Sukses

Arti Ikhwan Menurut Islam, Pahami dari Perbedaannya dengan Akhwat

Kata ikhwan memiliki arti saudara, teman, dan Muslim laki-laki.

Liputan6.com, Jakarta Arti ikhwan merupakan sebuah panggilan dalam agama Islam yang populer dikalangan umat Muslim. Meski termasuk kata populer, namun masih banyak umat Muslim yang bingung dengan arti ikhwan.

Secara bahasa, arti ikhwan adalah saudara laki-laki. Kata ikhwan ditemukan sebanyak 22 kali, sebagian digandengkan dengan kata al-din dalam surat At Taubah ayat 11 dan sebagian lagi tanpa al-din, seperti dalam surat Al Baqarah ayat 220.

Dikutip dari laman Merriam Webster, secara etimologi, dalam bahasa Arab arti kata ikhwan adalah saudara. Biasanya panggilan untuk seseorang ini lebih sering digunakan oleh umat Muslim yang berada di Arabia Tengah.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti ikhwan menurut Islam dan perbedaannya dengan akhwat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/10/2023).

2 dari 5 halaman

Arti Ikhwan Menurut Islam

Seperti yang telah disinggung pada paragraf sebelumnya, secara harfiah, arti kata ikhwan adalah saudara. Sedangkan secara istilah, arti ikhwan adalah panggilan untuk saudara laki-laki. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata ikhwan memiliki arti saudara, teman, dan Muslim laki-laki.

Kata ikhwan ini ditemukan sebanyak 22 kali, sebagian digandengkan dengan kata al-din dalam surat At Taubah ayat 11 dan sebagian lagi tanpa al-din, seperti dalam surat Al Baqarah ayat 220. Kata ikhwan lebih cocok disematkan dalam surat Al Hujurat ayat 10. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa ikhwah artinya persaudaraan antar iman atau Islam. Namun jika dilihat dari arti yang telah dikemukakan lebih bermakna persaudaraan karena ikatan keturunan. Jika dilihat bahwa seorang Muslim berasal dari bangsa yang berbeda-beda dan tentunya dari keturunan yang berbeda, kata yang tepat seharusnya ikhwan.

Tetapi rupanya Al-Qur’an menganggap bahwa kesamaan dalam Iman atau Islam bukan kesamaan biasa-biasa saja, kesamaan dalam Iman atau Islam adalah persaudaraan yang menyebabkan bahkan yang asing menjadi satu keturunan. Artinya kata ikhwan dipakai untuk sapaan teman laki-laki yang tidak memiliki ikatan darah.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Arti Ikhwan dan Akhwat

Perbedaan dari kata ikhwan dan akhwat adalah terletak pada artinya. Dalam bahasa Arab, arti kata ikhwan adalah saudara laki-laki yang tidak memiliki ikatan darah. Sedangkan arti kata akhwat adalah saudara perempuan atau teman perempuan.

Secara umum, akhwat adalah gambaran dari sebuah hubungan persaudaraan antar perempuan muslim yang memiliki kesamaan iman dan sama-sama memegang teguh ajaran agama. Bukan untuk perseorangan, kata akhwat merupakan kata ganti orang ketiga.

Kata akhwat bentuk jamak yang digunakan untuk mendefinisikan lebih dari satu orang. Akhwat adalah dalam bahasa Indonesia merujuk pada kata sapaan mereka, saudara-saudara, para, dan lain sebagainya.

Penggunaan sapaan akhwat lebih sering digunakan untuk banyak perempuan atau untuk menyebutkan secara keseluruhan kepada para perempuan muslim atau muslimah. Hal ini sama dengan sapaan ikhwan yang juga sering digunakan untuk menyapa atau memanggil sudara-saudara laki-laki (dalam jumlah banyak).

4 dari 5 halaman

Istilah Panggilan Lain dalam Islam

1. Ukhti

Kata ukhti adalah kata sapaan yang ditujukan kepada perempuan. Dalam bahasa Arab, kata ukhti berarti saudariku. Kata ukhti menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI memiliki arti saudariku, kata ini merupakan bentuk tunggal dari kata akhwat dan digunakan sebagai kata ganti orang kedua. Artinya kata ukhti digunakan untuk sapaan perseorangan atau perorangan, dengan kata lain penggunaannya hanya untuk satu orang.

2. Ikhwah

Kata ikhwah adalah saudara laki-laki yang memiliki ikatan darah. Dalam bahasa Arab, kata ikhwah berakar dari kata akh yang artinya saudara, memiliki dua bentuk jamak yaitu ikhwan dan ikhwah. Kata ikhwah tersebut juga disebutkan dalam potongan surat Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Hujurat ayat 10:

Innamal mu’minu ikhwatun fa ashlihu baina akhawaikum wattaqullaaha la’allakum turhamuun.

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10)

Dengan kata lain, ikhwah artinya persaudaraan laki-laki yang sedarah atau satu keturunan. Hal ini sangat berbeda dengan kata ikhwan yang lebih cocok digunakan untuk menyapa teman atau sahabat laki-laki yang tidak sedarah.

3. Akhi

Kata akhi berarti saudaraku, dalam bahasa Arab kata akhi juga memiliki makna yang sama yaitu saudaraku. Perbedaannya dengan kata ukhti adalah kata akhi ditujukan kepada laki-laki. Kata ini merupakan bentuk tunggal dari kata ikhwan dan digunakan sebagai kata ganti orang kedua.

Penggunaan kata akhi sama seperti kata ukhti, tetapi untuk seorang laki-laki muslim. Penggunaan kata akhi diperuntukkan untuk sapaan perseorangan atau perorangan, dengan kata lain penggunaannya hanya untuk satu orang.

5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Ikhwan

Setelah mengetahui arti ikhwan adalah saudara atau teman laki-laki, berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat penggunaan kata ikhwan dalam percakapan sehari-hari adalah:

  1. "Ikhwan (Saudara laki-laki) dalam iman, mari kita bersama-sama memperkuat keimanan kita."
  2. "Ikhwan dan akhwat (saudara dan saudari-saudari) kita akan berkumpul di masjid untuk shalat Jumat."
  3. “Ikhwan di masjid ini sangat aktif dalam menjalankan kegiatan keagamaan dan sosial.”
  4. “Saya senang bergabung dengan kelompok ikhwan di kampus ini yang memiliki visi yang sama dengan saya.”
  5. “Pengumuman bagi peserta pengajian. Dimohon agar ikhwan masuk dari pintu utara sedangkan akhwat masuk dari pintu selatan.”