Sukses

Huruf Mad Ada Tiga yaitu Alif (أ), Wawu (و), dan Ya' (ي), Pahami Hukum Bacaannya

Secara etimologi, mad memiliki arti 'panjang' yang terdiri dari tiga huruf.

Liputan6.com, Jakarta - Secara etimologi, mad memiliki arti 'panjang' sebagaimana dijelaskan dalam buku Be Smart PAI karya Tuti Yustiani. Lalu, pengertian mad dalam istilah tajwid adalah melebihkan atau memanjangkan bunyi bacaan karena adanya pertemuan antara huruf hijaiyah yang memiliki harakat tertentu dengan huruf tertentu pula.

Huruf mad ada tiga. Adanya tiga huruf mad, yaitu alif (أ), wawu (و), atau ya' (ي).

Misalnya, dalam penulisan Al-Qur'an, ketika huruf-huruf mad ini bertemu dengan beberapa kombinasi huruf lain, akan terjadi perpanjangan atau penambahan suara pada bacaan, menyesuaikan aturan yang telah ditetapkan. Hal ini mempengaruhi cara pelafalan huruf dan kata-kata dalam Al-Qur'an, sehingga pembacaannya sesuai dengan norma tajwid yang ditetapkan.

Pengetahuan tentang hukum bacaan mad dan tiga huruf mad merupakan landasan bagi keselarasan dalam membaca Al-Qur'an. Memahami kaidah-kaidah ini, pembaca dapat menyesuaikan bacaannya sesuai dengan aturan tajwid yang ditetapkan, menghasilkan bacaan yang baik dan benar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang huruf mad ada tiga dan hukum bacaan mad, Minggu (29/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huruf Mad Ada Tiga

Mad adalah salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid Al-Qur'an yang mengatur cara memanjangkan suara dalam pembacaan ketika huruf mad bertemu dengan huruf lainnya. Memahami hukum bacaan ini menjadi hal yang sangat penting bagi setiap pembaca Al-Qur'an, karena memberikan panduan dalam membaca dengan benar sesuai dengan aturan tajwid.

Huruf mad ada tiga, yaitu apa saja?

Institut Agama Islam Negeri Kediri atau IAIN Kediri, menjelaskan bahwa huruf mad ada tiga yaitu alif (ا), wawu (و), dan ya' (ي‎). Huruf-huruf ini harus berbaris mati atau saktah untuk menerapkan aturan mad.

1. Alif (أ) adalah huruf vokal panjang

Saat huruf mad alif (ا) muncul di awal kata sebelum huruf berharakat fathah (ـَ), terjadi apa yang disebut dengan mad wajib muttasil. Dalam hal ini, alif harus diperpanjang selama dua waktu fathah.

2. Wawu (و) adalah huruf vokal panjang lainnya

Saat huruf mad wawu (وْ) berada setelah huruf berharakat dhammah (ـُ), hal ini menyebabkan terjadinya mad wajib muttasil, yang mengharuskan wawu tersebut diperpanjang selama dua waktu dhammah.

3. Ya' (ي) juga termasuk huruf vokal panjang yang pengaruhi bacaan

Mad wajib muttasil terjadi ketika ya' mati (يْ) bertemu dengan huruf berharakat kasrah (ـِ). Dalam hal ini, huruf mad ya' harus diperpanjang selama dua waktu kasrah.

Mad dalam ilmu tajwid adalah memanjangkan suara dengan huruf di antara huruf mad atau huruf layyin ketika bertemu dengan hamzah atau sukun, atau karena sebab tertentu. Cara membaca mad bervariasi tergantung pada huruf mad yang muncul dalam Al-Qur'an.

Dalam buku berjudul Dasar-Dasar Ilmu Tajwid oleh Marzuki dan Choirol Ummah, misalnya, huruf wawu mati (وْ) dimad jika berada setelah huruf berharakat dhammah (ُ-), huruf ya' mati (يْ) dimad jika setelah huruf berharakat kasrah (ِ-), dan huruf alif (ا) dimad jika setelah huruf berharakat fathah (ﹷ).

 

3 dari 3 halaman

Hukum Bacaan Mad

Hukum bacaan mad dalam ilmu tajwid dibagi menjadi dua cabang utama, yakni mad thabi'i (mad asli) dan mad far'i. Berikut penjelasan lebih rinci tentang keduanya, sebagaimana dijelaskan Tuti Yustiani:

Mad Thabi'i atau Mad Asli

Mad thabi'i adalah mad yang terjadi secara alami atau asli. Ini berarti mad ini muncul ketika bacaan huruf hijaiyah yang berharakat fathah bertemu dengan huruf alif mati (ا), bacaan berharakat kasrah bertemu dengan huruf ya mati ( يْ ), dan bacaan berharakat dammah bertemu dengan huruf wau mati ( وْ ).

Contohnya, ketika membaca kata "قَـالَ" lalu alif mati berada setelah berharakat fathah, ini adalah contoh mad thabi'i.

Mad Far’i

Mad far'i, dalam arti harfiah, berarti "cabang." Jenis mad far'i memiliki berbagai hukum bacaan yang berbeda, yakni:

  1. Mad ‘Iwad: Terjadi ketika huruf hijaiyah dengan harakat tanwin fathatain bertemu dengan huruf alif (ا) atau ya (ﻱ). Jika dibaca waqaf, bacaannya panjang sekitar dua harakat.
  2. Mad Badal: Terjadi ketika hamzah mati diganti dengan huruf mad, dan bacaannya panjang sekitar dua harakat.
  3. Mad Layyin: Muncul ketika huruf hijaiyah dengan harakat fathah bertemu dengan huruf ya mati ( يْ ) atau wau mati ( وْ ), dan jika dibaca waqaf, bacaannya panjang, sekitar empat harakat.
  4. Mad Silah Qasirah: Terjadi jika ada huruf ha besar (ھ) di akhir kata, bacaannya panjang sekitar dua harakat.
  5. Mad Silah Tawilah: Muncul ketika huruf ha (ھ) berada di akhir kata dan bertemu dengan huruf alif pada kata berikutnya. Bacaannya panjang, sekitar empat harakat.
  6. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi: Terjadi ketika mad badal diikuti oleh huruf mati, dan bacaannya panjang sekitar enam harakat.
  7. Mad Wajib Muttasil: Terjadi ketika mad thabi'i bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Bacaannya menjadi panjang, biasanya lima hingga enam harakat.
  8. Mad Jaiz Munfasil: Mad thabi'i bertemu dengan hamzah pada kata berikutnya. Bacaannya panjang, sekitar lima harakat.
  9. Mad ‘Arid Lissukun: Mad thabi'i bertemu dengan huruf hijaiyah hidup yang dibaca mati atau terjadi waqaf (berhenti). Bacaannya menjadi panjang, biasanya lima hingga enam harakat.
  10. Mad Tamkin: Terjadi ketika dua huruf ya' bertemu, di mana huruf ya' pertama memiliki harakat tasydid dan kasrah, sementara huruf ya' kedua berharakat sukun. Bacaannya panjang, sekitar dua harakat.
  11. Mad Farqu: Terjadi ketika dua hamzah bertemu, yaitu hamzah istifham (untuk bertanya) dan hamzah washal pada alif lam ma'rifah (ال), dan bacaannya menjadi panjang, hingga mencapai enam harakat.
  12. Mad Lazim Mutsaqal Kilmi: Terjadi ketika mad thabi'i bertemu dengan huruf hijaiyah yang bertasydid, dan bacaannya panjang sekitar enam harakat.
  13. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi: Berlaku pada huruf-huruf mad pada awal surat, dengan lima huruf berlaku (ر, ھ, ط, ﻱ, ح).
  14. Mad Lazim Musaqal Harfi: Muncul pada permulaan surat dengan huruf yang dibaca sesuai dengan nama hurufnya, dan delapan huruf berlaku (م , ك, ل, س, ع, ص, ق, ن) dengan bacaan panjang sekitar enam harakat.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.