Sukses

3 Cara Reset HP OPPO yang Mudah, Cepat, dan Aman

Cara reset HP OPPO bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Liputan6.com, Jakarta Cara reset HP OPPO perlu dipahami setiap penggunanya. Penerapan reset pada ponsel ini biasanya dilakukan bila HP tiba-tiba mati total atau mengalami macet dan lemot. Biasanya, reset menjadi alternatif agar ponsel bisa digunakan kembali dengan lancar.

Cara reset HP OPPO bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa melakukan reset pada HP dengan memencet tombol yang ada pada ponsel, menggunakan pilihan pengaturan yang telah disediakan, atau menggunakan fingerprint.

Metode reset ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan perangkat kembali ke setelan pabrik atau setelan semula. Jadi, ketika memutuskan untuk reset HP, maka kamu perlu melakukan backup data karena dapat menghapus data-data.

Selain itu, reset HP biasanya dilakukan karena mendapati kendala cukup berat pada perangkat. Sehingga sebelum melakukan reset ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu. Hal ini karena terdapat beberapa risiko yang mungkin kamu hadapi jika tidak berhati-hati melakukan reset.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KapanLagi, Kamis (12/10/2023) tentang cara reset hp oppo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Reset HP OPPO dengan Tombol Recovery

Cara reset HP OPPO yang pertama yaitu menggunakan tombol recovery. Cara reset HP OPPO ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol pada ponsel. Berikut cara reset HP OPPO untuk Mode Recovery:

  1. Nonaktifkan HP OPPO terlebih dahulu.
  2. Kemudian, pencet tombol Power kombinasi tombol Volume bawah secara bersamaan.
  3. Maka akan muncul logo Oppo, lalu lepaskan tombol power dengan tetap menahan tombol volume bawah.
  4. Tombol volume bawah dapat kamu lepaskan setelah muncul pilihan bahasa.
  5. Klik opsi bahasa Inggris setelah masuk menu pilihan bahasa.
  6. Klik Wipe Data & Cache kemudian kamu dapat konfirmasi dengan pilih Yes.
  7. Maka, proses Reset akan berlangsung, tunggu hingga muncul opsi Reboot.
  8. Setelah itu, HP akan memulai restart secara otomatis.

Sebagai catatan, Cara reset HP OPPO ini bisa dilakukan apabila menu Home tidak berfungsi atau tidak bisa masuk ke menu Home. Sehingga kamu dapat menggunakan bantuan tombol untuk melakukan Cara reset HP OPPO.

3 dari 5 halaman

Cara Reset HP OPPO untuk Factory Reset

Cara reset HP OPPO juga bisa dilakukan dengan menerapkan Factory Reset. Cara reset HP OPPO ini bisanya dilakukan bila kamu lupa kata sandi pada ponsel, jadi, cara ini dapat membantu mengatasi masalah lupa kata sandi dan email. Cara reset HP OPPO adalah sebagai berikut:

  1. Pada HP Oppo, tekan bersamaan tombol Power dan Volume bawah untuk masuk ke menu Recovery.
  2. Pilih penggunaan bahasa, yakni English atau Bahasa Inggris.
  3. Kamu dapat pilih opsi Wipe Data Reset.
  4. Maka ponsel akan memulai proses Reset dan Reboot HP.
  5. Jika berhasil, ponsel dapat kembali seperti semula tanpa muncul kata sandi.
  6. Untuk menambahkan kata sandi lagi, kamu bisa membuat baru nantinya.
  7. Selesai.
4 dari 5 halaman

Cara Reset HP OPPO Menggunakan Fingerprint

Cara reset HP OPPO berikutnya yaitu menggunakan fingerprint. Cara reset HP OPPO ini tentunya tak kalah praktis dari langkah-langkah sebelumnya. Berikut cara reset HP OPPO dengan fingerprint:

  1. Pastikan versi HP Oppo milikmu dilengkapi dengan fingerprint.
  2. Selanjutnya, kamu dapat membuat PIN pengaman acak dari PIN asli yang sudah kamu buat pada perangkatmu. Ini dilakukan untuk bisa melakukan Restart HP secara paksa.
  3. Masukkan pola acak hingga 5 kali, tunggu hingga hitungan 30 detik untuk bisa memulai ulang lagi.
  4. Kamu dapat Restart hingga perangkat di tengah hitungan tersebut sampai HP non aktif.
  5. Tahan dan tekan bersamaan tombol Volume atas dan Power secara bersamaan selama 5 detik.
  6. Saat HP menyala, maka kamu bisa klik Fingerprint.
  7. Lalu, Scan dengan sidik jari milikmu.
  8. Maka, kamu dapat langsung masuk ke ponsel.
  9. Selesai.
5 dari 5 halaman

Perbedaan Reset dan Restart HP Oppo

Reset dan restart pada ponsel adalah dua hal yang berbeda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, metode reset dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan perangkat kembali ke setelan pabrik atau semula. Sehingga ketika melakukan reset maka perlu melakukan backup data karena dapat menghapus data-data.

Selain itu, reset HP biasanya dilakukan karena mendapati kendala cukup berat pada perangkat. Sehingga sebelum melakukan reset ada baiknya buat mempertimbangkan terlebih dahulu. Karena terdapat beberapa risiko yang mungkin kamu hadapi jika tidak berhati-hati melakukan reset.

Sementara itu, restart HP merupakan metode untuk menonaktifkan ponsel dengan beberapa saat kemudian menyalakannya lagi. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi beberapa kendala seperti sistem lemot, tidak ada sinyal, dan lainnya.

Dengan melakukan restart, perangkat akan memulai ulang sistem sehingga dapat mengatasi masalah yang muncul baik karena kendala aplikasi ataupun sistem. Jadi, kamu tentu tidak boleh salah dalam membedakan istilah reset dengan restart karena keduanya memiliki tujuan berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.