Sukses

Cara Membaca Idzhar Syafawi, Huruf, dan Contohnya

Cara membaca idzhar syafawi bisa dikenali dengan memahami ketentuannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membaca idzhar syafawi perlu dipahami oleh seluruh umat Islam. Pasalnya, idzhar syafawi merupakan salah satu ilmu tajwid yang tidak boleh salah dilafalkan, dan sangat penting dipelajari muslim dalam membaca Al-Qur’an. 

Tajwid sendiri adalah ilmu untuk mengetahui kaidah dan cara membaca huruf Al-Quran yang baik dan benar. Membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar membuat bacaanmu terhindar dari kesalahan dan perubahan makna. Mempelajari tajwid hukumnya fardu kifayah, sementara membaca Al Qur'an sesuai tajwid hukumnya fardu ‘ain.

Cara membaca idzhar syafawi bisa dikenali dengan memahami ketentuannya. Kamu juga perlu mengenali perbedaan dari idzhar syafawi dengan idzhar halqi nantinya. Selain idzhar, masih ada beberapa jenis tajwid yang perlu kamu pelajari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/10/2023) tentang cara membaca idzhar syafawi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membaca Idzhar Syafawi

Cara membaca idzhar syafawi sangat penting dipahami dalam mengaji atau membaca Al-Qur’an. Hukum bacaan ini berlaku apabila huruf mim mati bertemu salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim (م) dan huruf ba' (ب). Jadi, huruf-hurufnya yaitu alif ( ا ), ta ( ت ), tsa ( ث ), jim ( ج ), ha (ح), kho ( خ ), dal ( د ), dzal ( ذ ), ro ( ر ), za ( ز ), sin ( س ), syin ( ش ), shod ( ص ), dhod ( ض ), tho ( ط ), zho ( ظ ), ain ( ع ), ghoin ( غ ), fa ( ف ), qof ( ق ), kaf ( ك ), lam ( ل ), nun ( ن ), ha ( هـ ), wa ( و ), serta ya ( ي ).

Cara membaca idzhar syafawi harus jelas dan terang, tidak dengan ghunnah atau dengung. Cara membaca idzhar syafawi dilakukan dengan merapatkan bibir saat memasukkan huruf mim. Idzhar syafawi diucapkan dengan jelas cukup satu ketukan dan tidak boleh lebih. Pasalnya, cara membaca idzhar syafawi ini bisa berubah menjadi ikhfa bila lebih dari satu ketukan.

3 dari 5 halaman

Contoh Idzhar Syafawi

Cara membaca idzhar syafawi bisa lebih kamu pahami dengan mengenali contohnya. Contoh idzhar syafawi bisa kamu temukan di dalam Al-Qur’an. Contoh idzhar syafawi ini berlaku apabila huruf mim mati bertemu salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim dan huruf ba'. Berikut beberapa contoh bacaan Idzhar syafawi:

1. Al-Ikhlas ayat 3

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

lam yalid walam yuulad. Cara membaca idzhar syafawi ini yaitu Ya dibaca jelas.

2. Al-Ikhlas ayat 4

وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

wa lam yakulahu kufuwan ahad. Cara membaca idzhar syafawi ini yaitu Ya juga dibaca jelas.

3. Al-Kafirun ayat 3

وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

wa laa anntum ‘aabiduuna maa a’bud. Cara membaca idzhar syafawi ini yaitu ‘a dibaca jelas.

4. Al-Quraisy ayat 2

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْف

iilaafihim rihlatas syitaai washoiif. Cara membaca idzhar syafawi ini yaitu Ro dibaca jelas.

5. Al-Lahab ayat 4

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

wamroatuhu hammaa latalhatob. Cara membaca idzhar syafawi ini yaitu Ro dibaca jelas.

4 dari 5 halaman

Hukum Bacaan Mim Mati Selain Idzhar Syafawi

Selain idzhar syafawi, ada pula hukum bacaan mim mati lainnya yang perlu kamu kenali. Hukum bacaan mim mati adalah macam tajwid yang didasarkan pada pertemuan mim mati dengan huruf tertentu. Selain idzhar syafawi, ada dua macam hukum mim mati yaitu ikhfa syafawi dan idgham mimi.

1. Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi dibaca dengan cara samar-samar pada bibir dan juga dengan didengungkan. Ikhfa syafawi berbeda dengan ikhfa haqiqi. Perbedaannya adalah ikhfa syafawi bukan nun mati yang bertemu dengan huruf ikhfa melainkan huruf mim mati yang bertemu dengan huruf ba'.

2. Idgham Mimi

Idgham mimi atau idgham mutamasilain ini sangat mudah diingat yakni ketika huruf mim mati bertemu dengan huruf mim dan cara melafalkan bacaannya tersebut adalah membaca huruf mim rangkap secara mendengung.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Idzhar Syafawi dan Idzhar Halqi

Setelah mengenali cara membaca idzhar syafawi dan contohnya, kamu tentu juga perlu memahami idzhar halqi. Sebelum itu, idzhar artinya menjelaskan atau menerangkan bacaan. Idzhar artinya juga berkaitan dengan melafalkan huruf-huruf idzhar tanpa disertai dengan dengung. Idzhar sebenarnya lebih dikenal sebagai hukum nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idzhar.

Hukum nun mati ini disebut juga dengan idzhar halqi. Namun, ada pula idzhar syafawi yang merupakan hukum mim mati bertemu dengan huruf idzhar syafawi. Idzhar syafawi merupakan hukum bacaan yang berlaku apabila huruf mim mati bertemu salah satu huruf hijaiyah selain huruf mim dan huruf ba'. Cara membaca Idzhar Syafawi harus dilafalkan dengan jelas pada bibir sambil menutup mulut.

Sementara itu, idzhar secara bahasa artinya jelas dan halqi sendiri berarti tenggorokan. Hukum nun mati idzhar ini merupakan salah satu hukum nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang telah ditetapkan, dalam hal ini berkaitan dengan idzhar halqi.

Adapun huruf-huruf hukum nun mati dan tanwir izhar halqi yaitu Alif atau Hamzah, Kha','Ain, Ha', Ghain, Ha'. Cara membaca hukum nun mati ketika bertemu huruf tersebut adalah terang, jelas dan pendek, bunyi suaranya tetap jelas, tidak samar, dan tidak mendengung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.