Sukses

Surat Al Mulk Juz Berapa? Berikut Alasan Dianjurkan Dibaca Sebelum Tidur

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, surat Al Mulk juz berapa menjadi pengetahuan umum umat Muslim yang sebaiknya dikuasai.

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Mulk juz berapa? Surat Al-Mulk adalah surat ke-67 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat. Surat ini termasuk dalam juz 29 dan merupakan salah satu surat yang diturunkan di Mekkah.

Al Mulk artinya kerajaan, dalam buku Tafsir Al Munir karya Prof Wahbah az-Zuhaili dijelaskan surat ini dinamakan demikian karena dimulai dengan menyucikan dan mengagungkan Allah, yang memiliki kerajaan mutlak atas seluruh langit dan bumi. 

Surat ini mengingatkan manusia akan kekuasaan dan kebesaran Allah yang menciptakan dan menguasai segala sesuatu di alam semesta. Salah satu riwayat mengatakan bahwa mereka yang membacanya sebelum tidur akan terhindar dari siksa kubur. Surat ini pun mendapat sebutan Al-Waaqiyah dan Al-Munjiyah karena surat ini dianggap sebagai penjaga dan penyelamat dari siksa kubur. Surat Al Mulk juz berapa umumnya dihafal oleh orang-orang yang kerap mengamalkan

Ibnu Abbas, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, memberi nama Al-Mujadilah pada surat ini karena diyakini bahwa surat ini akan membela pembacanya di alam kubur. Dengan membaca surat ini, seseorang diharapkan mendapatkan perlindungan dan pembelaan dari Allah ketika dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan dan perdebatan di akhirat.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, surat Al Mulk juz berapa menjadi pengetahuan umum umat Muslim yang sebaiknya dikuasai. Berikut ulasan tentang surat Al Mulk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anjuran Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Anjuran untuk membaca surat Al Mulk sebelum tidur, dicontohkan secara langsung oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW bersabda,

عن عبد الله بن مسعود -رضي الله عنه- أنّه قال: مَن قرأ تبارك الذي بيده الملك كلَّ ليلة منعَه اللهُ بها من عذاب القبر، وكنّا في عهد رسولِ الله -صلّى الله عليه وسلّم- نسمّيها المانعة؛ لِما تمنعُ عن صاحبها من شرٍّ وتنجيه من العذاب والألم في القبر ويومِ القيامة

Artinya: Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para Sahabat)  di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'al Mani'ah' (penyelamat dari siksa kubur), termasuk mencegah datangnya perbuatan jahat, menghalau siksa kubur dan siksaan di Hari Kiamat.

Riwayat lain dari Jabi RA juga menjelaskan,

ان النبي صلّى اللّه عليه وسلّم لا ينام حتى يقرأ الم تَنْزِيلُ السجدة ، وتَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: Nabi SAW tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (surat Al Mulk)," (HR Ahmad).

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Rasulullah menganjurkan untuk membaca surat Al Mulk sebelum tidur karena amalan ini memiliki berbagai manfaat, berikut diantaranya

1. Mencegah Siksa Kubur

Membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur diyakini dapat mencegah seseorang dari siksa kubur. Hal ini menunjukkan betapa besar perlindungan yang diberikan oleh Allah kepada mereka yang rajin membaca surat ini. Seperti yang dijelaskan dalam hadits dari sahabat Abdullah bin Mas'ud RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر

Artinya: "Siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut," (HR An Nasa'i).

2. Dijauhkan dari Api Neraka

Selain mencegah siksa kubur, Surat Al-Mulk juga diyakini akan datang sebagai pembawa berita baik bagi pemiliknya pada Hari Kiamat. Mereka yang membaca surat ini dengan tekun akan mendapatkan kebahagiaan dan dijauhkan dari siksa api Neraka. Ini adalah janji Allah untuk mereka yang mengamalkan surat ini.

Pendapat ini mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan imam pengarang kitab sunan empat. At Tirmidzi mengatakan ini adalah hadits hasan.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Qotadah, dari 'Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, 'Ada suatu surat dari Al-Qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: Tabaarakalladzii biyadihil mulku... (surat Al Mulk).

3. Pahala Berlipat

Membaca Surat Al-Mulk secara rutin setiap malam tidak hanya memberikan pahala, tetapi juga menggandakan perbuatan baik yang dilakukan oleh pembacanya. Allah SWT melipatgandakan pahala hingga 10 kali lipat atau lebih bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Ini adalah salah satu cara Allah memberikan penghargaan kepada mereka yang taat.

4. Syafaat di Hari Kiamat

Surat Al-Mulk juga diyakini akan menjadi syafaat atau penolong bagi mereka yang rajin membacanya di Hari Kiamat. Dengan membaca surat ini secara rutin, seseorang dapat berharap bahwa surat ini akan membela dan memohonkan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.