20 minggu oleh seorang dokter yang berdedikasi. Selama periode ini, peserta menjalani serangkaian latihan otot wajah, termasuk dahi, alis, mata, mulut, dan leher. 

Hasilnya luar biasa, dengan kulit wajah yang tampak lebih muda dan tanda-tanda penuaan yang terlihat berkurang.

"Facebuilding dapat membantu Anda menghilangkan lipatan dan kerutan nasolabial di dahi, mata, dan bibir. Ini benar-benar mengencangkan kulit dan membuatnya tampak awet muda," kata dokter yang memimpin penelitian tersebut.

Namun, penting untuk diingat bahwa hasil ini tidak dapat dicapai dalam semalam. Facebuilding adalah komitmen jangka panjang yang memerlukan disiplin dan kerja keras. Berikut Liputan6.com merangkum 7 gerakan wajah yang efektif hilangkan kerutan, Minggu (1/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gerakan Kejutan Ringan, letakkan jari di dahi Anda, Naikkan dan turunkan alis seolah-olah anda terkejut, Ulangi latihan ini 10 kali.

3 dari 8 halaman

2. Gerakan Mata Genit, Gerakkan mata Anda dari kanan ke kiri, atas ke bawah, dan bawah ke atas. Hanya mata yang harus bergerak, tidak tulang rahang. Ulangi latihan ini 5 kali untuk setiap arah.

4 dari 8 halaman

3. Gerakan Lidah, bentuk mulut Anda menjadi huruf

5 dari 8 halaman

4. Gerakan Senyum, tarik bibir Anda ke dalam mulut. Letakkan jari Anda di sudut bibir dan tekan perlahan. Tarik sudut bibir ke telinga dan kembali ke posisi awal. Ulangi latihan ini 10 kali.

6 dari 8 halaman

5. Gerakan Lidah, keluarkan lidah Anda dan arahkan ke atas. Putar kepala setengah ke atas, lalu belok ke kanan. Angkat dagu Anda dan tahan selama 10 detik. Ulangi latihan ini 5 kali di setiap arah.

7 dari 8 halaman

6. Gerakan ala Nenek Ompong, buka mulut Anda dan sembunyikan bibir di balik gigi. Perkuat ketegangan dan tarik bibir Anda ke dalam mulut selama 10 detik. Ulangi latihan ini sebanyak 15 kali.

8 dari 8 halaman

7. Gerakan Peregangan Kulit Wajah, letakkan tangan Anda di belakang kepala dan letakkan di tepi garis rambut Anda di dahi. Tarik diri Anda sedikit ke belakang dengan tangan Anda. Tutupi bibir Anda dalam bentuk huruf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.