Sukses

Bacaan Surat At-Tin Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Bacaan surat At-Tin wajib dipahami dan direnungkan benar oleh setiap muslim.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan surat At-Tin perlu dihafalkan oleh seluruh umat Islam. Apalagi, surat ini kerap dilafalkan pada salat berjemaah di masjid. Hal ini tentunya tidak terlepas karena surat At-Tin termasuk ke dalam surat pendek yang terdapat pada juz 30.

Surat At-Tin merupakan surat ke-95 dalam Al-Qur’an dan termasuk ke dalam Juz Amma. Surat ini termasuk golongan surat Makkiyah atau yang diturunkan di Makkah, dan terdiri dari 8 ayat. At-Tin artinya yaitu buah tin.

Bacaan surat At-Tin wajib dipahami dan direnungkan benar oleh setiap muslim. Arti surat At-Tin berkaitan dengan kemuliaan manusia karena agama yang mereka peluk dan kehinaan manusia jika meninggalkan agamanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/10/2023) tentang bacaan surat At-Tin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Surat At-Tin

Bacaan surat At-Tin harus dihafalkan oleh umat Islam. Pasalnya, bacaan surat At-Tin ini termasuk surat pendek yang kerap kali dibacakan saat salat berjemaah. Bacaan surat At-Tin tulisan Arab, Latin, dan artinya perlu kamu ketahui. Berikut bacaan surat At-Tin:

Bacaan surat At-Tin Ayat 1

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ

Wat-tīni waz-zaitūn

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Bacaan surat At-Tin Ayat 2

وَطُوْرِ سِيْنِيْنَۙ

Wa ṭūri sīnīn

Artinya: demi gunung Sinai,

Bacaan surat At-Tin Ayat 3

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ

Wa hāżal-baladil-amīn

Artinya: dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.

Bacaan surat At-Tin Ayat 4

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ

Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm

Artinya: Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

Bacaan surat At-Tin Ayat 5

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَافِلِيْنَۙ

Ṡumma radadnāhu asfala sāfilīn

Artinya: kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

Bacaan surat At-Tin Ayat 6

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍۗ

Illal-lażīna āmanū wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti falahum ajrun gairu mamnūn

Artinya: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.

Bacaan surat At-Tin Ayat 7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِۗ

Famā yukażżibuka ba‘du bid-dīn

Artinya: Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Bacaan surat At-Tin Ayat 8

اَلَيْسَ اللّٰهُ بِاَحْكَمِ الْحٰكِمِيْنَ

Alaisallāhu bi'aḥkamil-ḥākimīn

Artinya: Bukankah Allah hakim yang paling adil?

3 dari 4 halaman

Kandungan Surat At-Tin Ayat 1-4

Setelah mengenali bacaan surat At-Tin dan terjemahannya, kamu perlu kamu memahami makna dan kandungannya. Melansir Dream, berikut kandungan bacaan surat At-Tin dari ayat 1-4:

1. Kandungan Surat At-Tin Ayat 1

Ayat pertama berisi penjelasan mengenai buah tin, yang rasanya enak dan lembut, sehingga cepat dan mudah dicerna. Tak hanya itu, buah tin juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Sementara itu, zaitun juga tak kalah istimewa. Buah ini memiliki kandungan minyak yang banyak dan tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan.

2. Kandungan Surat At-Tin Ayat 2

Ayat kedua menjelaskan tentang Gunung Sinai, tempat nabi Musa AS menerima wahyu untuk pertama kalinya sekaligus diangkat sebagai Rasul. Tepat pada malam Mi’raj, Rasulullah SAW juga berhenti sejenak di Gunung Sinai dan menjalankan sholat sebagai wujud penghormatan akan sucinya tempat itu.

3. Kandungan Surat At-Tin Ayat 3

Ayat ketiga menjelaskan bahwa kota Makkah adalah kota yang aman. Kota Makkah dianggap aman karena siapa saja yang datang, maka keamanan dan keselamatannya akan terjamin. Bahkan kota Makkah sendiri memiliki julukan Ummul Qura’ yang artinya Tanah yang Aman.

4. Kandungan Surat At-Tin Ayat 4

Ayat ketiga menjelaskan bahwa Allah SWt telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Proses penciptaan manusia berbeda dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Di mana manusia memiliki keistimewaan yang berupa akal, jasmani, rohami, serta nafsu. Tubuh manusia pun memiliki bentuk yang seimbang dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Sementara hewan, hanya memiliki jasmani dan nafsu saja. Hewan tak memiliki akal yang bisa berpikir logis dalam mencari sebuah solusi untuk permasalahan.

4 dari 4 halaman

Kandungan Surat At-Tin Ayat 5-8

Berikut makna dan kandungan bacaan surat At-Tin dari ayat 5-8:

5. Kandungan Surat At-Tin Ayat 5

Ayat kelima menjelaskan bahwa Allah SWT selalu mengingat manusia dalam kondisi apapun, bahkan sesempurna manusia tersebut. Tetapi derajat manusia bisa saja menjadi hina jika sudah melanggar apa yang ditetapkan oleh Allah SWT maupun rasul-Nya.

6. Kandungan Surat At-Tin Ayat 6

Ayat keenam menjelaskan bahwa orang-orang yang yang beriman serta melakukan amal sholeh yang diperintahkan Allah SWT tidak akan diturunkan derajatnya. Orang-orang itulah yang nantinya akan selamat dari adanya kehinaan di dunia maupun di akhirat.

7. Kandungan Surat At-Tin Ayat 7

Ayat ketujuh menjeleaskan tentang hari pembalasan pada perbuatan manusia yang baik maupun yang buruk. Allah SWT menciptakan manusia dengan memberikan akal agar bisa berpikir. Ayat ketujuh ini juga mengingatkan umat Islam bahwa hari kiamat kelak adalah nyata adanya.

8. Kandungan Surat At-Tin Ayat 8

Ayat kedelapan menjelaskan bahwa Allah SWT adalah zat yang Maha Mengetahui. Sehingga Allah SWT adalah satu-satunya dan sebaik-baiknya pencipta serta pengatur semua urusan di dunia maupun di akhirat. Tidak ada hal sekecil apapun itu yang luput dari penglihatan Allah SWT. Keputusan Allah SWT adalah keputusan yang paling adil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.